26 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Ningguang Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"I am Ningguang, Tianquan of Qixing. You wish to trade? You be my personal bodyguard, and I will show you how to get ahead in Liyue." -Ningguang.

Sebelum adanya Arataki Itto dan Gorou, Ningguang merupakan karakter yang menjadi Top of Mind pemain Genshin Impact, jika menginginkan sebuah karakter DPS elemen Geo. Namun, apakah Ningguang masih bagus? Seberapa kuatkah dia dibandingkan dengan karakter lain? Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Build Ningguang Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Ningguang

Ningguang merupakan karakter B4 Geo dengan senjata catalyst. Ia biasa digunakan sebagai DPS, baik sebagai main DPS maupun sub DPS. Ada juga yang memakainya sebagai battery atau support, untuk beberapa komposisi tim spesifik, atau sebagai pengganti dari karakter lain.

Sumber damage yang Ningguang hasilkan, terbagi rata melalui Normal Attack, Charged Attack, Elemental Skill dan Elemental Burst-nya. Sumber damage terbesarnya, bisa dibilang berasal dari Elemental Burst-nya, itupun masih tergantung dari Artifact beserta senjata yang dipakai.

Damage Elemental Burst-nya yang besar, sangat didukung oleh energy cost-nya yang rendah, dan partikel energi yang dihasilkan juga tergolong banyak. Hal inilah yang bisa membuat Ningguang masih cocok dijadikan sebagai sub DPS atau hanya sekadar sebagai battery.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tentu Ningguang memiliki sejumlah kelemahan. Ningguang membutuhkan investasi yang lumayan tinggi, baik itu dari senjata, Artifact, level talenta, hingga tim yang solid.

Hal ini disebabkan karena elemen Geo yang tidak menghasilkan damage dari reaksi Crystallize. Karena itu, setiap buff atau Geo RES shred yang Ningguang dapatkan sangatlah berharga. Dari poin inilah, bisa dikatakan Geo Resonance menjadi hal yang wajib saat bermain Ningguang, atau bahkan untuk DPS Geo pada umumnya.

Selain itu, damage yang Ningguang hasilkan, bersifat single-target. Hal ini tidak akan menjadi masalah saat melawan musuh boss, namun akan menjadi masalah saat melawan musuh dalam jumlah banyak, atau musuh tertentu, seperti Fatui Cicin Mages.

Untungnya, serangan batuannya memiliki sifat homing, yang akan mengikuti lawan hingga tujuan. Namun entah mengapa, terkadang serangan homing tersebut masih sering meleset, mengenai tembok, lantai, atau objek sekitar.

Normal Attack: Sparkling Scatter

Normal Attack: Saat Normal Attack mengenai musuh, Ningguang mendapatkan 1 Star Jade. Jumlah maksimum Star Jade yang dihasilkan dengan cara ini adalah 3 Star Jade.

Charged Attack: Jika Ningguang melakukan Charged Attack saat memiliki Star Jade, maka setelah Charged Attack diluncurkan, akan muncul tambahan serangan, berdasarkan Star Jade yang Ningguang punya, memberikan Geo DMG.

Elemental Skill – Jade Screen

Ningguang akan membentangkan Jade Screen, memberikan damage Geo. Properti yang dimiliki Jade Screen adalah:

  • Akan memblokir setiap serangan berupa proyektil. - Ketahanannya dihitung berdasarkan Maks. HP Ningguang
  • Jade Screen terhitung sebagai Geo Construct, namun tidak bisa dipanjat oleh pemain.

Elemental Burst – Starshatter

Ningguang akan menembakkan sejumlah proyektil yang akan menyasar ke musuh. Jika Elemental Burst ini dipakai di dekat Jade Screen, maka Jade Screen akan berubah menjadi Turret, dan akan menembakkan proyektil tambahan. Setelah itu, Turret tersebut akan menghilang dari arena.

Talenta Pasif 1: Backup Plan

Saat Ningguang memiliki Star Jade, Charged Attack-nya tidak akan mengkonsumsi Stamina.

