Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Memulai Virtual Racing Bagian 2: Konsol dan Perangkat Keras untuk PC

4 May 2021Wiku Baskoro

Tips bagian kedua dari Legion of Racers untuk game balap mobil atau sim racing pemula

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas tentang judul game balapan mobile terbaik yang bisa dipilih untuk para pemula, baik untuk perangkat PC atau konsol. Pilihan game balap mobil yang ada pada artikel tersebut didasarkan pada asumsi bahwa pemain sudah memiliki setidaknya satu sistem untuk bisa bermain. Lalu bagaimana jika mereka belum memiliki perangkat PC atau konsol?

Nah, di artikel ini akan dibeberkan panduan pemula tentang bagaimana menentukan kebutuhan gaming system paket hemat alias untuk pemula yang sesuai dengan pilihan judul game yang akan dimainkan.

Konsol

Untuk mereka yang memainkan judul Gran Turismo, Playstation adalah pilihan perangkat yang paling pas untuk seri game ini. Salah satu alasannya karena game ini eksklusif hanya tersedia untuk platform milik Sony. Gran Turismo Sport dirilis pada bulan Oktober 2017 untuk PS4, namun next gen console seperti PS5 bisa memainkan game ini tanpa ada masalah.

Bagi mereka yang ingin memainkan versi terbaru, yaitu Gran Turismo 7, maka PlayStation 5 adalah perangkat pilihan jangka panjang yang pas untuk memainkan game ini. Anda bisa memiliki PS5 dengan menyiapkan dana $399 USD untuk yang versi digital dan $499 USD untuk yang versi dics. Namun karena keterbatasan stock yang menjadikan cukup sulit untuk memiliki PS5 dengan harga normal, maka PS4 tetap bisa jadi pilihan. Terutama bagi mereka yang hanya memiliki Gran Turismo Sport sebagai judul game balap mobil di koleksi mereka. PS4 bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah (sekitar $399 untuk yang versi standar dan slim).

Sedangkan untuk mereka yang menggunakan Xbox Series X/S, yang saat ini belum memiliki judul game balap mobil eksklusif, Anda bisa memilih untuk mendapatkan perangkat Xbox One versi standar (dihargai kurang lebih sama dengan PS4 versi slim). Konsol ini juga cocok terutama bagi mereka para fans game Forza. Namun dikarenakan berbagai game balap yang bisa dimainkan di Xbox juga tersedia untuk PC, maka akan lebih baik jika Anda memilih untuk menyiapkan perangkat PC sebagai perangkat untuk bermain sim racing.

PC Gaming

Ketika membangun PC gaming, Anda akan dihadapkan dengan sisi teknikal yang lebih banyak, karena Anda harus memilih perangkat yang berbeda dari berbagai manufaktur di pasaran dan menyusunnya menjadi satu PC yang utuh.

Untuk menjamin dukungan sampai beberapa waktu, Anda bisa memilih untuk membangun PC gaming menengah-atas dengan menggunakan Intel i7 atau AMD Ryzen 7 serta video card kelas atas. Namun demikian, dengan berkembangnya teknologi saat ini, komponen PC menengah atau yang ramah di kantong juga sudah cukup baik untuk menghasilkan performa yang cukup baik. Hal ini didukung pula oleh perkembangan game itu sendiri yang semakin bisa dioptimasi dan mendukung perangkat keras yang cukup luas.

Jika Anda tidak berniat untuk melakukan streaming dengan PC Anda, setup entry level gaming PC standar akan cukup untuk bermain game sim racing, setidaknya dengan menggunakan 4 core 8 thread processor (contohnya Intel i3 9100f atau Ryzen 3 3100, keduanya memiliki harga ritel sekitar $99 USD) yang dikombinasikan dengan entry level video card, seperti Nvidia GTX 1650 atau AMD’s RX 570 (keduanya punya harga ritel $149 USD). Lalu setidaknya 16GB DDR4 untuk RAM akan cukup untuk mencapai kurang lebih 60 FPS pada pengaturan grafis secara medium di sebagian besar permainan balapan PC.

