4 February 2022

by Glenn Kaonang

GameStop Bersiap Luncurkan Marketplace NFT-nya Sendiri

Marketplace NFT GameStop dibangun di atas platform Immutable X demi mengatasi kekurangan terbesar Ethereum seputar konsumsi daya dan gas fee

Meski kerap disambut reaksi negatif, penetrasi NFT di ranah gaming seakan tidak terbendung. Yang terbaru, GameStop baru saja mengumumkan rencananya untuk meluncurkan marketplace NFT tahun ini. Jaringan toko ritel game asal AS itu memang tidak lagi setenar dulu, namun itu tidak mencegah niatnya ambil bagian di era Web3.

Marketplace NFT GameStop ini dibangun di atas platform bernama Immutable X. Dikembangkan oleh Immutable — perusahaan pencipta game trading card NFT populer Gods Unchained — Immutable X sederhananya merupakan semacam layer untuk blockchain Ethereum. Fungsinya adalah untuk mengatasi dua kekurangan terbesar Ethereum, yakni konsumsi energi yang masif serta gas fee yang kelewat tinggi.

Gas fee, buat yang tidak tahu, adalah ongkos yang harus dibayarkan untuk mengompensasi energi komputasi yang dikonsumsi saat memproses dan memvalidasi transaksi di blockchain. Immutable X pada dasarnya menjanjikan bahwa tidak ada gas fee yang perlu dimasukkan dalam hitungan di setiap transaksi jual-beli pada marketplaceNFT GameStop.

Terjun ke bisnis marketplace NFT berarti GameStop bakal bersaing dengan raksasa-raksasa seperti OpenSea maupun Axie Marketplace, belum lagi yang spesifik menyasar vertikal gaming seperti Fractal. Itulah mengapa GameStop dan Immutable juga akan menyiapkan dana hibah senilai $100 juta, yang akan dibagi-bagikan ke developer yang berminat untuk meluncurkan proyek NFT-nya di marketplace NFT GameStop.

Marketplace NFT GameStop ini diproyeksikan bakal menjadi tempat untuk memperjual-belikan aset-aset dalam berbagai game NFT. Seperti yang kita tahu, game NFT macam Axie Infinity memang mempersilakan para pemainnya untuk saling bertukar aset dalam game menggunakan cryptocurrency.

Timing-nya mungkin terkesan kurang pas, sebab belakangan topik NFT memang terus disambut reaksi negatif di industri gaming. Sejumlah developer seperti GSC Game World dan Team17 terpaksa membatalkan rencana proyek NFT-nya setelah menerima sambutan buruk. Sejauh ini, baru Ubisoft yang bersikukuh bakal terus mengembangkan inisiatif NFT-nya.

GameStop tentu berharap kolaborasinya dengan Immutable X bisa mematahkan pandangan buruk bahwa NFT berbahaya terhadap lingkungan. Sayangnya itu baru satu dari sejumlah sanggahan yang diberikan oleh mereka yang kontra terhadap NFT.

Sumber: The Verge dan VentureBeat.