Dark
Light

Microsoft Umumkan Sederet Inovasi AI dalam Ekosistem Mitra Bisnisnya

3 mins read
July 24, 2023

Microsoft Inspire merupakan sebuah ajang yang merayakan inovasi dan pencapaian dari mitra-mitra yang bergabung dari berbagai belahan dunia. Mereka mengeklaim memiliki ekosistem kemitraan yang sudah terdiri dari 400 ribu lebih mitra yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing memberikan kontribusi penting dalam membuat teknologi baru tersedia bagi pelanggan, khususnya di dunia yang berfokus pada AI saat ini.

Dalam acara puncak Microsoft Partner of the Year Awards 2023, sejumlah mitra diberikan penghargaan sebagai pemenang yang memiliki inovasi di tahun ini. Penghargaan ini menyoroti keberhasilan dan inovasi mitra dalam berbagai kategori, di berbagai bidang solusi, industri, transformasi bisnis, serta dampak sosial.

Tahun ini, Microsoft Inspire melanjutkan upaya Microsoft untuk menjadikan AI sebagai alat transformatif bagi para pelanggan dan mitra mereka. Mereka ingin membagikan lebih banyak solusi bertenaga AI dan menunjukkan bagaimana mitra Microsoft dapat menerapkan inovasi AI ini di seluruh organisasi mereka dalam berbagai cara, mulai dari perluasan keterampilan AI hingga produk dan layanan baru yang mendorong kesuksesan pelanggan.

Berikut ini pengumuman utama mereka:

Memperkenalkan Bing Chat Enterprise

Microsoft baru saja mengeluarkan Bing versi terbaru yang telah dilengkapi dengan AI pada bulan Februari lalu. Meski banyak pelanggan korporat yang tertarik untuk memberdayakan organisasi mereka dengan tools baru AI, namun banyak juga yang khawatir data perusahaan mereka tidak terlindungi.

Untuk itu, Microsoft mengumumkan Bing Chat Enterprise yang mampu memberikan organisasi suatu chatbot bertenaga AI untuk bekerja dengan perlindungan data komersial. Apa yang masuk dan keluar akan tetap terlindungi, memberikan pelanggan akses untuk memperoleh jawaban yang lebih baik, mendapatkan efisiensi yang lebih besar, dan mengeksplor cara-cara baru untuk menjadi kreatif.

Bing Chat Enterprise akan mulai diluncurkan dalam versi pratinjau untuk organisasi berlisensi Microsoft 365 E5, E3, Business Premium, dan Business Standard tanpa biaya tambahan. Nantinya, Microsoft juga akan membuat Bing Chat Enterprise tersedia sebagai model subscription yang berdiri sendiri dengan harga $5 per pengguna, per bulannya.

Mengumumkan Harga Microsoft 365 Copilot

Microsoft 365 Copilot merupakan software Microsoft 365 yang sudah dilengkapi dengan AI. Software tersebut akan membantu pekerjaan Anda dan menghadirkan ribuan keterampilan sesuai dengan yang diperintahkan.

Dengan mendasarkan jawaban pada data bisnis Anda seperti dokumen, email, kalender, chat, rapat, dan kontak; aplikasi ini akan menggabungkannya ke dalam konteks kerja Anda, seperti rapat yang Anda ikuti sekarang, email yang Anda tulis tentang suatu topik, atau chat yang Anda lakukan minggu lalu. Copilot akan memberikan respons yang lebih kaya, lebih relevan, dan lebih dapat ditindaklanjuti. Copilot sudah terintegrasi di aplikasi Office lain seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan masih banyak lagi.

Microsoft 365 Copilot

Layanan ini akan tersedia seharga $30 per pengguna per bulan untuk pelanggan Microsoft 365 E3, E5, Business Standard, dan Business Premium.

Memberdayakan Penjual dan Customer Service dengan AI

Penjual atau seller harus memiliki sebanyak mungkin opsi di kotak peralatan kerja mereka. Oleh karena itu, Microsoft menambahkan lebih banyak fungsi ke Microsoft Sales Copilot, langsung di dalam Dynamics 365 Sales, termasuk ringkasan peluang, draf email kontekstual, dan persiapan rapat, yang semuanya dihasilkan oleh AI.

Kemampuan ini akan membantu memberdayakan para penjual untuk meningkatkan produktivitas dan menyepakati lebih banyak deal melalui otomatisasi tugas Customer Relationship Management (CRM) serta rekomendasi untuk mempersonalisasi interaksi pelanggan dalam skala besar.

