1 April 2022

by Galih

Penjualan Xbox Series Akhirnya Kalahkan PS5, Switch Tetap Terlaris

Xbox akhirnya mendapat kemenangan perdananya setelah sekian lama

Penjualan konsol game memang terus berlanjut di tengah kelangkaan chip yang tengah terjadi. Meskipun ada penurunan pada hampir keseluruhan penjualan konsol, namun penjualan konsol Xbox menunjukkan sebaliknya.

Dari statistik yang diluncurkan oleh VGChartz, Xbox Series X dan S minggu ini membuat kejutan dengan mengalami kenaikan penjualan. Dalam laporannya Xbox Series X|S telah terjual sebanyak 219.136 unit untuk minggu ini.

Angka tersebut meningkat sebesar 89.000 unit dari minggu lalu. Membuat penjualan sepanjang masa dari konsol next-gen Microsoft ini di angkat 13.43 juta unit sejak awal dirilis.

Yang mengejutkan adalah angka tersebut berhasil mengalahkan sang pesaing utama PlayStation 5 yang minggu ini terjual 188.535 unit, yang menurun sebanyak 49.000 unit dari minggu sebelumnya.

Sedangkan untuk penjualan sepanjang masa, konsol next-gen milik Sony tersebut ternyata masih unggul jauh mengalahkan Xbox Series dengan berhasil terjual sebanyak 18,50 juta unit sejak awal dirilis.

Image Credit: Microsoft

Uniknya, peningkatan penjualan Xbox Series ini mayoritas terjadi untuk wilayah Amerika yang terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, dan Amerika Latin. Sayangnya tidak ada penjelasan mengapa tren ini bisa terjadi.

Kemungkinan sulitnya ketersediaan PlayStation 5 di wilayah Amerika dan terjaganya stok untuk Xbox Series di sana membuat para gamer yang sudah lelah menunggu akhirnya memilih untuk membeli Xbox Series X|S.

Apalagi Xbox juga memiliki layanan Game Pass yang menjadi salah satu solusi untuk para gamer menikmati banyak game-game baru yang terus hadir dengan harga berlangganan yang cukup terjangkau.

Meskipun Xbox Series berhasil memperoleh kemenangan perdananya melawan PlayStation 5, tetapi mereka masih tetap tertinggal jauh dari sang raja, Nintendo Switch -- yang terus bertahan menjadi konsol dengan penjualan terlaris.

Image Credit: Nintendo

Untuk minggu ini, Switch berhasil terjual sebanyak 361.213 unit yang berarti jauh meninggalkan Xbox Series X|S yang terpaut sekitar 142 ribu unit. Ataupun PlayStation 5 dengan perbedaan sebanyak 172 ribu unit.

Penjualan Nintendo Switch ini juga mendominasi hampir di semua wilayah di dunia seperti Eropa, Asia, dan juga Oceania. Hanya di wilayah Amerika saja Nintendo Switch harus tertinggal dari penjualan Xbox Series.

Dengan sulitnya pabrikan-pabrikan konsol untuk menjaga permintaan produksi dan distribusi mereka, serta keberadaan para penadah yang membuat harganya terus melambung maka besar kemungkinan gamer akhirnya akan memilih opsi yang tersedia untuk mereka.

Yang menarik, ke depannya Nintendo Switch akan kedatangan pesaing utamanya yaitu konsol Steam Deck. Meskipun konsol - PC ini juga masih terkendala masalah produksi, akan menarik untuk melihat pergerakan konsol milik Valve ini ikut bersaing di pasar konsol.