7 January 2023

by Galih

Penjualan PlayStation 5 Ternyata Hanya Unggul Tipis di Amerika Serikat

Microsoft terus berusaha mengejar ketertinggalan

Sejak diluncurkan dua tahun lalu, kehadiran konsol next-gen PlayStation 5 dan Xbox Series X|S memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer. Terlebih PlayStation 5, yang memiliki daya tarik lebih tinggi berkat game-game eksklusifnya.

Selama dua tahun ini pula Sony dengan percaya diri merasa menjadi pimpinan dalam rivalitas konsol next-gen ini. Hal yang bahkan juga diakui oleh Microsoft bahwa Sony selalu memiliki pilihan game yang lebih baik.

Meskipun keunggulan PlayStation 5 terlihat mutlak, namun banyak yang tidak menyadari kalau Xbox sebenarnya mengejar secara diam-diam. Karena ternyata selama dua tahun ini penjualan Xbox Series X dan Series S sedikit demi sedikit meningkat.

Hal tersebut terlihat dari laporan VGChartz mengenai penjualan kedua konsol tersebut di Amerika Serikat. Rupanya penjualan PlayStation 5 dan Xbox Series X dan Series S di sana kini tidak terlalu terpaut jauh.

Image Credit: VGChartz

Dalam laporan tersebut tercatat bahwa PlayStation 5 telah terjual hingga 10,32 juta unit, sedangkan Xbox Series X|S terjual sebanyak 9,32 juta di kurun waktu yang sama. Hal ini tentu menunjukkan pergeseran minat di negara Paman Sam tersebut.

Salah satu penyebab utama banyak gamer konsol di Amerika Serikat memilih Xbox Series X|S tidak lain adalah karena faktor ketersediaan. Karena meskipun sudah berjalan dua tahun dan pandemi juga sudah mereda, namun banyak konsumen di sana yang masih kesulitan untuk menemukan konsol PlayStation 5.

Selain ketersediaan unit konsol, minimnya game eksklusif PlayStation 5 juga menjadi penyebab lainnya. Karena hingga sekarang mayoritas game eksklusif yang tersedia di PlayStation 5 juga tersedia di PlayStation 4.

Sumber: VentureBeat

Ditambah lagi dengan hadirnya layanan Xbox Game Pass. Dengan akses berbagai game eksklusif bahkan sejak hari pertama, serta pilihan game gratis yang masif membuat layanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer.

Yang perlu diperhatikan bahwa data penjualan tersebut hanya untuk pasar Amerika Serikat saja. Karena secara global penjualan PlayStation 5 mencapai 28,97 juta unit, yang masih unggul hingga 40% dari penjualan Xbox Series X|S yang baru mencapai 20,61 juta unit.

Terakhir, di samping persaingan antara PlayStation 5 dan Xbox Series X|S, penjualan konsol paling laris masih tetap didominasi oleh Nintendo Switch. Konsol hybrid milik Nintendo ini berhasil terjual hingga 119 juta unit.