Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Memulai Virtual Racing Bagian 1: Pilihan Game Balap Mobil Untuk Pemula

21 April 2021Wiku Baskoro

Tips bagian pertama dari Legion of Racers untuk game balap mobil atau sim racing

Setiap orang harus memulai di suatu titik. Setiap pembalap simulator (sim racer) punya jawaban yang berbeda ketika mereka ditanya tentang pengalaman balapan pertama mereka. Beberapa ada yang kembali ke masa game berbasis DOS di tahun 90an, ada pula yang memulai balapan pertama lewat permainan arcade di game center kota masing-masing.

Dengan pertumbuhan konsol dan game berbasis PC yang semakin luas, ada banyak pilihan game balap yang bisa dimainkan. Tetapi pertanyaan umum yang muncul bagi Anda gamer casual yang ingin mencoba game racing simulation adalah: Judul game balap mobil apa yang cocok untuk pemula?

Sebelum melangkah ke pemulihan judul game, yang pertama-tama harus Anda perhatikan adalah sistem atau platform apa yang Anda punya. Permainan bergenre sim racing tersedia untuk PC maupun konsol dan sebagian besar game balap mobil yang tersedia di PC juga tersedia di konsol.

Perkembangan konsol yang menghadirkan generasi perangkat yang semakin canggih memberikan pengalaman yang semakin baik untuk game racing simulator. Tampilan yang lebih realistik, efek cuaca yang terlihat nyata, atau fitur yang berhubungan dengan berbagai peraturan terkait balapan itu sendiri. Bahkan ada juga yang secara eksklusif hanya tersedia di PS4 atau Xbox One. (Sampai tulisan ini dibuat, belum ada judul game balap yang eksklusif tersedia di PS5 atau Xbox Series X/S).

Game balap mobil terbaik untuk PC

Jika Anda memiliki PC, maka ada banyak pilihan yang bisa dicoba. iRacing dan rFactor 2 adalah beberapa nama yang bisa dipilih. Namun judul yang disebutkan tadi memang lebih ditujukan untuk pembalap mobil digital yang berpengalaman, terutama iRacing karena tidak memiliki fitur bantuan untuk mengemudi selain pergantian gigi, dan ini pun tergantung dari preferensi pembalap atau perlengkapan yang dimiliki.

Setidaknya, ada 3 judul game racing/balap mobil untuk pemula di PC yang cocok untuk para pemula, yaitu Assetto Corsa, seri Project CARS, dan RaceRoom Racing Experience.

Assetto Corsa dipuji sebagai salah satu game yang paling realistik di jajaran judul game balap mobil. Komunitas game ini juga aktif, yang menjadikan game-nya terasa luas karena ada banyak pilihan modding yang tersedia. Tetapi yang paling penting dari game ini adalah navigasi yang mudah untuk pemula. Assetto Corsa punya banyak pilihan mode balapan termasuk mode karir.

Mode karir ini memungkinkan Anda memulai balapan dengan mobil yang bertenaga rendah. Namun jika Anda sudah mahir, game ini juga memberikan pilihan bagi mereka yang ingin langsung mencoba mobil serta track favorit sebagai latihan atau langsung di mode balapan.

Assetto Corsa juga memiliki tiga fitur bantuan dalam mengemudi (individual driving assists) yang bisa dipilih oleh pengguna: Gamer, Intermediate, dan Pro. Beberapa pilihan ini memungkinkan Assetto Corsa menjadi judul game yang cukup ideal bagi pemula.

Di sisi lain, seri game Project CARS lebih cocok untuk pemain yang ingin memilih untuk menikmati pengalaman bermain langsung tanpa ribet. Project CARS 2 secara mendasar menyediakan pengalaman balapan yang cukup lengkap meliputi penggunaan bensin dan ban, fitur kerusakan mobil yang cukup, dynamic daylight serta perubahaan cuaca. Terdapat pula peningkatan sistem ‘Live Track’ yang memberikan efek jika cuaca hujan terus menerus akan mengakibatkan jalur balap ada genangan atau ketika hujan reda, garis kering di trek akan timbul.  Game ini juga memiliki fitur cuaca musiman seperti salju.

Namun, di Project CARS 3 ada beberapa elemen yang dihilangkan, seperti penggunaan ban dan bahan bakar (karena tidak ada pitstop). Seri ini memfokuskan lebih pada pengalaman balap arcade dengan handling yang disederhanakan dibanding seri sebelumnya.

Baik Assetto Corsa dan Project CARS memiliki mode karir untuk pemain pilih dan menyediakan pilihan luas untuk model mobil, mulai dari road cars sampai dengan prototipe Le Mans dan mobil Formula. Project CARS 3 juga telah mengimplementasi gaya ‘Gran Turismo’ yang memungkinkan pemain membeli mobil kelas rendah dan meningkatkannya ke level yang lebih tinggi. Berbeda dengan Project CARS 2 yang menyediakan pilihan mobil dari awal untuk dipilih dan tidak bisa di-upgrade.

