Dark
Light

Penjualan PlayStation 5 Tembus 40 Juta Unit di Seluruh Dunia

1 min read
July 31, 2023
Penjualan PlayStation 5 tembus 40 juta unit

PlayStation 5, konsol game milik Sony Interactive Entertainment, baru saja menembus rekor baru dengan angka penjualan yang melampaui 40 juta unit. Laporan tersebut dirilis langsung oleh Sony dan merupakan akumulasi dari penjualan PS5 di seluruh dunia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, penjualan PlayStation 5 memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan penjualan konsol lain. Saat awal diluncurkan, PlayStation 5 menjadi konsol dengan penjualan 10 juta unit tercepat sepanjang sejarah. Namun setelah itu, Sony harus menghadapi suatu masa ketika terjadi kelangkaan komponen yang membuat stok konsol PlayStation 5 terganggu. Ada juga keputusan Sony yang menaikan harga satuan PlayStation 5 di sejumlah negara.

Jika dibandingkan dengan penjualan konsol mereka sebelumnya, yakni PlayStation 4, milestone 40 juta dari PlayStation 5 ini sebenarnya merupakan penurunan. Dikutip dari Ampere Analysis, PlayStation 5 mencapai rekor penjualan 40 juta dua bulan lebih lambat dibandingkan dengan rekor 40 juta unit milik PlayStation 4.

Ampere Analysis awalnya memperkirakan bahwa penjualan PS5 akan terlambat sekitar 6 bulan. Namun karena penjualan di awal tahun 2023 yang naik secara signifikan sekitar 30% lebih baik, rekor angka penjualan PS5 semakin mengejar rekor PS4. Akselerasi tersebut juga menutup kesulitan mereka dalam penjualan unit dalam dua tahun terakhir.

“Kami merilis PlayStation 5 pada November 2020 dan saat itu dunia sedang berada dalam kondisi yang aneh dan berbeda dibandingkan ketika konsol ini diumumkan di tahun 2019. Terlepas dari tantangan COVID yang belum pernah terjadi sebelumnya, tim dan mitra kami bekerja keras untuk mengantarkan PS5 tepat waktu,” kata President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan.

“Kami juga terus menerjang angin keras saat pandemi dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menjaga stok dan untuk memenuhi permintaan. Kami terus berterima kasih kepada komunitas atas kesabaran mereka sembari kami menyelesaikan masalah yang ada selama berbulan-bulan. Dan sekarang, pasokan PS5 sudah aman dan akhirnya kita bisa melihat permintaan yang tertahan akhirnya bisa terpenuhi,” lanjutnya.

Sony mengeklaim bahwa sejak PlayStation 5 dirilis, konsol ini memiliki katalog yang berisikan lebih dari 2.500 game, mulai dari game AAA hingga game-game indie, termasuk judul-judul besar yang rilis dalam dua bulan terakhir seperti Final Fantasy XVI, Diablo IV, dan Street Fighter 6.

Sony juga menyematkan 40 game favorit yang dikumpulkan oleh komunitas melalui voting di blog mereka.

Sony juga menyebutkan dalam kurun waktu dua setengah tahun, mereka juga telah merilis berbagai aksesoris menarik untuk PlayStation 5, yang memberikan fungsionalitas hingga desain khusus dengan tema dan warna yang unik. Berikut ini 7 aksesoris PlayStation 5 paling laris yang wajib Anda miliki.

Sumber header: Sony

Samsung Galaxy Tab S9 Series
Previous Story

Samsung Umumkan Galaxy Tab S9, Siap Ciptakan Standar Baru

Hero Counter Kimmy Mobile Legends
Next Story

4 Hero Counter Kimmy Mobile Legends yang Cocok di Ranked Match

Latest from Blog

Don't Miss

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony belum lama ini mengumumkan peluncuran tiga mikrofon nirkabel baru:

Sony Meluncurkan 2 Kamera Baru dari Lini Alpha 7C, yaitu 7C II dan 7CR

Sony Indonesia kembali mengumumkan peluncuran dua produk kamera terbaru mereka