Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Memulai Virtual Racing Bagian 3: Gamepads dan Gaming Wheels

21 June 2021Wiku Baskoro

Ini adalagh bagian ketiga dari panduan balapan virtual untuk pemula

Di bagian lain tulisan tentang memulai balapan virtual bagi pemula sebelumnya, kita sudah membahas tentang bagaimana caranya memilih sistem game yang ingin digunakan untuk balapan, apakah itu PC atau konsol. Nah sekarang, setidaknya Anda telah mempunyai pilihan sistem yang akan digunakan untuk bermain. Langkah selanjutnya adalah, nyalakan perangkat dan mulai bermain,

Ketika semakin sering bermain, Anda akan sampai pada titik bahwa Anda ingin lebih mahir menyetir dalam balapan. Kendala dalam menyetir mobil dalam game racing bisa terjadi karena beberapa hal, mungkin Anda merasa kurang maksimal mendapatkan waktu terbaik di lintasan atau bisa juga mengalami kendala dalam mendapatkan poin di mode balapan khusus. Dalam kondisi ini, Anda berpikir untuk melakukan upgrade alat kontrol mobil Anda agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Nah, pada bagian artikel ketiga ini, kita akan membahas tentang gamepads atau gaming wheels yang bisa Anda pilih untuk memainkan virtual racing.

Gamepads

(L-R) Logitech F310, Logitech F710

Gamepads, joysticks, controllers, atau apapun namanya adalah perangkat paling sering digunakan sebagai perangkat input/kontrol dalam game video. Gamepads terkini biasanya hadir dengan dua stik analog untuk mengemudi yang ada di bagian depan serta di bagian belakang terletak analog triggers untuk mengatur pandangan kamera. Di game balapan saat ini, trigger yang ada di kontroler biasanya digunakan untuk mengerem (bagian kiri) dan akselerasi (bagian kanan). Hal ini memungkinkan pemain untuk menancap gas atau mengerem secara progresif. Hal ini berbeda dengan kontroler pada awal-awal kehadiran perangkat konsol.

Perangkat konsol biasanya sudah memiliki gamepads bawaan dalam paket pembelian. Namun untuk perangkat PC, kontroler biasanya harus dibeli terpisah. Kecuali Anda membeli paket promo khusus. Dengan kondisi ini, biasanya sebagai awal, pemain game balap akan menggunakan keyboard sebagai alat mengemudi mereka.

Game balapan dengan gaya arcade bisa dimainkan secara seru dengan keyboard, tetapi untuk permainan simulasi balap yang memiliki level lebih tinggi akan membutuhkan kontrol mengemudi yang lebih presisi, agar mobil bisa bergerak dengan mulus di lintasan balap. Karena input dari keyboard adalah digital bukan analog, maka ketika Anda memencet tombol kemudi dengan keyboard, maka akan memberikan input 100% – kecuali Anda mengatur speed sensitivity dalam game. Melepaskan kemudi ketika bermain dengan keyboard juga akan mengembalikan kemudi ke tengah secara langsung atau secara lambat – tergantung game-nya. Efek dari kemudi dengan keyboard juga akan sama untuk akselerasi gas serta rem.

Dengan menggunakan gamepad akan memungkinkan kontrol yang lebih progresif atas input di game balap, ini memungkinkan kontrol kemudi saat balapan yang lebih mulus. Kontrol kemudi yang lebih mulus berarti pembalap bisa mendapatkan lap yang lebih cepat dan pemakaian ban yang lebih hemat. Sebagai bonus, beberapa game juga memiliki fitur vibrasi yang menjadi indikasi bahwa mobil yang dikemudikan menyentuh batas grip-nya.

Untuk game balapan yang hadir di konsol, telah dikembangkan dengan mindset kemudi oleh kontroler. Jadi hampir tidak ada pengaturan yang diperlukan untuk memainkannya. Namun untuk PC, pengguna mungkin akan butuh untuk melakukan pengaturan perihal Speed Sensitivity untuk mengatur sudut input kemudi pada kecepatan tinggi (kurang lebih 50-60% Speed Sensitivity akan cukup untuk memberikan efek serupa konsol). Beberapa game balap yang tersedia di PC akan secara otomatis mendeteksi gamepad yang terpasang, ini memungkinkan pengalaman yang lebih mudah (plug and play) ketika bermain.

Beberapa kontroler yang murah namun berkualitas baik untuk PC antara lain Logitech F310 (wired) dan F710 (wireless). Dua kontroler ini juga telah didukung cukup banyak judul game balapan di PC sehingga hanya membutuhkan sedikit bahkan tidak ada dari sisi pengaturan.

Pengguna konsol yang ingin mencoba game balap di PC juga bisa menggunakan kontroler konsol mereka untuk bermain, dengan mengkoneksikannya ke PC lewat receivers yang tepat, drivers atau kabel. Bagi pengguna Playstation, mereka harus melakukan pengaturan terlebih dahulu untuk bisa menggunakan gamepad PS di PC, sedangkan untuk pengguna Xbox 360, Xbox One dan Xbox Series X/S, bisa dengan mudah mengkoneksikan kontroler mereka ke PC berbasis Windows karena Microsoft memberikan dukungan native untuk kontroler Xbox.

