11 February 2023

by Galih

Microsoft Sematkan AI ChatGPT ke dalam Edge dan Bing

Melakukan pencarian melalui Bing akan lebih mudah

Belum lama ini, Microsoft baru saja mengumumkan perpanjangan kemitraannya dengan developer ChatGPT dan DALL-E, OpenAI.

Tidak berselang lama, raksasa teknologi komputer tersebut mengumumkan diimplementasikannya AI dari ChatGPT ke dalam browser mereka, Edge dan juga mesin pencarian Bing.

Melalui pengumuman resmi di web-nya, Microsoft menyebut kehadiran AI ChatGPT ini ke depannya akan bertindak sebagai kopilot bagi para penggunanya di web.

"AI pada dasarnya akan mengubah setiap kategori perangkat lunak, dimulai dengan kategori terbesar dari semuanya yaitu pencarian," ungkap Satya Nadella, Chairman dan CEO Microsoft.

Image credit: Microsoft

Nadella menyebut bahwa implementasi AI ke dalam Bing dan Edge ini nantinya akan dapat membantu orang-orang untuk mendapat lebih banyak dari pencairan dan juga web.

Microsoft menyebut bahwa ada 10 miliar pencarian setiap harinya, dan mereka mengestimasi bahwa separuhnya tidak mampu terjawab. Alasannya, mesin pencarian yang ada lebih efektif untuk mencari website.

Maka dari itu Microsoft berharap kehadiran AI di dalam Edge dan Bing nantinya dapat membantu para pengguna yang memiliki pertanyaan dan perintah yang lebih kompleks dan rumit.

Bila diimplementasikan dengan benar, maka popularitas Bing mungkin akan mengejar Google. Mengingat selama ini hasil pencarian yang dihasilkan Bing masih kalah akurat dengan yang disediakan oleh rivalnya.

Nantinya, Microsoft Bing juga akan memilik Tab khusus yang bertuliskan "CHAT". Di sana pengguna akan dapat menanyakan pertanyakan atau memberikan perintah layaknya menggunakan ChatGPT.

Di presentasi lainnya, Microsoft juga memperlihatkan bahwa browser Edge nantinya akan memiliki kolom khusus di sisi kanan yang dapat memberikan berbagai macam bantuan dari AI yang mereka miliki.

Mulai dari Chat seperti pada Bing hingga membuat surel, status media sosial, hingga konten artikel. Bahkan Microsoft secara detail menjelaskan bahwa Bing akan selalu memberikan sumber dari hasil yang mereka berikan.

Meskipun menggunakan teknologi yang serupa dengan ChatGPT. NAmun ternyata model AI yang diimplementasikan pada Edge dan Bing ini lebih powerful dan telah diatur khusus untuk fungsi pencarian.

Namun sayangnya, kehadirannya ini masih sebatas preview. Sehingga tidak semua pengguna akan mendapat akses pada fitur baru. Namun para pengguna dapat mendaftar untuk nantinya dapat menjajal fitur AI di dalam Bing ini terlebih dahulu.