1 December 2022

by Dimas Galih W.

Pokémon Go Diluncurkan dalam Bahasa Indonesia, Gelar Waktu Indonesia Nangkep

Niantic akhirnya meluncurkan Pokemon Go dengan bahasa Indonesia. Nantinya Pokemon Trainer juga bisa mengunjungi acara khusus selama sebulan

Siapa yang tidak kenal dengan game Pokémon Go? Game mobile yang satu ini memang sudah menjadi favorit semenjak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu. Hal tersebut dikarenakan game ini memperkenalkan cara bermain yang baru pada sebuah smartphone, di mana kita bisa menangkap Pokémon secara real time pada lokasi yang nyata pula. Dan kali ini Pokémon Go sudah ditranslasikan ke beberapa bahasa, termasuk Indonesia.

Niantic selaku perusahaan yang mengeluarkan game Pokemon Go pun mengadakan acara pada tanggal 30 November 2022. Acara yang diadakan pada Grand Ballroom hotel Kempinski ini meluncurkan Pokemon Go dalam bahasa Indonesia. Hal ini tentu saja bakal menambah kenyamanan bagi orang Indonesia dalam memainkan game tersebut. Selain itu, Pokemon Go juga ditranslasikan ke hingga 16 bahasa lainnya.

Omar Tellez selaku VP of Niantic Inc mengtakan bahwa mereka sangat yakin terhadap pertumbuhan pesat dunia permainan di Indonesia dan percaya bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi Pokémon Go maupun Niantic. Beliau juga mengatakan bahwa hal ini tentunya akan membuat kendala bahasa saat bermain menjadi sirna. Omar juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Niantic sehingga mereka ingin bahwa semua orang bisa bermain Pokémon Go, baik saat sedang di Jakarta mau pun di Bali.

Selain meluncurkan game dengan bahasa Indonesia, Niantic juga mengumumkan kerjasama mereka dengan beberapa vendor di Indonesia. Vendor-vendor tersebut termasuk Telkomsel, ShopeePay, Chatime, dan Indomaret. Omar juga mengatakan bahwa mereka bakal menambah lebih banyak mitra lagi di waktu mendatang.

Chatime juga mengumumkan hal yang cukup menarik pada kerjasama mereka kali ini. Pihak Chatime mengatakan bahwa mulai saat ini, Pokestop akan tersedia pada setiap cabang minuman boba ini. Hal ini juga sebagai salah satu cara Niantic untuk membuat para trainer Pokemon untuk bisa terhindar dari kecelakaan saat bermain Pokémon Go.

Niantic yang bekerja sama dengan AKG Entertainment juga bakal menggelar acara khusus untuk para Pokemon Trainer di Indonesia dengan nama Waktu Indonesia Nangkep. Acara ini bakal digelar mulai tanggal 30 November 2022 hingga 8 Januari 2023. Untuk tempatnya, acara ini nantinya dihelat pada area Pantai Indah Kapuk. Tentunya di sana bakal banyak Pokemon yang bisa ditangkap dengan menyelesaikan misi.

Ada 2 misi yang akan digelar, yaitu Penelitian Lapangan dan Penelitian Berwaktu. Jika misi Penelitian Lapangan diselesaikan, Pokemon Trainer bakal menemukan Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle, atau menerima Permen Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle dan Energi Mega Venusaur, Charizard, atau Blastoise. Untuk misi Penelitian Berwaktu, bisa memberikan kesempatan bertemu Lapras, Snorlax dan juga menerima hadiah item seperti Serpihan Bintang, Permen Langka dan Mesin Penetas Super jika selesai dalam sebelum 8 Januari 2023 jam 20.00.