Talenta Pasif 2: Strategic Reserve

Karakter yang melewati Jade Screen, akan mendapatkan Geo DMG Bonus sebesar 12% selama 10 detik.

Talenta Pasif 3: Trove of Marvelous Treasures

Saat Ningguang berada di dalam tim, ia akan memunculkan ikon batuan terdekat di minimap.

Prioritas Talenta: Elemental Burst> Normal Attack > Elemental Skill.

Konstelasi

Konstelasi Penting: C2 & C6

Secara sederhana, konstelasi Ningguang dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Serangan Normal Attack akan memberikan damage AoE.

C2: Saat Jade Screen menghilang, cooldown-nya akan di-reset. Efek ini bisa terpicu setiap 6 detik sekali.

C3: +3 level Elemental Burst.

C4: Karakter yang berada di dekat Jade Screen, akan mendapatkan Elemental RES sebanyak 10%

C5: +3 level Elemental Skill.

C6: Saat Elemental Burst digunakan, Ningguang akan mendapatkan 7 Star Jades.

Artifact

 

Artifact Ningguang sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa memakai kombinasi Artifact 2 Archaic Petra dan 2 Gladiator's Finale atau 2 Noblesse Oblige.

Prioritaskan sub stat yang bagus terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa memilih set bonus dari Artifact. Jangan memaksakan set bonus aktif, namun dengan substat yang biasa saja, karena hal ini akan berdampak besar terhadap damage yang dihasilkan.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Geo DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > flat ATK > ER%.

Senjata Ningguang Genshin Impact

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Terdapat beberapa pilihan senjata B5 yang bisa Ningguang pakai, seperti Lost Prayer to the Sacred Winds, Kagura's Verity, Skyward Atlas, Memory of Dust, atau Solar Pearl dari Battle Pass.

Lost Prayer to the Sacred Winds merupakan senjata yang memiliki performa paling bagus di antara senjata yang lain, jika Anda memanfaatkan efek pasifnya. Dengan bantuan shielder, Ningguang bisa tetap aktif di arena dengan aman.

Memory of Dust juga memiliki performa yang bagus, apalagi dengan bonus ATK yang banyak, saat karakter sedang dilindungi oleh shield. Secara visual, senjata inilah yang paling cocok dengan desain dari Ningguang.

Dengan substat Crit Rate dan efek pasifnya, Solar Pearl juga merupakan senjata yang bagus. Apalagi, senjata ini yang paling mudah didapatkan dibandingkan dengan senjata B5 lain, karena bisa dibeli dari Battle Pass.

 

Untuk senjata F2P, Anda bisa memakai senjata seperti Dodoco Tales, The Widsith, Oathsworn Eye, Mappa Mare, Prototype Amber, atau bahkan Thrilling Tales of Dragon Slayer.

Dodoco Tales merupakan senjata yang paling baik di antara pilihan senjata F2P lain, karena memberikan ATK yang banyak, serta efek pasifnya yang saling meningkatkan Normal Attack dan Charged Attack. Apalagi, senjata ini diberikan secara gratis, hingga refinement 5.

The Widsith merupakan pilihan senjata yang masih bagus, dikarenakan substat Crit DMG yang dimilikinya. Hanya saja buff dengan cooldown yang panjang, buff EM yang kurang berguna, dan pemberian buff yang acak, menjadikan performa senjata ini tidak konsisten untuk Ningguang.

Untuk Oathsworn Eye, Anda bisa pakai senjata ini jika tidak ada pilihan senjata lain, karena diberikan secara gratis melalui event. Mappa Mare dari blacksmith juga bisa Anda gunakan, karena memiliki base Attack yang tinggi, dan efek pasif yang akan meningkatkan damage Elemental. Kekurangannya adalah substat EM dan membutuhkan elemen lain untuk memicu Crystalize.

