19 September 2022

by Yubian Asfar

Mengenal TokenTrove, Platform Marketplace NFT Khusus Game Blockchain

TokenTrove menjadi salah satu platform marketplace NFT untuk game dengan volume transaksi yang sangat tinggi

Sejak meledaknya tren cryptocurrency pada akhir tahun 2020 yang lalu, Non-Fungible Tokens (NFTs) juga muncul sebagai salah satu bagian penting. Dulu proyek NFT mulai booming di Indonesia sejak lakunya deretan foto Ghozali Everyday yang menjadi NFT di OpenSea.

Sekarang pasar NFT sudah kian modern, bahkan mulai dipromosikan tidak hanya melalui OpenSea melainkan dengan deretan game-game blockchain. Banyaknya orang yang menggeluti proyek NFT membuat TokenTrove hadir untuk memfasilitasi.

Benar, TokenTrove memberikan akses transaksi multi-platform NFT lintas game. Tentu konsep atau cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan platform e-commerce yang sudah dikenal selayaknya Tokopedia atau Shopee, namun TokenTrove berfokus untuk transaksi NFT dari game blockchain.

Disokong Oleh Immutable X

Sumber: TokenTrove
ETH atau Ethereum jadi salah satu mata uang crypto yang paling banyak digunakan untuk transaksi di ekosistem blockchain. Perkembangan NFT yang pesat juga membawa ETH sebagai salah satu token crypto yang digunakan dalam bertransaksi.

Meski demikian, harga gas fee yang tinggi dan transaksi yang lambat membuat banyak pengembang mencari solusi layanan lapis dua untuk sistem jaringan Ethereum.

Apa itu gas fee? Merupakan serangkaian biaya kompensasi yang dibayarkan kepada para penambang Ethereum untuk memvalidasi transaksi di jaringan ETH. Jadi setiap transaksi yang menggunakan token di jaringan Ethereum, maka Anda diwajibkan untuk membayar gas fee.

Immutable X hadir sebagai solusi untuk transaksi blockchain di multi-platform dan membuat efisiensi biaya yang nantinya juga menguntungkan berbagai pihak. Dengan kecepatan transaksinya, Immutable X ikut mendukung pengembangan TokenTrove sebagai marketplace NFT game blockchain.

TokenTrove, Solusi Bagi Para Gamer Blockchain

Sumber: TokenTrove

TokenTrove sendiri memiliki deretan game blockchain yang cukup banyak meski perilisannya yang bisa dibilang baru. Deretan NFT dari game-game seperti Gods Unchained, Planet Quest, Guild of Guardians, GreenPark, Ember Sword Land, dan lain sebagainya bisa Anda temukan di TokenTrove.

Budaya permainan dan fantaisme para gamers membawa TokenTrove sebagai solusi utama untuk melakukan transaksi di NFT. Dimulai dengan membawa genre Trading Card Games (TCG), kini TokenTrove sudah memiliki lebih dari 10 game blockchain.

Sumber: TokenTrove

Pada platform TokenTrove juga Anda bisa melihat volume transaksi dalam rentang waktu 7 hari terakhir. Fungsi ini bisa menjadi tolak ukur untuk melihat pergerakan harga NFT terkait sistem supply & demand.

Gaet Kerja Sama dengan PlanetQuest

Sumber: PlanetQuest

TokenTrove juga sudah menjalin kerja sama dengan PlanetQuest yang merupakan salah satu game berbasis blockchain.

Kerja sama ini diumumkan salah satuny akarena sang pengembang PlanetQuest melihat NFT dari game miliknya dijual di luar dengan harga pasaran dari 3 sampai 20 kali lipat lebih tinggi. Maka dari itu, PlanetQuest menunjuk TokenTrove sebagai platform marketplace resmi untuk seluruh NFT yang hadir di game PlanetQuest.

Selain menghindari fluktuasi harga NFT yang tinggi, PlanetQuest juga menunjuk TokenTrove karena sudah diperkuat dengan sistem jaringan Immutable X yang membuat penarikan dan deposito jauh lebih aman serta bebas gas fee dari jaringan ETH.