Perbandingan PS Plus, Xbox Game Pass, dan Nintendo Switch Online

Ketiga layanan berlangganan ini ternyata cukup berbeda.

Era layanan berlangganan video game kini akhirnya resmi tiba. Dengan diumumkannya rebranding terhadap layanan PlayStation Plus oleh Sony, kini 3 brand utama konsol game telah memiliki layanannya masing-masing.

Layanan lainnya adalah Xbox Game Pass milik Microsoft dan juga Nintendo Switch Online. Meskipun posisi ketiganya sama sebagai layanan berlangganan, namun ketiganya ternyata memiliki fitur dan strategi terhadap konsumen yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana bila ketiga layanan tersebut dibandingkan? Apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing layanan? Berikut adalah perbandingan PS Plus, Xbox Game Pass dan Nintendo Switch Online:

Pilihan paket berlangganan

image credit: Nintendo

Yang wajib diulas untuk pertama kali dari perbandingan ini tentu adalah ketersediaan pilihan tingkatan dari ketiga layanan ini. Perbedaan tingkatan ini tentunya akan mempengaruhi seluruh aspek berikutnya mulai harga dan juga fitur-fitur yang dimasukkan.

Untuk PlayStation Plus, Sony memberikan empat pilihan tingkatan yaitu Essential, Extra, Premium, dan Deluxe. Sayangnya, yang tersedia untuk region Indonesia masih sebatas Essential. Dan tingkatan Premium bahkan tidak tersedia untuk wilayah Asia Tenggara.

Xbox Game Pass memiliki 3 macam paket berlangganan yaitu PC Game Pass, Xbox Game Pass for Console, dan juga Game Pass Ultimate. Meskipun sudah cukup lama, namun layanan ini baru saja tersedia secara resmi di Indonesia.

Sedangkan Nintendo memiliki 2 pilihan tingkatan paket yaitu Switch Online dan juga Switch Online + Expansion Pack. Dari namanya tentu cukup menjelaskan bahwa kedua paket ini akan memuat konten yang berbeda.

Biaya berlangganan

image credit: Bareksa

Masuk ke dalam biaya berlangganan, ketiga layanan ini memiliki harga global yang kurang lebih sama. Namun ketika masuk ke Indonesia, beberapa layanan seketika memiliki harga berlangganan yang lebih murah dari lainnya.

Layanan yang punya biaya berlangganan paling murah adalah Switch Online yang dibanderol dengan $3,99/bulan atau sekitar Rp57.000/bulannya. Sayangnya, Expansion Pack hanya tersedia dalam paket tahunan yaitu $49.99 atau sekitar Rp718.000/bulannya.

Selanjutnya ada Xbox Game Pass yang baru saja mengumumkan biaya berlangganan di Indonesia yang sebesar Rp50.000/bulan. Sayangnya untuk paket lainnya belum diumumkan harga regionalnya. Namun kemungkinan besar Game Pass untuk konsol akan memiliki harga yang sama, sedangkan Ultimate memiliki harga global $14.99 atau sekitar Rp 215.000/bulan.

PlayStation ternyata memiliki biaya berlangganan bulanan paling mahal dengan harga berlangganan mulai Rp89.000/bulannya. Sedangkan untuk paket lainnya masih belum tersedia di Indonesia. Namun berkaca dari region lainnya maka Extra akan memiliki biaya berlangganan Rp140.000/bulan, Premium Rp215.000/bulan, dan Deluxe sekitar Rp 250.000/bulan.

Opsi paket keluarga

Image Credit: USA Today

Meskipun terlihat tidak penting, namun kenyataannya paket keluarga merupakan pilihan yang paling dipilih oleh banyak orang. Dengan dapat menampung lebih banyak orang dengan harga yang lebih miring, opsi ini kelihatannya juga cukup penting.

Sayangnya, dari ketiga layanan di atas yang memiliki opsi paket keluarga hanyalah Nintendo Switch Online. Paket keluarga tersebut hanya tersedia untuk berlangganan satu tahun dengan harga $39,99 atau sekitar Rp574.000 atau NSO+ Expansion Pack sebesar $79.99 atau sekitar Rp 1.140.000 per tahunnya.

Microsoft memang dikabarkan akan memberikan opsi pake keluarga untuk Game Pass di masa depan, sedangkan Sony sama sekali tidak memiliki paket untuk keluarga.