Meskipun seri Project CARS tidak bisa mengalahkan Assetto Corsa dalam hal ‘physics’, tetapi judul ini adalah judul game yang paling mudah untuk pemula mainkan, bahkan dengan menggunakan gamepad sekalipun, tanpa ada pengaturan berarti di opsi control gamepad.

Pilihan game terakhir adalah RaceRoom Racing Experience. Game ini tersedia gratis di Steam. Versi gratisnya hanya memberikan 5 track dan 12 mobil balap untuk dipilih. Meski demikian Anda juga bisa mendapatkan akses gratis untuk mobil dan jalur balap premium dalam batas waktu tertentu di tantangan leaderboards. Elemen ‘physics’ dari Raceroomcukup menandingi Assetto Corsa, dan game ini juga memiliki pengaturan bantuan kemudi seperti Novice, Amateur dan Get Real.

Fitur leaderboardchallenges juga bisa membantu pemain pemula untuk belajar dalam mengikuti jalur balap, bahkan bisa juga menggunakan jalur dan data mengerem yang dipakai pemain lain (fitur ghost) untuk belajar, karena pemain bisa melihat ‘ghost’ yang tampil di layar. Game ini menjadi pilihan paling ideal untuk mereka yang ingin mencoba genre game sim racing tanpa terlebih dahulu mengeluarkan biaya, karena bisa diunduh secara gratis di platform Steam.

Judul game car racing terbaik di konsol

sim racing

Banyak judul game balap mobil di PC yang tersedia juga di PS4 dan Xbox One. Project CARS dan seri F1 yang dikembangkan Codemasters tersedia di 3 platform berbeda dan menyediakan pengalaman bermain seru bagi para fansnya. Namun, bagi para pengguna PlayStation, Gran Turismo adalah judul game yang dianggap sebagai raja game balap mobil di konsol.

Rilisan paling anyar, Gran Turismo Sport, dikembangkan di PS4 namun bisa juga dimainkan di PS5 (berkat dukungan backward compatibility). Meskipun Gran Turismo lebih menekankan pada aspek multiplayer racing alih-alih mode ‘Sport’, namun game ini juga menyediakan mode single player, yang pada misi pertamanya mengenalkan pemain tentang dasar akselerasi, rem, berbelok di tikungan dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan balapan, sebelum pemain bisa melanjutkan ke mode-mode lain.

Disamping campaign mode, game ini juga menyediakan mode Circuit Experience yang memungkinkan pemain untuk belajar berbagai jalur balap dengan mobil pilihan.

Pada pengaturan dasar, Gran Turismo Sport memiliki fitur bantuan mengemudi yang bisa dimatikan bagi pemain yang lebih berpengalaman dan para pemain kompetitif. Pengalaman mengemudi GT Sport sudah teroptimasi dengan baik untuk dimainkan menggunakan perangkat gaming wheels atau gamepad bawaan PS. Pemain tidak akan gampang lepas kontrol meski mereka melakukan gerakan cukup liar dengan mobil mereka (kecuali semua pengaturan bantuan mengemudi dimatikan).

Kondisi ini menjadikan GT adalah sebuah judul paling ideal untuk para pemula yang tertarik bermain sim racing di platform PlayStation. Sedangkan bagi mereka yang memiliki jajaran perangkat Xbox, seri game Forza Motorsports adalah flagship game balapan di platform ini. Mirip dengan seri Gran Turismo, Forza Motorsports menampilkan pilihan mobil yang sangat luas untuk bisa dikoleksi, tersedia campaign mode, serta pengaturan bantuan mengemudi standar meliputi 3 pengaturan stir berbeda: Assisted, Normal dan Simulation. Meski demikian, platform Xbox memiliki variasi yang cukup banyak untuk genre game balap bagi pemula, lewat pilihan judul seri Project Cars serta judul-judul game F1.

Itu tadi adalah beberapa pilihan game balap mobil terbaik untuk beberapa platform yang cocok bagi para pemula. Fitur bantuan mengemudi serta kemudahan navigasi adalah beberapa fitur penting bagi para pemula yang tidak memiliki latar belakang balapan mobil virtual. Namun tentu saja, yang terpenting adalah having fun sambil membiasakan diri dengan elemen-elemen fundamental dalam balapan.

Lalu bagaimana bagi mereka yang ingin mencoba game balap mobil tetapi belum memiliki komputer atau konsol? Bahasan ini akan dikupas secara lengkap di bagian kedua dari serial artikel ‘Memulai Virtual Racing’. Nantikan artikel selanjutnya.

Gambar header: Freepic.

Artikel ini pertama kali dimuat di Legion of Racers. Publikasi di Hybrid.co.id telah dengan izin, dan kami bekerja sama dengan Legion of Racers untuk menghadirkan berbagai artikel terkait Sim Racing. 

Legion of Racers

 

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV