OPPO Find N2 Flip Siap Hapus Stigma Negatif Soal Baterai Smartphone Lipat

Smartphone lipat diyakini tidak pantas menjadi daily driver karena baterainya kecil dan cepat habis. Benarkah demikian?

Usai diperkenalkan pertama kali menjelang akhir 2022 lalu, OPPO Find N2 Flip akhirnya bakal segera dipasarkan secara resmi di Indonesia. Ini jelas bukan smartphone lipat pertama yang menyapa konsumen tanah air, akan tetapi ia mengusung sederet fitur unggulan yang dapat mengubah pandangan publik terhadap ponsel yang layarnya bisa dilipat.

Mulai dari layar utama dengan bekas lipatan yang nyaris tak terlihat, cover screen dengan ukuran besar yang amat fungsional, sampai ketahanan engsel tingkat tinggi, ada banyak kelebihan OPPO Find N2 Flip yang sejauh ini belum bisa kita temukan di ponsel lipat lain.

OPPO Find N2 Flip pada dasarnya eksis untuk menghapuskan stigma-stigma negatif yang selama ini melekat pada kategori smartphone lipat. Salah satu yang selalu mengundang perdebatan adalah anggapan bahwa smartphone lipat tidak cocok dijadikan daily driver karena baterainya yang kecil dan cepat habis. Well, hal itu tidak berlaku untuk Find N2 Flip.

Baterai jumbo dalam sasis yang mini

OPPO Find N2 Flip merupakan perangkat yang ringkas. Dalam posisi terlipat, panjang dan lebarnya cuma 85,5 x 75,2 mm, dan dalam posisi terbuka, tebal bodinya tidak lebih dari 7,45 mm. Seakan melawan hukum fisika, OPPO rupanya berhasil menyematkan baterai berkapasitas besar di rangka sekecil itu.

4.300 mAh, itulah kapasitas baterai total yang diusung Find N2 Flip. Angka tersebut jauh di atas kompetitornya, yang sering kali tidak pernah menembus angka 4.000 mAh. Hal ini dimungkinkan berkat teknologi miniaturisasi yang OPPO terapkan, sekaligus langkah-langkah sepele namun krusial yang diambil, seperti misalnya memindah posisi SIM card tray untuk mendapatkan kapasitas ekstra sebesar 100 mAh.

Pengalaman panjang OPPO dalam mengembangkan teknologi baterai juga memungkinkannya untuk merancang sendiri sel baterai milik Find N2 Flip, yang diklaim menawarkan daya 10% lebih banyak daripada sel baterai tradisional. Lalu untuk semakin memaksimalkan kinerja baterainya, OPPO juga bekerja sama langsung dengan MediaTek untuk mendesain versi yang lebih optimal dari chipset Dimensity 9000+.

Oke, baterainya lebih besar, tapi apakah dampaknya signifikan? Tentu saja. Berdasarkan data dari lab pengujian internal OPPO, Find N2 Flip menawarkan masa pakai yang lebih lama di berbagai skenario. Untuk streaming musik misalnya, Find N2 Flip bisa tahan 5 jam lebih lama dari kompetitornya. Lalu untuk menonton YouTube, bisa sampai 2 jam lebih lama. Bahkan saat dipakai untuk video call pun Find N2 Flip mampu bertahan 1 jam lebih lama dari rivalnya.

Sekali lagi, OPPO Find N2 Flip bukanlah smartphone lipat yang pertama, akan tetapi ia adalah yang pertama yang pantas dijadikan daily driver tanpa khawatir akan kehabisan baterai di jam-jam genting.

Pengisian daya tercepat di kategori smartphone lipat

OPPO selalu mengedepankan teknologi pengisian daya cepat pada deretan smartphone-nya, dan Find N2 Flip pun tidak luput dari prinsip tersebut. Berkat teknologi 44W SUPERVOOC yang disematkan, baterai Find N2 Flip dapat terisi dari 0-50% dalam 23 menit saja, dan hingga 100% dalam waktu sekitar satu jam.

Istimewanya lagi, OPPO turut menyertakan adaptor 67W pada paket penjualan Find N2 Flip — sesuatu yang sudah cukup jarang kita temukan di ranah ponsel flagship dewasa ini, termasuk halnya di kategori ponsel lipat. Sudah lebih cepat mengisinya, tidak perlu membayar ekstra pula.

Pada praktiknya, OPPO Find N2 Flip akan mengeliminasi battery anxiety yang umum dialami oleh pengguna ponsel lipat. Anggaplah Anda hanya punya waktu 30 menit untuk charging setiap harinya. Menggunakan ponsel lipat lain, Anda mungkin hanya akan mendapatkan sekitar 50% baterai, sementara di Find N2 Flip, angkanya sudah menunjukkan 62%. Lebih lanjut, 62% itu dari 4.300 mAh, bukan dari 4.000 mAh atau malah di bawahnya lagi.

Pre-order dan peluncuran OPPO Find N2 Flip

OPPO Indonesia telah menetapkan 10 Mei 2023 sebagai hari peluncuran Find N2 Flip, dan Anda bisa menyaksikan keseluruhan acara peluncurannya mulai pukul 19.00 WIB.

OPPO juga telah membuka gerbang early pre-order untuk Find N2 Flip yang menghadirkan sejumlah keuntungan menarik bagi para konsumen. Informasi lebih lengkapnya dapat dilihat langsung di tautan berikut.