Prototype Amber biasanya digunakan untuk situasi tertentu saja, dan bukan untuk Ningguang DPS. Senjata ini biasa dipakai oleh Ningguang, saat digunakan sebagai penghancur shield dan membutuhkan healer. Contoh kasus penggunaan senjata ini adalah saat melawan Golden Wolflord di Spiral Abyss. Begitu juga dengan Thriling Tales of the Dragon Slayer sebagai senjata buffer, yang bisa dikombinasikan dengan efek 4 Archaic Petra atau 4 Noblesse Oblige.

Komposisi Tim Ningguang Genshin Impact

Untuk membentuk tim Ningguang, yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah aktifnya Geo Resonance di tim tersebut atau tidak. Dengan kata lain, minimal harus ada 2 karakter Geo di dalam tim.

Efek dari Geo Resonance akan menambah damage dari karakter yang dilindungi oleh shield, memperkuat shield, dan juga akan menurunkan Geo RES dari musuh. Hal ini menjadi krusial dalam penghasilan damage karakter Geo, karena sifat defensif dari reaksi Crystallize.

Tidak disarankan untuk menggunakan Noelle sebagai shielder Ningguang. Penjelasan lebih detail dijabarkan di bagian tips.

Berikut ini sejumlah tim yang bisa Anda gunakan untuk Ningguang:

 

Tim paling umum yang bisa Ningguang gunakan adalah Mono Geo. Tim ini berisi karakter-karakter sub DPS atau support yang bisa menunjang performa Ningguang.

Contoh tim yang diberikan adalah Ningguang Zhongli, Albedo, dan Bennet. Zhongli bisa digantikan dengan Diona sebagai shielder, sedangkan Albedo bisa digantikan dengan Fischl atau Venti sebagai sub DPS. Bennet sendiri akan memberikan buff ATK yang banyak untuk Ningguang.

Walaupun karakter Geo yang telah disebutkan memiliki karakter pengganti, namun perlu diingat bahwa setidaknya ada 2 karakter Geo di dalam tim ini.

Contoh komposisi tim yang diberikan setelah ini, akan berisikan dua pasang karakater, dengan sinergi yang baik, untuk mengisi 4 slot dalam tim.

Xiangling dan Bennet merupakan duet yang tidak dapat dipisahkan, yang seringkali menjadi tulang punggung dalam sebuah komposisi tim. Untuk tim ini, Ningguang akan lebih sering bermain sebagai Burst DPS, karena waktu yang dibutuhkan Xiangling untuk mengisi Burst-nya cukup banyak.

Untuk situasi seperti ini, Anda bisa mengguanakan Artifact 4 Archaic Petra di Zhongli Anda. Artifact tersebut dapat memberikan Pyro DMG Bonus hingga 40% kepada Xiangling dan Bennet. Dengan set tersebut, Zhongli mendapatkan utility tambahan di luar shield-nya yang kuat.

Duet karakter lain yang bisa dipasangkan dengan Ningguang dan Zhongli adalah Fischl dan Beidou. Keduanya merupakan sub DPS yang sering digunakan di tim Taser.

Walaupun di tim ini Electro Resonance aktif, namun efeknya tidak akan berjalan, tanpa ada bantuan dari faktor luar. Pasalnya, partikel Electro yang dihasilkan dari Resonance ini, tidak akan terpicu dari reaksi Crystallize.

Sejak Yelan dirilis, lahirlah sepasang duet baru yang bisa dipakai di banyak tim. Duet tersebut adalah Yelan dan Xingqiu. Duet dua karakter Hydro tersebut memiliki damage yang sangat tinggi, yang akan terpicu oleh Normal Attack. Karena Ningguang masih memanfaatkan Normal Attack di dalam permainannyamaka tim 2 Geo dan 2 Hydro bisa menjadi pilihan.

Namun, perlu diingat bahwa kelemahan tim ini adalah Xingqiu dan Yelan merupakan karakter krusial di komposisi tim lain. Sehingga, memasangkan mereka berdua di tim Ningguang, akan mengganggu komposisi tim satunya, khususnya saat bermain Spiral Abyss, yang membutuhkan pembentukan 2 tim.

