16 December 2022

by Galih

NBA All-World, Membawa Basket ke Dunia Augmented Reality

Pemain akan berpetualang untuk melawan para pemain basket NBA

Mengemas sebuah game menjadi pengalaman augmented reality atau AR tentu merupakan keahlian dari developer Niantic. Dengan portofolio game AR yang semakin banyak, kini Niantic mengumumkan proyek terbaru mereka.

Kali ini Niantic berkolaborasi dengan National Basketball Association atau yang dikenal dengan NBA. Bersama asosiasi basket Amerika Serikat tersebut, Niantic mengumumkan game terbaru mereka yang akan diberi nama NBA All-World.

"NBA All-World mewakili industri pertama dalam game olahraga, sebagai game AR dunia nyata yang akan menarik bagi penggemar NBA fanatik maupun kasual," ujar Marcus Matthews, Produser Senior di Niantic.

Seperti game Niantic lainnya, NBA All-World akan menjadi game dengan tampilan augmented reality (AR) dengan geolocation. Formula yang sukses untuk Pokemon GO hingga Harry Potter: Wizards Unite ini kini mendapatkan tema bola basket yang ikonik.

Para pemain nantinya tetap akan dihadapkan dengan aktivitas menjelajahi daerah sekitar untuk menemukan dan menantang karakter lainnya. Mirip dengan Pokemon GO, para karakter yang berhasil dikalahkan tersebut dapat direkrut ke dalam tim pemain.

Untuk masalah penjelahan, Niantic disebut mengambil langkah yang lebih jauh dari sebelumnya. Pasalnya, mereka ingin fokus mengintegrasikan metaverse bola basket ke dalam game-nya, sehingga lokasi permainan akan diusahakan sesuai dengan lokasi lapangan basket yang sesungguhnya.

Membicarakan karakter, NBA All-World juga menggandeng National Basketball Players Association (NBPA), sehingga karakter yang akan muncul dalam game ini merupakan atlet-atlet NBA sungguhan.

Dalam beberapa trailer-nya ditampilkan beberapa nama terkenal seperti Stephen Curry, Rui Hachimura, Nikola Jokic, Jordan Poole, Joel Embiid, dan masih banyak lagi yang tentunya nanti dapat dikoleksi oleh para pemain.

Image Credit: Niantic

Selain mengoleksi para atlet NBA favorit masing-masing, para pemain juga akan mengoleksi berbagai item kosmetik yang dapat digunakan untuk kustomisasi karakter yang dimiliki pemain.

Tidak tanggung-tanggung, pemain dapat melakukan kustomisasi banyak aspek dari pemainnya. Mulai dari pakaian, celana, sepatu, topi, kacamata, hingga ke kaos kaki yang akan digunakan. Brand Adidas juga disebut akan hadir dalam game-nya.

Kabar baiknya, Niantic dan NBA telah memastikan bahwa NBA All World ini akan segera dirilis pada 24 Januari 2023 mendatang. Mereka juga telah membuka pra-registrasi agar pemain bisa mendapat kesempatan untuk memainkan game-nya ketika telah tersedia.