Prosesor Ryzen yang telah memiliki built in graphics seperti Ryzen 5 3400G (seharga $149 USD) akan sanggup memainkan berbagai game seperti Assetto Corsa dan RaceRoom (keduanya adalah contoh game balap untuk pemula), namun prosesor ini akan cukup kesulitan jika tidak ada video card khusus yang disandingkan dengan CPU, karena konten di game ini akan mendapatkan pembaruan dari sisi grafis.

Anda sebenarnya bisa menggunakan PCIe video card yang ada di motherboard, namun motherboard-nya sendiri akan tergantung dari pilihan prosesor yang Anda pilih. Kalau Anda memilih prosesor dari Intel maka Anda harus juga memperhatikan pilihan generasi Intel CPU Anda:

  • Untuk Intel i# 9100/9100f (Intel Generasi 9 – “Coffee Lake”), Anda akan membutuhkan setidaknya motherboard dengan chipset B360 atau B365.
  • Untuk i3 10100/10100f (Intel Generasi 10 – “Comet Lake”), Anda akan membutuhkan setidaknya motherboard dengan chipset B460.

Sedangkan pilihan motherboard untuk prosesor dari AMD lebih mudah. Untuk Ryzen 3 3100, motherboard dengan chipset B450 jadi rekomendasi yang bisa diandalkan. Saat tulisan ini dibuat, baik Intel atau AMD belum merilis pilihan produk entry level dari Intel Core generasi 11 atau jajaran Generasi Ryzen 5.

Komponen lain yang harus diperhatikan

Untuk RAM, setidaknya Anda membutuhkan spesifikasi RAM sebesar 16GB. Besaran RAM ini jadi pilihan paling aman karena versi terbaru Windows bisa dengan mudah mengambil 3GB RAM saat tidak digunakan. Untuk penggunaan prosesor dari Intel, memilih DDR4 RAM dengan clock speed manapun akan jadi pilihan yang aman. Sedangkan untuk prosesor AMD Ryzen, pilihan paling baik adalah minimal RAM dengan clock speed setidaknya 2400 MHz. Jika memungkinkan, Anda juga sebaiknya menginstal RAM dengan konfigurasi dual channel, agar lebih stabil.

Catatan penting, jangan gunakan power supply murahan. Pilih minimal power supply 650W dari brand ternama dengan rating setidaknya 80 Plus White atau Bronze. 650W adalah pilihan terbaik terutama jika Anda akan melakukan upgrade di kemudian hari.

Untuk ruang penyimpanan, kombinasi Solid State Drive (SSD) + Hard Disk Drive (HDD) adalah pilhan paling standar untuk desktop gaming. Setidaknya gunakan 128GB SSD, yang nantinya akan jadi tempat sistem operasi berjalan. Besaran HDD yang bisa Anda pilih akan tergantung jadi berapa banyak game yang akan Anda install. Untuk setup racing game paling hemat, 1TB akan cukup. Jika dana cukup terbatas, Anda sebenarnya bisa juga memilih untuk hanya menggunakan HDD saja. Namun pilihan ini akan memberikan dampak pada loading yang lama saat menyalakan komputer.

Oh ya, jangan lupa untuk membeli monitor. Jika Anda berencana untuk lebih serius menekuni sim racing di kemudian hari, pilihan paling pas minimal monitor atau TV 24 inci. Tidak perlu pusing dengan kemampuan refresh rate atau response times dari perangkat layar Anda karena budget Anda cukup terbatas.

Komponen di atas sudah cukup untuk memberikan pengalaman balapan yang lancar, bahkan untuk beberapa judul seperti Project CARS 3 dan Assetto Corsa Competizione, serta judul lain yang akan dirilis dalam 2 tahun ke depan. Jika Anda punya tambahan budget, Anda bisa meng-upgrade menggunakan prosesor yang lebih tinggi performanya atau dengan kombinasi video card.

Harga komponen desktop akan memiliki harga pabrik dan harga retail yang berbeda, pastikan Anda mengecek harga di toko komputer terdekat atau langganan Anda untuk harga terbaru.