Tips Ningguang Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Tidak disarankan untuk memasangkan Ningguang dengan Noelle sebagai shielder. Hal ini dikarenakan durasi shield Noelle yang tidak sepadan dengan cooldown-nya, dengan total uptime hanya sebesar 50%. Karena Ningguang menginginkan shield yang selalu ada untuk mengakses Geo Resonance, tentu hal ini akan sangat merugikan.

Namun hal ini sangat berbeda jika Noelle-lah yang menjadi main DPS dan Ningguang sebagai Burst DPS atau sekadar battery saja. Jika dibalik seperti ini, maka Noelle dan Ningguang memiliki sinergi yang cukup oke.

Walaupun Thoma juga merupakan shielder, Energi Burst-nya yang tinggi inilah, yang kurang cocok dimasukkan ke dalam tim Ningguang. Dengan alasan yang sama dengan Noelle, selama Thoma tidak bisa menjamin shield uptime, maka Thoma tidak disarankan dipakai sebagai shielder Ningguang.

  1. Seperti kebanyakan karakter catalyst lain, Ningguang memiliki Attack String yang cukup lambat. Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan animation cancelling pada Normal Attack. Hal ini guna mempercepat perolehan jumlah Star Jade dari Normal Attack, dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, damage yang dihasilkan juga lebih besar, dibandingkan dengan melakukan string Normal Attack biasa.

Triknya sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menahan tombol maju (tombol "W" untuk PC) saat sedang melakukan serangan, lalu lakukan Normal Attack secara berkala. Trik ini bisa dilihat lebih lanjut melalui video berikut ini:

?t=40

Teknik ini juga bisa dilakukan karakter lain seperti Klee.

  1. Karena Jade Screen bisa meningkatkan Geo DMG Ningguang, maka sebelum memulai serangan dan rotasi, disarankan untuk melewati Jade Screen terlebih dahulu.

  2. Damage dari Elemental Skill dari Ningguang cukup besar, dan akan diperkuat lagi dengan C2-nya, yang akan mereset cooldown Elemental Skill, saat Jade Screen-nya hancur atau hilang. Dengan melakukan kombinasi Elemental Skill -> Elemental Burst -> Elemental Skill, maka damage yang dihasilkan akan sangat besar.

Namun terdapat sebuah mekanikyang mengakibatkan partikel energi Geo, tidak akan muncul saat Jade Screen kedua dipakai. Karena hal ini sudah ada sejak perilisan, mungkin ini merupakan upaya untuk menyeimbangkan kekuatan Ningguang, karena energy cost-nya yang sangat rendah.

Hal ini cukup aneh, mengingat karakter lain masih bisa menghasilkan energi partikel saat melakukan 2x Elemental Skill, dengan bantuan senjata Sacrificial. Untuk menghasilkan partikel energi dari penggunaan Elemental Skill kedua Ningguang, dibutuhkan jarak waktu sekitar 6 detik dari penggunaan Elemental Skill pertama.

Penutup

Walaupun digempur dengan banyaknya karakter baru, Ningguang memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Mulai dari karakter catalyst DPS B4 seperti Yanfei dan Heizou, atau karakter main DPS Geo lain seperti Itto dan Noelle dengan bantuan Artifact Husk of Opulent Dreams, tak membuatnya lebih jelek dibandingkan dengan karakter-karakter tadi.

Tentunya, Ningguang masih memegang predikat terbaik, sebagai karakter DPS range, yang ada di Genshin Impact hingga versi 2.8. Dengan banyaknya tipe baru yang menjengkelkan, mulai musuh yang susah digapai, (seperti Spectre atau Golden Wolflord) atau dengan mobilitas tinggi (Rifthound), setidaknya Ningguang masih memiliki keunggulan dibandingkan dengan karakter DPS Geo lainnya.

--

Itulah tadi guide Ningguang Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.