Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

META Hearthstone Wailing Caverns: 10 Class Terbaik

1 July 2021Kevin Fernando

Mini ekspansi Wailing Caverns memberikan dampak perubahan yang besar untuk meta game Hearthstone.

Beberapa pekan lalu, Hearthstone mendapatkan mini-set terbaru yang merupakan bagian dari ekspansi utama Forged in the Barrens. Mini-set Wailing Caverns memberikan tambahan 35 varian kartu baru dengan total keseluruhan 66 kartu di dalam satu bundle pack. 

Berbeda dengan mini-set sebelumnya, Wailing Caverns memberikan dampak yang signifikan untuk perubahan META. Hal ini terbukti dengan Shaman yang sebelumnya jadi class terburuk langsung melejit ketika Wailing Caverns dirilis. Priest secara mengejutkan menjadi class terkuat dan fleksibel yang dapat mengalahkan deck apa saja. Lalu beberapa class mengalami penurunan seperti Paladin, Mage, dan Warlock.

Image Credit: Hearthstone Forged in the Barrens

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas performa kesepuluh class di meta Wailing Caverns beserta decklist terbaik dari masing-masing class.

Sumber bahasan terinspirasi dari Vicious Syndicate.

Demon Hunter

Wailing Caverns memberikan kesempatan untuk Demon Hunter bisa bangkit kembali sebagai salah satu class terbaik. Deathrattle Demon Hunter mendapatkan beberapa kartu pendukung baru yang memperkuat dan melengkapi kekurangan dari deck ini.

Build terkini dari Deathrattle Demon Hunter adalah menggunakan Felsteel Executioner untuk memberikan damage besar ke lawan. Selain melawan deck control, kartu ini tidak terlalu efektif karena tidak bersinergi dengan efek deathrattle. Balik ke matchup Anda, kalau menemukan banyak lawan menggunakan deck control Anda bisa menggunakan Felsteel. Apabila banyak deck tempo dan aggro seperti Shaman dan Hunter, Anda dapat mengganti Felsteel dengan kartu legendary, Vectus dan Mankrik.

Deathrattle Demon Hunter (Code Deck): AAECAea5AwbrvgOH1APj1AOb2AO/7QOoigQM2cYDyd0D194D8+MDmOoDu+0DvO0D/e0DqO8Dr+8DgIUE7KAEAA==

Lifesteal/OTK Demon Hunter (Code Deck): AAECAea5AwTL3QPQ3QPUnwSXoAQN4L4D6b4D2cYD1tEDztID3dMDx90D2d4D8+MDlegDg58Etp8E7KAEAA==

Druid

Druid masih bertumpu pada Token Druid sebagai deck utamanya. Wailing Caverns tidak memberikan amunisi baru bagi Token Druid, namun deck ini tetap sama kuatnya.

Kebangkitan Priest di META Wailing Caverns juga tidak mempengaruhi Token Druid. Deck ini dapat dengan cepat menghancurkan lawan dengan pilihan buff yang tersedia dan kemampuan swarming minion terbaik. Vicious Syndicate menyarankan untuk mengganti Soul of the Forest dengan kartu 1-mana cost Guidance. Kartu ini dapat digunakan sebagai opsi kartu searcher selain Nature Studies

Token Druid (Code Deck): AAECAZICAA/lugPvugP5zAObzgO50gPw1AOJ4AOK4APR4QOK5AOM5AOt7AOz7AOunwTZnwQA

Clown Druid (Code Deck): AAECAZICApXkA/voAw7ougOVzQObzgO60AO80AOT0QPe0QPw1AP+2wOk4QPm4QPe7AOJnwSunwQA

Image Credit: Arbor Up by Vladimir Kafanov

Hunter

Posisi Face Hunter di meta Wailing Caverns tetap tidak berubah. Deck ini tetap kuat dan konsisten. Seiring bangkitnya Priest, deck ini menjadi kalah saing di tingkat ranked Legend. Tetapi tingkat Diamond deck ini masih kuat dan menjadi andalan untuk push ranked ke Legend. Sejauh ini Hunter belum bisa menemukan varian deck lain selain Face Hunter di meta Wailing Caverns.

Face Hunter (Code Deck): AAECAR8E4c4Dj+MD5e8D5/ADDaK5A9zMA6LOA4LQA7nSA4biA8rjA9zqA5/sA/DsA9vtA6mfBLugBAA=

Mage

Salah satu alasan Spell Mage masih ada saat ini karena deck ini adalah counter paling efektif melawan Control Priest. Selebihnya melawan deck aggro atau tempo, Spell Mage cukup kesulitan. Bersama Warlock, Mage saat ini harus puas berada di posisi dasar meta.

Spell Mage (Code Deck): AAECAf0EAA/BuAOMuQOBvwPgzAPHzgPNzgOU0QP30QP73QPr3gPQ7APR7AP8ngT9ngTCoAQA

Paladin

Paladin mendapatkan nerf pada saat perilisan Wailing Caverns.Semenjak itu, kekuatan Paladin perlahan jatuh dan kehilangan konsistensi di awal maupun akhir permainan. Vicious Syndicate memprediksi masa kejayaan Paladin belum berakhir karena kebangkitan Libram Paladin yang ternyata memiliki winrate positif. Bagi Anda fans Paladin jangan berkecil hati, karena Paladin tidak sepenuhnya menjadi class mati di META Wailing Caverns.

