13 January 2016

by Glenn Kaonang

[Panduan Pemula] Cara Cek Garansi iPhone

Tips atau panduan pemula ini juga berlaku untuk perangkat iPad dan iPod Touch

Garansi merupakan salah satu faktor penting yang biasa dipertimbangkan konsumen saat membeli sebuah gadget, apalagi kalau perangkat yang dibeli harganya semahal iPhone. Apple sendiri sudah sejak lama menetapkan garansi beragam produknya selama setahun.

Namun khusus untuk iPhone, klaim garansinya hanya berlaku di negara asal pembeliannya saja. Jadi semisal iPhone tersebut merupakan pemberian saudara Anda yang ia beli di Hong Kong, klaim garansinya tidak akan diterima di sini. Itulah mengapa biasanya harga iPhone yang dijual oleh reseller resmi lebih mahal daripada di tempat lain.

Buat yang baru atau bahkan sudah menggunakan iPhone beberapa lama, bisa jadi ada yang penasaran bagaimana cara cek garansi iPhone. Semisal ada kerusakan tak disengaja, tapi Anda lupa apakah garansinya masih berlaku atau tidak. Jika Anda sedang dalam posisi ini, Anda bisa coba terapkan langkah-langkah berikut.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat serial number alias nomor seri dari iPhone yang Anda punya. Caranya gampang: buka aplikasi Settings, masuk ke menu "General", lalu pilih "About". Anda bisa menemukannya di bagian bawah.

  • Masukkan pada kolom yang tersedia nomor seri iPhone yang tadi sudah Anda salin atau catat, lalu masukkan pula kode verifikasi acak yang ditampilkan di layar, dan klik "Continue".
  • Di halaman berikutnya, akan ditampilkan jenis iPhone yang Anda punya beserta nomor serinya. Di bawahnya, Anda bisa melihat apakah garansinya masih berlaku atau tidak. Kalau ternyata "Expired" seperti punya saya, ya berarti itu sudah lebih dari setahun sejak Anda menyalakan iPhone tersebut untuk pertama kalinya.

  • Catatan tambahan: langkah-langkah yang sama juga bisa diterapkan untuk mencari tahu garansi dari perangkat Apple yang lain seperti iPad, iPod Touch, maupun lini perangkat Mac – meski cara melihat nomor seri Mac sedikit berbeda.

Itu dia panduan dasar atau panduan pemula untuk Anda pengguna perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang ingin melihat garansi perangkat Anda. Semoga membantu.

Jika Anda punya pertanyaan seputar tips perangkat iOS, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar.

Gambar header: iPhone 6 via Shutterstock.