Esports Ecosystem

PMCO 2019 Fall Split Asia Tenggara Didominasi Bigetron, Akankah Konsisten?

15 Oct 2019 | Ayyub Mustofa
Setelah melalui League Day ke-24, telah terpilih 16 tim terbaik. Hebatnya, 5 tim dari Indonesia lolos semua.

Ajang PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019 Spring Split yang berakhir pada bulan Juli lalu menyisakan sejumlah kesan bagi tim perwakilan Indonesia, yaitu Bigetron RA. Sempat bersaing keras dengan RRQ Athena untuk memperebutkan takhta terkuat Asia Tenggara, Bigetron RA akhirnya harus puas menyelesaikan babak Global Finals di peringkat 5. Sementara gelar juara direbut oleh tim TOP Esports dari Tiongkok.

Meneruskan PMCO 2019 Spring Split yang sukses merangkul lebih dari 20.000 peserta, mulai bulan September kemarin Tencent dan PUBG Corp kembali mengadakan PMCO untuk paruh musim kedua, yaitu PMCO 2019 Fall Split. Kali ini mereka menawarkan hadiah senilai US$2.500.000 (sekitar Rp35,4 miliar), dengan dukungan dari VIVO sebagai sponsor utama, Nimo TV sebagai penyedia tayangan langsung eksklusif, serta XL Kingcard sebagai top partner.

Saat ini PMCO 2019 Fall Split telah memasuki babak kualifikasi regional. Untuk wilayah Asia Tenggara, terdapat 24 tim dari berbagai negara yang turut berpartisipasi termasuk Indonesia. Berikut ini daftar timnya:

  1. Bigetron RA (Indonesia)
  2. EVOS Esports (Indonesia)
  3. RYU (Indonesia)
  4. Boom Esports (Indonesia)
  5. NFT Esports (Indonesia)
  6. Illuminate (Thailand)
  7. Snow LYNX (Thailand)
  8. Mega Conqueror (Thailand)
  9. RRQ Athena (Thailand)
  10. Purple Mood Esports (Thailand)
  11. Yoodo Gank (Malaysia)
  12. Victorious in Play (Malaysia)
  13. AROV Esports (Malaysia)
  14. Bapak Ah Esports (Malaysia)
  15. Team Secret (Malaysia)
  16. BOX Gaming (Vietnam)
  17. FFQ Mobile (Vietnam)
  18. ReaperKiller Esports (Vietnam)
  19. Freaking Zoo (Vietnam)
  20. Super Star (Vietnam)
  21. Orange Esports CG (Wild Card)
  22. Team Amplfy (Wild Card)
  23. X-Force (Wild Card)
  24. Crucial Gaming (Wild Card)

Menariknya, kali ini Bigetron RA berhasil tampil dengan performa yang sangat kuat dibanding tim-tim lainnya. Dari 20 kali pertandingan, Bigetron RA mampu meraih posisi pertama selama 15 kali. Hal itu membuat Bigetron RA duduk di puncak klasemen sementara PMCO 2019 Fall Split tahap kualifikasi regional Asia Tenggara.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, pencapaian ini belum seberapa karena perjuangan kami masih sangat panjang. Namun, kami optimis untuk tetap terus berusaha dengan beragam strategi untuk dapat menjadi yang terbaik dan membawa nama Indonesia menjadi juara ke depannya. Mohon doa dan dukungannya,” demikian ujar Made “Zuxxy” Bagas dari Bigetron RA, dalam sebuah siaran pers.

PMCO 2019 Fall Split itu sendiri baru saja menyelesaikan League Day ke-24, yang dapat Anda tonton lengkapnya lewat video di atas. Dengan berakhirnya pertandingan tersebut maka telah terpilih 16 tim terbaik di tingkat regional, sementara 8 tim sisanya telah tereliminasi. Hebatnya adalah, 5 tim yang berasal dari Indonesia ternyata berhasil lolos semua ke tahapan selanjutnya.

Melihat pencapaian Bigetron RA dalam fase regional ini, wajar bila mereka optimis. Akan tetapi tentu mereka tidak boleh meremehkan lawan-lawannya. Terbukti dalam PMCO 2019 Spring Split kemarin, meskipun mereka percaya diri akan meraih minimal juara 2 di Global Finals, ternyata tim-tim lain mampu menunjukkan perlawanan yang lebih sengit dari dugaan.


View this post on Instagram

Qualified Teams Match Day 24 PMCO Fall Split SEA 2019 Minggu, 13 Oktober 2019

A post shared by PUBGM INDO (@pubgmliveid) on

“Menegangkan sekaligus membanggakan dapat menjadi saksi dari turnamen penting ini di mana tiap tim juga merupakan perwakilan dari negara-negara terbaik. Terlebih lagi, kami pun merasa sangat senang akan apresiasi serta partisipasi dari para pemain di seluruh kawasan Asia Tenggara. Selain PMCO 2019 yang kali ini lebih meriah, banyak tim-tim baru yang juga turut ikut serta. Ini merupakan salah satu pencapaian terbaik kami juga, di mana kami terus berkomitmen untuk mengembangkan dunia esports dan juga menebarkan semangat sportivitas tinggi,” demikian papar Gaga Li, Direktur Esports dari PUBG Mobile untuk Asia Tenggara di siaran persnya.

PMCO 2019 Fall Split regional Asia Tenggara akan sampai di babak puncaknya pada bulan November nanti. Di sanalah tim-tim terbaik akan dipilih untuk jadi wakil Asia Tenggara di babak Global Finals. Mari kita dukung perjuangan tim-tim dari Indonesia agar bisa menunjukkan performa terbaik dan meraih prestasi di tingkat dunia!