19 October 2022

by Galih

Musisi Moccatune Isi Soundtrack untuk Game Indie Menggapai Mentari

Lagu ini dibuat untuk membantu meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan mental

Salah satu keunggulan sebuah game indie adalah mereka bebas mengeksplorasi berbagai topik bahkan yang sensitif sekalipun. Contohnya seperti yang dilakukan oleh studio game kreatif Eternal Dream dan Niji Games lewat game Menggapai Mentari.

Game yang memiliki judul internasional The Sun Shines Over Us ini kini mengumumkan kerja sama terbarunya dengan grup musik indie unik, yaitu Moccatune. Kerja sama tersebut akhirnya melahirkan original soundtrack (OST) dengan judul "Kisah Ini".

Melalui siaran persnya, Moccatune menjelaskan bahwa lagu “Kisah Ini” menceritakan tentang perjuangan seseorang untuk bisa melewati traumanya. Perasaan takut akan kehilangan orang-orang yang dicintai tetap ada meskipun sudah memiliki teman-teman yang baik dan lingkungan yang sempurna.

Sayangnya luka yang lama masih tetap ada, tapi kini dia berusaha sekuat tenaga untuk menyembuhkan rasa takut akan traumanya. Kisah yang diangkat oleh lagu gubahan Moccatune tersebut tentunya sangat terkait dengan apa yang akan diangkat oleh game Menggapai Mentari.

Image Credit: Moccatune

Untuk memperkuat emosi dalam lagu ini, Piitcha yang merupakan penyanyi andalan Moccatune akan dipercaya sebagai vokalis. Harapannya, pesan dari lagu ini dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh pendengar setia Moccatune.

Satoxx (Satriagung Caesar) dari Tadakarya Studio bertanggung jawab untuk melakukan produksi lagu “Kisah Ini”, sementara proses mixing dilakukan oleh Masdito Bachtiar (Ittou) dari Mojiken Studio.

Instrumen pengiring utama Piitcha dalam lagu "Kisah Ini" hanya akan diisi oleh suara gitar akustik. Satoxx dan Masdito Bachtiar menjelaskan bahwa mereka ingin menghadirkan sebuah track yang sederhana namun emosional.

“Kami memilih hanya menggunakan gitar akustik karena ingin menghadirkan sebuah track yang sederhana, namun tetap memberikan kesan emosional kepada para pendengarnya. Karena itulah Piitcha dipilih sebagai vokalis karena suara yang tepat dengan pesan yang ingin disampaikan untuk lagu ini,” ujar Satoxx.

Tidak hanya berbentuk lagu, namun Moccatune juga memproduksi music video atau MV untuk lagu "Kisah Ini". MV tersebut akan dikerjakan oleh Harunika Sunday yang dibantu Pradana Nayopaya dan Rai.

Rencananya, lagu "Kisah Ini" akan dirilis secara digital di berbagai platform streaming musik seperti Spotify, Joox, Apple Music, YouTube Music dan platform lainnya pada 29 Oktober 2022. Sebelumnya, music video “Kisah Ini” sudah ditayangkan pada 8 Oktober 2022 di kanal YouTube Moccatune.

Perilisan lagu “Kisah Ini” untuk game Menggapai Mentari juga merupakan pertanda bahwa Moccatune akan segera comeback di industri musik dan kreatif Indonesia setelah vakum akibat pandemi. Untuk game Menggapai Mentari sendiri saat ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Featured image: Niji Games