Di Microsoft Inspire, Microsoft menyoroti bagaimana pelanggan memberdayakan departemen customer service mereka dengan chatbot khusus yang dibuat menggunakan Copilot di Power Virtual Agents. Dalam hitungan menit, pebisnis dapat melatih chatbot menggunakan bahasa sehari-hari untuk mereferensikan sumber pengetahuan internal dan eksternal, aplikasi layanan pelanggan, dan data web melalui Bing Search.

Process Mining di Power Automate

Organisasi sering mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi hambatan dalam alur kerja mereka beserta solusinya. Untuk mengatasi hal ini, Microsoft mengumumkan ketersediaan fitur AI generasi berikutnya dalam Power Automate Process Mining.

Aplikasi ini akan memberi pelanggan informasi untuk mengoptimalkan proses yang ada, dan mendorong efisiensi melalui otomatisasi low-code. Dengan Process Mining, pengguna dapat memahami apa yang terjadi di seluruh bisnis mereka menggunakan AI yang mampu menghasilkan insight, memberikan saran aplikasi dan otomatisasi, serta menggunakan Power Platform untuk membangun solusi yang mereka butuhkan dengan cepat

Perluasan Ketersediaan Azure OpenAI

Azure OpenAI Service tercatat sudah memiliki lebih dari 4.500 pelanggan. Layanan penyedia API tersebut sering dimanfaatkan untuk membangun chatbot menggunakan data organisasi, serta meringkas teks dan menghasilkan konten. Menyaksikan antusiasme pengguna yang tinggi, Microsoft berencana untuk memperluas akses ke Azure OpenAI Service di Amerika Utara dan Eropa Barat, sekaligus membuatnya tersedia bagi Asia untuk pertama kalinya.

Kemampuan dan Investasi Baru Azure

Microsoft juga mengumumkan investasi besar mereka untuk meningkatkan skala dan ketersediaan Azure Migrate & Modernize, serta meluncurkan Azure Innovate, yakni investasi baru khusus yang dibuat sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan analitik dan AI.

Penawaran baru ini telah memperluas cakupan skenario dan menawarkan insentif serta dukungan yang lebih kaya untuk semuanya. Mulai dari migrasi yang cepat dan lancar, hingga membangun aplikasi baru yang didukung AI.

Ekspansi Kolaborasi Strategis dengan Epic

Epic merupakan sebuah perusahaan piranti lunak kesehatan terkemuka yang telah berkolaborasi dengan Microsoft. Melalui Epic, Microsoft menggunakan kekuatan AI untuk membantu dokter menghabiskan lebih sedikit waktu pada fungsi administratif, dan lebih banyak waktu untuk memberikan perawatan berkualitas.

Epic telah mengintegrasikan Azure OpenAI Service ke dalam piranti lunak catatan kesehatan elektronik mereka (electronic health record/EHR) untuk memberikan beberapa solusi. Mulai dari membantu dokter mengeksplorasi data klinis dengan format percakapan dan intuitif, hingga membantu mereka membalas pesan pasien secara lebih efisien.

Dengan Nuance DAX Express, Microsoft juga menyematkan kemampuan dokumentasi klinis bertenaga AI, langsung ke alur kerja Epic untuk membantu provider mengurangi beban kerja administratif yang menyebabkan kelelahan, memperluas akses ke perawatan pasien, dan meningkatkan hasil perawatan kesehatan.

Selain itu, pelanggan Epic sekarang sudah menggunakan Azure Large Instances untuk mencapai skala yang diperlukan dalam menjalankan database EHR besar Epic – hingga 50 juta akses database per detik. Hal ini memungkinkan pelanggan Epic untuk meningkatkan skala mereka dan melampaui batasan solusi infrastruktur cloud publik bersama yang ada sebelumnya.

Daniel Hamiaz

Mulai menulis di tahun 2021. Seorang antusias dalam bidang e-sports dan industri game secara umum. Penggemar Single-Player Game.

Dragon Nest 2: Evolution Indonesia
Previous Story

Pertahankan Gameplay Khas, Dragon Nest 2: Evolution Resmi Rilis di Indonesia

Spesifikasi OPPO A58
Next Story

OPPO A58 Siap Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Latest from Blog

Don't Miss

Hero Counter Kimmy Mobile Legends

4 Hero Counter Kimmy Mobile Legends yang Cocok di Ranked Match

Kimmy di game Mobile Legends: Bang Bang menjadi salah satu
Penjualan PlayStation 5 tembus 40 juta unit

Penjualan PlayStation 5 Tembus 40 Juta Unit di Seluruh Dunia

PlayStation 5, konsol game milik Sony Interactive Entertainment, baru saja menembus