Fitur utama

Image Credit: Microsoft

Setelah mengetahui harga dari ketiga layanan tersebut, kini masuk ke perbandingan yang paling penting yaitu fitur utama yang menjadi nilai jual utama dari ketiga layanan berlangganan ini. Seperti yang disebut sebelumnya ketiganya memiliki strategi yang berbeda-beda untuk hal ini.

Yang paling menarik tentu adalah Xbox Game Pass yang menyediakan berbagai pilihan game yang bisa langsung diunduh dan dimainkan, bahkan untuk beberapa game terbaru. Pemain juga dapat mengakses berbagai pilihan game lama yang tersedia pada platform berlangganan mereka. Setiap bulannya Xbox juga akan memperbarui pilihan game yang masuk dan keluar dari layanan ini.

Masuk ke PlayStation Plus yang baru saja di-rebranding, Sony lebih memfokuskan fitur ini untuk melebur layanan online pada PlayStation Plus dan layanan cloud gaming mereka, PlayStation Now. Pemain memang tidak memiliki akses sebebas Xbox Game Pass, namun Sony tetap memberikan game gratis yang berganti-ganti setiap bulannya.

Pada Nintendo Switch Online, Nintendo memberikan layanan mirip PlayStation Plus lama yang berfokus pada layanan online untuk game-game mereka. Selain itu kemiripan lainnya dengan PS Plus adalah Switch Online juga akan memberikan diskon khusus dan berbagai penawaran menarik untuk game-game-nya.

Yang sama di antara ketiganya adalah tersedianya game-game lama yang dapat dimainkan secara cuma-cuma. Seperti PS Plus yang dapat mengakses game-game PS1 hingga PS4 dan bahkan PSP untuk tingkat tertentu. Xbox Game Pass memberikan akses untuk game-game Xbox hingga Xbox One, dan Switch Online memberikan akses pada game-game klasik mereka seperti NES, SNES, hingga SEGA Genesis.

Fitur tambahan

Image Credit: Hybrid

Selain fitur-fitur utama di atas, layanan berlangganan konsol ini juga memiliki berbagai fitur tambahan. Fitur ini memang tidak langsung terhubung pada game-game yang jadi daya tarik utama, namun tetap menjadi nilai jual tambahan bagi layanannya.

Seperti pada Xbox Game Pass yang memberikan akses EA Play secara cuma-cuma, sehingga para pelanggannya juga mendapatkan akses ke beberapa game EA secara gratis dan juga dapat menjajal beberapa game eksklusif mereka.Xbox juga memberikan akses untuk Xcloud atau Xbox Cloud Gaming yang memungkinkan pelanggannya bermain lewat smartphone dengan koneksi internet.

Langkah serupa juga digunakan di PlayStation Plus yang memasukkan PS Now, yang memungkinkan pemainnya untuk memainkan game-game PlayStation secara streaming. Uniknya, hanya game-game untuk PlayStation 3 yang wajib dan hanya bisa dimainkan secara streaming. Sedangkan game-game PS1, PS2, PSP, dan PS4 memiliki opsi untuk diunduh.

Fitur cloud gaming sebenarnya juga hadir pada layanan Switch Online, hanya saja kemampuannya terbatas pada 20 game klasik NES saja. Layanan ini juga memiliki aplikasi smartphone khusus, namun bukan untuk bermain game, namun hanya untuk memantau kabar dan berita menarik dari layanan Switch Online.

Kesimpulan Perbandingan PS Plus, Xbox Game Pass dan Nintendo Switch Online

Sumber: Deposit Photos

Pada akhirnya ketiga layanan tersebut memang memiliki daya tarik dan juga kekurangannya masing-masing. Microsoft memang tampil cukup mencolok karena memberikan akses layanan yang sangat bebas layaknya berlangganan Netflix. Apalagi Microsoft memiliki kelebihan lintas platform yang dapat menarik para pemain konsol Xbox maupun PC.

Sedangkan PlayStation dan Nintendo membuat layanannya lebih terikat terhadap konsol mereka. Beberapa fitur seperti kemampuan online, cloud save, dan akses ke game lama dijadikan fitur eksklusif yang hanya ada dalam layanannya. Sehingga pada akhirnya, para pengguna konsol tersebut akan memiliki akses sangat terbatas bila tidak berlangganan.

Namun bagi gamer yang ingin bernostalgia, maka Nintendo Switch Online dan PlayStation Plus mungkin menjadi layanan yang penting karena mereka memiliki akses terhadap game-game klasik eksklusif mereka yang memang tidak ada di layanan lainnya.