Libram Paladin (Code Deck): AAECAZ8FBoTBA5XNA/voA5HsA8jvA6iKBAz9uAPquQPruQPsuQPKwQOD3gP94wOW6APM6wPO6wPP6wPb7gMA

Secret Paladin (Code Deck): AAECAZ8FBvy4A+K+A5vYA/neA/zoA7CKBAzKwQOVzQOezQOD3gOF3gON4QPM6wPO6wPP6wPj6wPb7gPJoAQA

Image Credit: Apexis Blast by Tim Shevtsov

Priest

Dari atas saya selalu menyebutkan nama Priest, sebenarnya ada apa dengan Priest? Control Priest bisa dikatakan sebagai deck terkuat saat ini. Pola penyebaran deck ini sebenarnya tidak merata. Dilansir dari Vicious Syndicate, rata-rata pengguna Control Priest adalah pemain top Legend 1000. Sedangkan di tingkat Legend di atas 1000 dan Diamond, pemain cenderung bermain deck aggro atau tempo.

Apakah Priest kuat? Ya. Deck ini memiliki banyak kartu removal, kemampuan healing yang fleksibel, dan kemampuan generate card yang tidak ada habisnya. Kehebatan lainnya dari deck ini adalah membuat lawan menyerah dalam 1 turn!

Control Priest saat ini terdapat dua versi. Menggunakan C’thun sebagai win condition di late game dan versi Cabal Acolyte untuk mencuri minion lawan. Saat ini pemain sudah mulai meninggalkan Mindrender Illucia karena seringkali menjadi kartu mati di tangan. Penggantinya saat ini adalah The Nameless One untuk mencuri efek minion lawan.

C’thun Control Priest (Code Deck): AAECAa0GCMi+A5vYA5jeA7/gA/voA9TtA6bvA8jvAwuTugOvugPezAPXzgP+0QPi3gP44wOW6AOa6wOe6wOU7wMA

Yoink Control Priest (Code Deck): AAECAa0GBsi+A5vYA/voA9TtA/PuA6bvAwyTugOvugPezAPLzQPXzgPj0QP+0QPi3gP44wOW6AOa6wOU7wMA

Rogue

Miracle Rogue dan Secret Rogue merupakan deck yang membutuhkan keahlian dan penguasaan yang matang. Sehingga, di tingkat Diamond pemain jarang menggunakannya. Kalau dilihat dari segi kompetitif, Rogue adalah class andalan untuk mengalahkan deck lainnya. Sejauh ini tidak ada perubahan besar dari Rogue di meta Wailing Caverns

Miracle Rogue (Code Deck): AAECAaIHBtnRA8PhA5fnA/zoA+fwA7CKBAzevgOqywPHzgOk0QOL1QPf3QPn3QPz3QOo6wOq6wOr6wP2nwQA

Secret Rogue (Code Deck): AAECAaIHBvvEA9nRA8PhA/zoA+fwA7CKBAzMuQPOuQPQuQO5vgOqywOk0QPn3QPz3QOC5AOq6wOr6wP2nwQA

Image Credit: Soul Mirror by Zoltan Boros

Shaman

Class yang paling diuntungkan di meta Wailing Caverns adalah Shaman. Setelah gagal di meta Barrens, Shaman secara mengejutkan berhasil menjadi salah satu class terbaik. Elemental Shaman menjadi deck dengan tingkat kemenangan terbaik dan efektif mengalahkan Control Priest yang saat ini juga bangkit. Elemental Shaman saat ini terbagi menjadi  dua versi menggunakan kartu senjata Whack-a-Gnoll dan Doomhammer Shaman.

Elemental Shaman (Whack) (Code Deck): AAECAaoIApzOA67eAw7buAOn3gOq3gOr3gOM4QPg7APh7AOt7gOv7gPj7gOU8AOMnwT5nwTjoAQA

Elemental Shaman (Doomhammer) (Code Deck): AAECAaoIApzOA67eAw7hzAOn3gOo3gOq3gOM4QPg7APh7AOt7gOv7gPj7gOU8AONnwT+nwTjoAQA

Warlock

Warlock, baik di meta Barrens atau Wailing Caverns, harus puas berada di posisi bawah. Deck ini cukup kesulitan melawan deck meta saat ini. Saya sendiri sebenarnya agak heran dengan deck ini. Memiliki segudang kartu removal dan heal tetapi tetap tidak bisa mengangkat deck ini. Lawan mudah untuk Warlock yang sejauh ini Saya rasakan adalah melawan deck control seperti Priest.

Control Warlock (Code Deck): AAECAf0GCM/SA/zeA87hA/LtA6bvA6iKBLCKBIWgBAusywPM0gPN0gPG3gPm4QP14wP44wOS5AOCoASDoATnoAQA

Image Credit: Serpentshrine Portal by Gustav Schmidt

Warrior

Vicious Syndicate menempatkan Rush Warrior sebagai deck tier 1 di semua tingkatan ranked saat ini. Deck ini fleksibel dan mampu mengalahkan deck top tier seperti Shaman, Hunter, bahkan Priest. Kemampuan rush dari deck ini mampu menyapu bersih minion lawan sekaligus memberikan ancaman.

Rush Warrior (Code Deck): AAECAQcIwN4DxN4Dzt4D++gDle0DyO8DqooEsIoEC7u5A7y5A+LMA93NA6fOA7PeA7XeA7reA8HeA5HkA5jtAwA=


Memasuki bulan Juli ada kemungkinan developer Hearthstone akan mengeluarkan balance updates terakhir sebelum memasuki ekspansi baru di bulan Agustus. Akhir kata, semoga berhasil mencapai rank tertinggi di META kali ini.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV