Esports Ecosystem

Inilah Pembagian Grup Babak Utama Turnamen Dota 2 Kuala Lumpur Major

09 Nov 2018 | Ayyub Mustofa
Mudah-mudahan Tigers bisa menjadi juara grup dan bertemu dengan Team Secret

Sudah siapkah Anda untuk menyambut turnamen Dota 2 Kuala Lumpur Major, tanggal 16 – 18 November besok? Setelah melalui babak kualifikasi terbuka, kualifikasi tertutup, dan kompetisi Minor yaitu DreamLeague Season 10, kini telah terkumpul 16 tim yang akan bertempur memperebutkan hadiah US$1.000.000 di Axiata Arena, Malaysia. Tigers menjadi tim terakhir yang melengkapi keseluruhan susunan peserta babak utama Kuala Lumpur Major itu.

PGL selaku penyelenggara Kuala Lumpur Major telah mengumumkan pembagian grup pertandingan yang akan berlangsung nanti. 16 tim dibagi menjadi 4 grup, yang bisa langsung Anda lihat pembagiannya dalam gambar di bawah. Bila kita perhatikan, tampaknya persebaran kekuatan tim keempat grup terlihat cukup merata, dan juara bisa muncul dari grup mana pun.

Kuala Lumpur Major | Groups
Pembagian grup Kuala Lumpur Major | Sumber: PGL

Grup A memiliki tiga tim yang menonjol yaitu Team Secret, paiN Gaming, dan Ninjas in Pyjamas (NiP). Team Secret yang bertabur pemain bintang bisa dibilang “Real Madrid-nya Dota 2”, dan mereka beberapa waktu lalu baru saja menjuarai turnamen ESL One Hamburg 2018. paiN Gaming yang berasal dari Amerika Selatan juga sedang naik daun, dan mereka masuk empat besar di ESL One Hamburg. Semetara NiP, walau belakangan sedang puasa gelar, tetap layak diperhitungkan sebab mereka punya banyak pemain veteran.

Grup B diisi oleh dua tim dedengkot Dota 2 yang sangat ditakuti, yaitu Evil Geniuses dan Vici Gaming. Vici Gaming sebelumnya meraih peringkat dua di ESL One Hamburg, sementara Evil Geniuses menyimpan ancaman sebagai tim mantan juara dunia. Jangan lupa, Evil Geniuses adalah peraih juara tiga dalam The International 2018 lalu.

Team Secret | Members
Team Secret masih jadi ancaman besar | Sumber: ESL

Grup C diisi oleh tim raksasa Tiongkok yang merupakan runner-up The International 2018, PSG.LGD.  Tapi selain itu, tiga tim sisanya tampak kurang meyakinkan. Akan tetapi di sinilah tim Tigers berada, jadi kita punya alasan untuk memperhatikan grup ini dengan seksama. Aksi inYourdreaM (Muhammad Rizky) dan taktik crowd control dari tim Tigers sangat efektif di DreamLeague Season 10. Akankah mereka mengulang taktik yang sama?

Grup D mungkin adalah grup paling penuh tanda tanya. Di sini ada Virtus.pro, raksasa Rusia yang selalu jadi ancaman di setiap kompetisi besar. paiN X, tim saudara paiN Gaming, adalah tim relatif baru yang konsistensi performanya masih belum diketahui. Forward Gaming juga relatif baru, namun setidaknya mereka terdiri dari pemain-pemain veteran eks-Evil Geniuses dan Natus Vincere. Alliance adalah tim besar, tapi belakangan mereka kurang beruntung di turnamen-turnamen kelas dunia. Tampaknya selain Virtus.pro isi grup ini adalah underdog semua, tapi underdog pun terkadang bisa memberi kejutan.

Kuala Lumpur Major | Starting Time
Sesuaikan jam menonton sesuai wilayah Anda | Sumber: PGL

Melihat daftar tim di babak utama, saya sedikit khawatir bahwa nama-nama yang meraih peringkat nantinya adalah nama-nama yang sudah sering kita lihat. Saya sendiri memprediksikan Team Secret akan jadi pemenang, karena kekuatan pemain individu mereka sangat kuat dan performa tim mereka belakangan sangat solid. Tapi saya juga berharap setidaknya Tigers dapat menduduki puncak klasemen Grup C, agar mereka bisa bertemu Team Secret setidaknya di perempat final.

Tentu saja ini semua sifatnya hanya perkiraan. Praktik di lapangan bisa jadi berbeda, apalagi Dota 2 adalah game yang sangat kompleks dengan kemungkinan tak terbatas. Apa pun hasilnya, saya hanya berharap Kuala Lumpur Major ini menjadi kompetisi yang menarik. Siapa tim jagoan Anda?

Sumber: PGL