Optimasi sederhana untuk pengalaman balapan yang mulus

Ketika perangkat PC dan pilihan game Anda sudah siap, Anda juga perlu untuk mengatur tampilan grafis Anda yang akan disesuaikan dengan perangkat keras PC yang dimiliki. Saat bermain game balap, akan cukup sulit untuk melihat perbedaan detail grafis dari mobil, jalur balap dan lingkungan sekitar karena Anda melaju dengan cepat. Saat melaju di lintasan balap, Anda tidak akan bisa melihat bagian kecil/detail, tetapi lebih ke tampilan yang lebih ‘berat’ seperti rumput atau dedaunan, bayangan detail mobil, refleksi mobil dan lingkungannya, serta objek di pinggir lintasan balap.

Melakukan optimasi saat bermain game balap adalah salah satu kunci untuk memberikan pengalaman balap yang mulus dan responsif. Pengaturan detail tinggi atau maksimal, hanya dibutuhkan untuk mengambil foto atau membuat konten video.

Jika Anda mengalami kendala berupa frame drop untuk game yang Anda pilih, pengaturan yang paling direkomendasikan adalah menurunkan fitur ‘shadows’ ke pengaturan paling rendah (cukup untuk menampilkan hanya bayangan dari mobil saja). Lalu atur juga tampilan detail rumput ke ‘off’ atau pengaturan paling rendah. Pengaturan yang sama juga bisa dilakukan untuk fitur refleksi mobil dan jalanan (nama pengaturan atau fitur mungkin akan berbeda untuk setiap game).

Selain itu pengaturan ‘special effect’ juga bisa diatur serupa, karena tampilan efek ini biasanya hanya akan muncul ketika mobil bertabrakan. Untuk pengaturan tekstur dan detail lintasan balap, bisa diatur ke level medium.

Sebagai pembalap pemula, saat balapan kasual, target FPS yang bisa dicapai adalah 30-60 FPS. Sedangkan FPS yang lebih tinggi ideal untuk balapan kompetitif. Optimasi pengaturan ini bisa jadi bahan pembelajaran lain karena akan berbeda dari satu game ke game lain.

Kesimpulan

Tips pemilihan perangkat keras di atas seharusnya sudah cukup untuk para pemula dengan budget terbatas yang ingin memulai game balap mobil. Apakah itu bermain menggunakan PC atau konsol, tujuan akhirnya adalah memiliki perangkat yang mampu menjalankan secara mulus dari game pilihan Anda. Ketika perangkat telah mendukung, yang perlu Anda lakukan adalah bersenang-senang.

Baik bermain game balap mobil di konsol atau PC, tentunya Anda akan membutuhkan setidaknya satu perangkat input (keyboard untuk PC atau gamepad untuk konsol) sebagai alat navigasi atau pengaturan awal.

Ketika sudah bisa menikmati balapan mobil dengan lancar, suatu saat Anda akan merasa perlu untuk menaikkan performa serta merasakan pengalaman balapan yang lebih nyata. Ini bisa didapat dengan kontroler yang lebih baik atau bahkan perangkat gaming wheel. Nah, pembahasan tentang ini akan dituliskan pada artikel bagian ketiga, yang akan jadi bagian final seri tulisan panduan virtual racing ini.

Image sources:

1. PlayStation 4 image (official PlayStation website)
2. Gaming PC
3. Intel and Ryzen box
4. Assetto Corsa graphics settings – self made screenshots

Artikel ini ditulis oleh Luis Moreno dan pertama kali dimuat di Legion of Racers. Publikasi di Hybrid.co.id telah dengan izin, dan kami bekerja sama dengan Legion of Racers untuk menghadirkan berbagai artikel terkait Sim Racing. 

Play video

7 May 2021

HYBRID CUP Tarkam Series - PUBG Mobile Squad

NGABUBURIT sambil main PUBG Mobile buat dapetin uang tunai sebesar Rp. 500000! Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya ya? . . . Follow IG: ...

Others from #HybridTV