Esports Ecosystem

Marc Marquez Ikut Balap MotoGP Esports Karena Dampak Pandemi COVID-19

26 Mar 2020 | Akbar Priono
MotoGP beralih ke esports karena pandemi COVID-19. Pembalap seperti Marc Marquez ikut balap MotoGP Esports yang akan diselenggarakan hari Minggu ini.

Pandemi COVID-19 dan larangan untuk berkumpul sedikit banyak berdampak kepada helatan besar, terutama helatan olahraga yang sudah pasti akan mengumpulkan banyak orang di dalam satu tempat. Gara-gara larangan berkumpul tersebut, akhirnya berbagai helatan olahraga memilih esports sebagai pengganti. Grand Prix Bahrain beralih ke pertandingan Formula 1 virtual, balap Nascar juga beralih ke balapan Sim Racing yang diberi nama eNASCAR iRacing Pro Invitational Series.

Setelah dua kompetisi balap tersebut, kini balap MotoGP jadi kompetisi berikutnya beralih ke esports lewat balapan virtual. Dampak dari pandemi, banyak balapan MotoGP musim ini yang dibatalkan, mulai dari GP Qatar, Thailand, America, dan Argentina.

Sumber: autosport.com
Sumber: autosport.com

Akhirnya terinspirasi dari apa yang sudah dilakukan cabang motorsport lainnya, promotor MotoGP, Dorna Sports, mengadakan balap Sim Racing sebagai pengisi agenda balap yang tertunda tersebut. Seperti eNASCAR iRacing Pro Invitational Series, balapan ini diikuti oleh para pembalap MotoGP kelas dunia.

Pembalap tim Honda di MotoGP seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo dari tim Petronas SRT, Alex Rins dari tim Suzuki, akan mengikuti seri balap MotoGP virtual yang akan diselenggarakan pada hari Minggu (29 Maret 2020) pukul 15:00 GMT +2 (pukul 20:00 WIB).

Balapan MotoGP virtual ini akan menggunakan format yang mirip dengan seri MotoE. Para pembalap nantinya akan melakukan kualifikasi terlebih dahulu selama lima menit, untuk menentukan posisi start pada saat balapan nanti. Setelahnya mereka akan melakukan balapan pada trek Mugello, Italia, dalam game MotoGP 19, sebanyak 6 lap. Pertandingan sendiri nantinya akan ditayangkan pada laman web resmi MotoGP, yaitu motogp.com.

Sumber: autosport.com
MotoGP 19, game MotoGP virtual yang akan dimainkan Marc Marquez sebagai pengganti seri Grand Prix yang tertunda karena pandemi COVID-19. Sumber: Steam MotoGP Official Page.

Sebelumnya, balapan ini harusnya diikuti oleh pembalap bintang MotoGP, Valentino Rossi. Namun sayangnya pembalap asal Italia tersebut terpaksa undur diri, dan tidak mengikuti balapan MotoGP virtual tersebut karena alasan yang tidak disebutkan. Mengutip dari motorsport.com, Dorna Sports selaku promotor hanya mengatakan, “Walau Valentino Rossi melakukan konfirmasi paling awal, namun dengan berat hati kami umumkan bahwa #46 tidak akan mengikuti balap virtual MotoGP tersebut.”

Balap MotoGP menjadi cabang olahraga motorsport ketiga yang mengubah pertandingan balap mereka menjadi balap Sim Racing. Walau balap virtual MotoGP ataupun NASCAR tidak diikuti oleh para pembalap Sim Racing, namun sedikit banyak keadaan ini memberi komunitas Sim Racing lebih banyak sorotan. Siapa yang tahu, sebagai efek domino dari keadaan ini, mungkin di masa depan akan ada lebih banyak kesempatan terbuka bagi pembalap Sim Racing seperti Andika Rama Maulana, atau Putut Maulana untuk bisa terjun balap Sim Racing, di kompetisi balap motorsport bergengsi.

Sumber Header: Twitter @marcmarquez93