Gaming Wheels

(L-R) Logitech G29, Logitech G923

Layaknya mobil betulan, tentu saja untuk mendapatkan pengalaman mengemudi yang terbaik, rekomendasi paling pas adalah menggunakan gaming wheels. Alat input ini memungkinkan pemain mendapatkan kontrol yang presisi dan respon kontrol yang baik dari mobil dalam permainan.

Dalam beberapa judul game, penggunaan gamepads tidak akan maksimal untuk melaju di tikungan tajam dalam kecepatan rendah, karena tikungan seperti ini membutuhkan input kontrol yang responsif. Dengan menggunakan gaming wheel pembalap akan bisa mendapatkan lap time yang lebih konsisten, karena lebih banyak muscle memory yang terlibat lewat tangan dan kaki pengguna yang terkoneksi dengan stir dan pedal di gaming wheel. Selain itu, gaming wheels dengan sudut rotasi yang tinggi, memungkinkan input yang luas dalam melibas semua tipe tikungan.

Namun, berbeda seperti gamepads, tidak semua gaming wheels dibuat sama untuk balapan virtual. Sering kali, perangkat yang dijual seharga $80 USD atau di bawahnya tidak memiliki ‘force feedback’ dan memiliki limitasi atas sudut rotasi. Hal ini akan berpengaruh buruk pada tikungan jaman. Selain itu, gaming wheels juga memiliki dukungan yang terbatas di berbagai judul game balap. Oleh karenanya, menjadi penting untuk mendapatkan gaming wheels yang memberikan pengalaman yang optimal.

Untuk balapan virtual (virtual racing) baik di PC atau konsol, Anda sebaiknya mempunyai perangkat dengan sudut rotasi 900 derajat serta fitur force feedback. Gaming wheel terbaru dari Logitech, Logitech G923, yang dihargai $399 USD, telah mendukung versi terbaru dari konsol ataupun PC. Perangkat ini memiliki varian yang berbeda dua ekosistem konsol, varian Xbox (One/Series X/Series S) serta vairan untuk PlayStation (PS4 and PS5), namun kedua varian ini kompatibel untuk PC.

Logitech G923 hadir dengan teknologi TRUEFORCE yang bisa memberikan vibrotactile haptic feedback serta respon yang lebih baik, serta umpan balik yang presisi. Dengan teknologi ini Anda akan bisa merasakan dan ‘mendengar’ suara mesin Anda lewat wheel base, tidak hanya itu pengguna juga bisa merasakan interaksi mobil dalam permainan dengan permukaan lintasan di game. Untuk game yang mendukung teknologi ini, salah satunya adalah Gran Turismo Sport, judul ini termasuk game awal yang mendukung teknologi TRUEFORCE.

Logitech juga memiliki produk lain untuk segmen gaming wheels selain G923. Tipe lama seperti G29 (PS3, PS4, PS5 dan PC) dan G920 (Xbox One dan PC) menyediakan kualitas force feedback yang baik meski perangkat ini tidak memiliki fitur TUREFORCE. Karena G29 merupakan model lama, harga jualnya pun lebih rendah dari G923. Memungkikan untuk mereka yang ingin bermain virtual racing menggunakan gaming wheels tapi dengan dana terbatas. Harga jualnya antara $299 and $349 tergantung penjual.

Lebih lanjut, G29/G920 memiliki dukungan yang luas untuk berbagai game di PC dengan sedikit bahkan tidak perlu ada penyesuaian sama sekali. Sampai dengan April 2021, G29 masih tersedia secara luas di toko baik online atau offline.

Mereka yang tertarik virtual racing dan memiliki budget yang cukup terbatas bisa juga membeli perangkat gaming wheels second atau bekas. Salah satu perangkat yang bisa dipilih adalah Logitech G27 yang kompatibel untuk PC dan PS3. Selain itu sebagai bonus, G27 juga hadir dengan perangkat tambahan yaitu H Shifter di paket standarnya. Harga G27 secara umum di bawah G29, namun harus diberi catatan karena harganya mungkin akan bervariasi tergantung penjual. Ini dikarenakan G27 sudah jarang dijual yang versi baru tetapi yang versi second. Sampai dengan tulisan ini dibuat, G27 masih didukung oleh berbagai game balap modern di PC. Ini menjadikan perangkat gaming wheels yang bisa jadi pilihan untuk pemula dengan budget terbatas.

Kesimpulan

Pada akhirnya, tujuan untuk menelaah perangkat kontrol di game balapan atau virtual racing adalah untuk menemukan input kontrol yang paling luas. Kita bisa menikmati belajar bermain dasar-dasar game balap dengan gamepad ataupun gaming wheels, bahkan ada juga yang bisa bermain dengan baik dengan keyboard dan mouse.

Pada akhirnya, setiap input kontrol akan menemukan titik batasnya. Salah satu yang perlu dicatat adalah, beberapa game balap dikembangkan dengan skenario bahwa tidak ada perbedaan mencolok menggunakan kontrol apapun, mau menggunakan gamepad atau gaming wheels. Salah satu contohnya adalah seri game Forza. Semuanya akan tergantung pada game apa yang dipilih serta gaya balapan pemainnya masing-masing. Di atas segalanya, yang terpenting ketika belajar adalah, bersenang-senang saat menjalaninya.


Artikel ini ditulis oleh Luis Moreno dan pertama kali dimuat di Legion of Racers. Publikasi di Hybrid.co.id telah dengan izin, dan kami bekerja sama dengan Legion of Racers untuk menghadirkan berbagai artikel terkait Sim Racing. 

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV