Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Penambang Crypto di Ukraina Gunakan Ribuan PS4 untuk Farming Koin FUT

13 July 2021Sean Edbert

Selain PS4, mereka juga menambang menggunakan lebih dari 550 GPU dan CPU!

Akhir-akhir ini, mining crypto memang sedang naik daun. Umumnya, para miner menambang mata uang crypto menggunakan GPU. Hal ini membuat persediaan GPU di pasaran menipis akibat diborong oleh para penambang cryptocurrencyNamun, para penambang di Ukraina menggunakan ‘alat tambang’ yang anti-mainstream.

Pada tanggal 8 Juli, Lembaga Keamanan Ukraina atau Secret Service of Ukraine (SSU) melaporkan bahwa penegak hukum Ukraina telah menutup satu tempat penambangan mata uang crypto illegal. Para penambang mendirikan kemah di sebuah gudang tua dan secara diam-diam mencuri jaringan listrik kota untuk menambang mata uang crypto. Menariknya, penegak hukum Ukraina menemukan ribuan unit PlayStation 4 serta ratusan CPU dan GPU.

Image Credit: Security Service of Ukraine (SSU)

Penegak hukum Ukraina menyita hampir 5,000 barang-barang di gudang tua tersebut, meliputi satu draft dokumentasi akunting konsumsi listrik, beberapa laptop, ponsel, dan flash drive, serta lebih dari 50 unit CPU, 500 unit GPU, dan yang paling mengejutkan adalah 3,800 unit konsol PlayStation 4. Mining crypto menggunakan CPU dan GPU merupakan hal yang normal tetapi, PS4?

Tentu saja, konsol-konsol gaming seperti PlayStation 4 atau Xbox One jarang sekali dijadikan alat tambang mata uang digital. Hal ini dikarenakan sejauh ini, penambangan di PS4 atau konsol lainnya tidak pernah dikonfirmasi dan didokumentasikan berfungsi. Tetapi, menurut Tom’s Hardware, bahkan GameBoy dapat dimodifikasi untuk menambang mata uang crypto. Artinya, dengan penelitian lebih lanjut, PlayStation maupun konsol gaming lain harusnya dapat digunakan untuk menambang.

Image Credit: Sony

Konsol gaming besutan Sony, PlayStation 4, memiliki memori video (VRAM) berjumlah 8GB GDDR5 dengan clock speed 5,5Gbps. Dengan interface memori 256-bit, PS4 mencatat angka hingga 176 GBps untuk bandwidth memori. Di sisi lain, varian Pro dari PS4 memiliki beberapa peningkatan performa. Seperti clock speed dari memory-nya mencatat angka 6,8Gbps serta memory bandwidth hingga 217.6GBps.

Sebagai perbandingan, salah satu GPU terbaik untuk mining, AMD Radeon RX 580 memiliki memory bandwidth berjumlah 256 GBps. Artinya, performa PS4 Pro hampir menyaingi Radeon RX 580 untuk mining Ethereum.

Menambang mata uang digital dapat dilakukan menggunakan berbagai perangkat, seperti GPU, CPU, HDD, bahkan PS4. Namun jika berbicara tentang efisiensi, PS4 kalah jauh dibandingkan GPU dalam hal menambang. Tetapi, para penambang di Ukraina tersebut mencuri listrik kota, jadi mungkin saja mereka tidak memikirkan soal efisiensi.

Di sisi lain, negara Tiongkok telah melarang mata uang crypto. Pelarangan ini menyebabkan harga GPU di sana turun jauh dari awalnya. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang ini di sini.

Apakah mungkin para penambang mata uang digital dari Ukraina ini menggunakan PS4 karena persediaan GPU sedang terbatas?

Update: Ternyata, menurut hasil investigasi dari kantor berita setempat di sana, sejumlah PS4 yang ada di lokasi tadi bukan digunakan untuk menambang crypto namun untuk farming koin FUT (FIFA Ultimate Team) untuk dijual lagi.

Buat yang tidak familiar, koin FUT adalah mata uang di dalam game FIFA, khususnya mode FUT, yang dapat Anda gunakan untuk membeli pemain dan membangun tim impian. Koin FUT tidak hanya bisa didapatkan dengan bermain melawan pemain lain namun juga dengan bermain melawan AI (computer).

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV