Esports Ecosystem

Marvel Gandeng Team Liquid untuk Rilis Merchandise Black Widow

22 Apr 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Merchandise Black Widow ini berupa jersey, kaos, dan jaket

Marvel harus menunda penayangan film Black Widow sampai bulan November karena virus corona. Namun, itu tidak menghentikan mereka untuk mempromosikan film superhero terbarunya. Marvel Entertainment baru saja mengumumkan kerja sama dengan Team Liquid untuk membuat koleksi merchandise Black Widow.

Salah satu merchandise tersebut adalah jersey. Berbeda dengan jersey standar Team Liquid yang didominasi warna biru, jersey Black Widow ini memiliki warna hitam dan merah. Pada bagian kanan, terdapat logo Team Liquid sementara pada sebelah kiri, terdapat ikon Black Widow. Jersey tersebut dijual dengan harga US$84 (sekitar Rp1,3 juta).

Melalui kerja sama ini, Team Liquid dan Marvel Entertainment juga mengeluarkan beberapa merchandise lain, seperti jaket hoodie, kaos dengan ilustrasi Black Widow, dan juga jaket. Kaos crop top dihargai US$30 (sekitar Rp468 ribu), kaos lengan panjang US$45 (sekitar Rp702 ribu), hoodie US$75 (sekitar Rp1,2 juta), sementara jaket dihargai US$94 (sekitar Rp1,5 juta).

Ini bukan kali pertama Team Liquid bekerja sama dengan Marvel Entertainment untuk membuat merchandise. Pada bulan Juni 2019, Liquid bekerja sama dengan Marvel untuk membuat jersey bertemakan anggota Avengers, seperti Captain America, Iron Man, dan Spider-Man. Tidak aneh jika Team Liquid bekerja sama dengan Marvel, mengingat COO Liquid, Mike Milanov mengatakan, mereka memang ingin menggabungkan “gaya hidup, gaming, dan komik”. menurut laporan Dot Esports. Tidak tertutup kemungkinan, ke depan, Liquid akan kembali menjalin kerja sama dengan Marvel.

Sementara itu, bagi Marvel, Team Liquid bukanlah satu-satunya organisasi esports yang mereka ajak kerja sama. Pada Februari 2020, Marvel mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Chiefs Esports Club, organisasi asal Oceania, untuk membuat merchandise.

Memang, industri esports kini tengah naik daun. Diperkirakan, industri esports akan memiliki pemasukan hingga US$1 miliar pada tahun ini. Salah satu alasan mengapa semakin banyak pihak yang tertarik untuk menjadi investor atau sponsor dari pelaku esports adalah karena esports dipercaya akan menjadi hiburan di masa depan.