23 March 2023

by Sean Edbert

Microsoft Hadirkan Kemampuan Menggambar pada AI Chatbot Bing

Jadi lebih canggih dari ChatGPT, Microsoft juga menyematkan Image Creator ke Bing Chat

Menyusul hype dari ChatGPT, perkembangan teknologi AI chatbot akhir-akhir ini semakin tak terkontrol. Beberapa perusahaan besar di bidang teknologi bahkan tak mau ketinggalan untuk membuat chatbot mereka sendiri, termasuk Microsoft.

AI chatbot dari Microsoft, Bing, memang sudah rilis sejak bulan Februari lalu sebagai jawaban mereka atas Google Bard dan ChatGPT. Namun, kini mereka menambahkan sebuah fitur yang belum dimiliki oleh para kompetitornya, yaitu Bing Image Creation.

Image Credit: Microsoft

Bing Image Creation merupakan sebuah AI text-to-image yang dapat menggambarkan apapun sesuai dengan perintah Anda. "Bing Image Creation memungkinkan Anda membuat gambar hanya dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri untuk mendeskripsikan gambar yang ingin Anda lihat," seperti dikutip langsung dari blog resmi Microsoft.

Menariknya, kemampuan menggambar milik AI chatbot Bing ini ditenagai oleh versi terbaru dari DALL∙E besutan OpenAI. Bagi yang belum tahu, DALL∙E merupakan salah satu AI text-to-image pertama yang rilis pada Januari 2021 lalu.

Bagi Anda yang sudah memiliki akun di Bing Preview, teknologi Image Creator ini akan sepenuhnya terintegrasi ke Bing Chat dan dapat diakses menggunakan Creative Mode. Dengan mengetikkan deskripsi gambar, memberikan detail tambahan seperti lokasi atau aktivitas, serta memilih gaya seni, Bing Image Creator akan membuat gambar sepenuhnya dari imajinasi Anda.

Image Credit: Microsoft

Bing Image Creator Preview juga akan tersedia di Microsoft Edge, menjadikannya web browser pertama dan satu-satunya yang memiliki built-in image generator yang ditenagai AI. Untuk menggunakan Bing Image Creator di Edge, Anda tinggal memilih ikon Image Creator yang berlokasi di sidebar atau aktifkan Bing Chat.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, Bing Image Creator yang terintegrasi ke Bing Chat sudah mulai dirilis oleh Microsoft untuk pengguna Bing Preview. Namun, bagi yang belum mendaftar di Bing Preview, Anda dapat mencobanya secara terpisah di website mereka.

Oh iya, berbeda dengan ChatGPT, AI buatan Microsoft ini hanya dapat 'berbicara' dalam bahasa Inggris. Namun, Microsoft mengatakan bahwa ke depannya mereka akan "menambahkan lebih banyak dukungan bahasa dari waktu ke waktu."

Selain Microsoft dan OpenAI, ternyata Google juga tidak mau ketinggalan dengan tren chatbot AI ini. Belum lama ini, mereka mengumumkan chatbot mereka sendiri bernama Bard. Hmm... Unik juga namanya.