19 September 2022

by Glenn Kaonang

Sasar Ranah Gaming NFT, Marketplace NFT Rarible Hadirkan Integrasi Immutable X

Immutable X jadi blockchain keenam yang terintegrasi dengan marketplace NFT Rarible

Bertambah lagi marketplace NFT yang mengintegrasikan blockchain Layer 2 Ethereum Immutable X ke platformnya. Rarible, salah satu alternatif OpenSea yang cukup populer, belum lama ini mengumumkan bahwa para penggunanya sudah bisa memperjual-belikan aset-aset NFT dari berbagai game yang dibangun di ekosistem Immutable X.

Immutable X, buat yang kurang familier, adalah blockchain Layer 2 Ethereum yang dikembangkan oleh Immutable, perusahaan yang sama yang menggarap game NFT trading card Gods Unchained. Seperti solusi Layer 2 Ethereum lainnya, Immutable X juga diciptakan untuk mengatasi problem seputar scalability yang dialami Ethereum dengan menghadirkan alternatif blockchain yang lebih kencang sekaligus lebih rendah biaya transaksinya.

Secara spesifik, Immutable X memang membidik pasar gaming sebagai target utamanya. Pasalnya, seperti yang kita tahu, game NFT sering kali memproses transaksi banyak aset sekaligus, dan ini jelas kurang cocok dilakukan di jaringan Ethereum, yang relatif lamban dan mahal biaya transaksinya. Dari sudut pandang teknis, Immutable X diklaim sanggup mengolah hingga 9.000 transaksi per detik tanpa membebankan gas fee sama sekali.

Sebelum menjalin kerja sama dengan Rarible, Immutable X sudah lebih dulu menyokong marketplace NFT yang fokus ke ranah gaming seperti TokenTrove maupun marketplace NFT milik GameStop. Judul-judul game NFT populer yang dibangun di ekosistem Immutable X sendiri di antaranya adalah Gods Unchained, Guild of Guardians, Ember Sword, dan Illuvium. Jumlahnya dipastikan bakal bertambah ke depannya, sebab selain memiliki studio game-nya sendiri, Immutable juga menyediakan program pendanaan buat developer game yang tertarik membangun di ekosistem Immutable X.

Rarible sendiri terus aktif melakukan ekspansi multi-chain dalam beberapa bulan terakhir. Immutable X merupakan blockchain ke-6 yang Rarible integrasikan ke platformnya setelah Ethereum, Tezos, Flow, Polygon, dan Solana. Alasannya sederhana: Rarible melihat potensi besar dari gaming NFT.

"Pendatang terbaru setelah crypto art dan PFP, gaming ditargetkan menjadi kasus penggunaan NFT nomor satu," ucap Alex Salnikov, cofounder dan Chief Strategy Officer Rarible, seperti diberitakan oleh NFTgators. "Gaming memerlukan lompatan drastis dalam hal blockchain scalability. Immutable X adalah teknologi paling canggih untuk meningkatkan kapasitas (throughput), dan merupakan yang pertama di antara L2 lain yang menggunakan teknologi ZK-rollup yang superior," imbuh Alex.