25 September 2022

by Wiku Baskoro

Main Game di Reno8 Pro 5G, Lancar dan Tidak Panas Berlebihan

Reno8 Pro 5G selain menghadirkan spesifikasi pendukung makn game, nyaman dari sisi desain

Reno8 Pro 5G memang diunggulkan dari sisi kempuan fotorafi, salah satunya adalah karena memiliki NPU MariSilicon X yang membantu pengolahan foto untuk hasil maksimal. Meski demikian, dukungan perangkat keras dan lunak di ponsel ini juga layak dipilih gamers.

Dukungan untuk bermain game di perangkat ini dimulai dari sisi prosesor. Reno8 Pro 5G hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 8100-MAX 5G yang telah dioptomasi untuk perangkat Reno8 Pro 5G.

Dukungan gaming di Reno8 Pro

Dibandingkan dengan Reno7 Pro 5G, ada beberapa peningkatan yang dibawanya yaitu CPU performance sebesar 12%, AI performance 175%. efisiensi power up to 50% dan GPU performance meningkat 29%.

Dukungan yang kedua adalah dari sisi desain. Dengan bobot yang cukup ringan, pengalaman bermain game dengan ponsel ini cukup menyenangkan. Tidak berat ditangan dan rasa genggam yang optimal karena bagian pinggir dari bahan logam. Meski demikian karena bagian belakang berlapis kaca, maka bagian perangkat ini cukup licin.

Layar 6.7 inci cukup lebar untuk mengakses game, kualitas OLED display juga memberikan tambahan pengalaman bermain yang baik. Reno8 Pro 5G telah mendukung refresh rate 129Hz. Untuk sisi RAM dan ROM hadir 12GB dan 256GB dengan 7GB RAM Expansion.

Beralih ke sisi audio, perangkat ini telah mendukung dual stereo speakers, bermain game dengan dual speaker seperti ini cukup menguntungkan karena tidak menggangu ketika tangan menggemgam perangkat untuk bermain game.

Dan, dukungan terakhir yang cukup penting dan menjadi kunci dalam kenyamanan bermain game di perangkat ini adalah sistem pendingin ultra konduktif di Reno8 Pro 5G.

Area pendingin di peranglat ini diperluas serta dihadirkan pula bahan pendingin baru. Hal baru yang hadir antara lain adalah Grafit Ultra-Konduktif yang berbahan molekul tinggi, biasanya digunakan untuk industri pesawat terbang.

Area pendingin lebih luas 2.2x dibanding Reno7 Pro 5G sedangkan penggunaan ultra conductive graphite thermal conductivity meningkatkan pengalaman pendingin 45% dari bahan graphite biasa. Setidaknya ada 6 bahan yang saling mendukung untuk memberikan pendinginan maksimal di perangkat.

Pengalaman bermain game Apex Legends Mobile

Untuk menguji pengalaman bermain game di perangkat Reno8 Pro 5G saya menggunakan game Apex Legends Mobile yang selain merupakan game mobile favorit saya juga cocok untuk bahan uji karena fast pace gameplay dan environemnt element yang membutuhkan display yang baik.

Bermain dengan Reno8 Pro 5G menyenangkan, seru dan membantu untuk menang. Bobot yang ringan membuat tidak pegal bermain lama, bahan dan desain perangkat memberikan kenyamanan. Dual speaker menjadikan bermain lebih seru ketika tidak menggunakan TWS karena tangan tidak akan menutup suara game secara total.

Layar lebar nyaman untuk mengakses game dan kemampuan prosesor dan dukungan teknis di perangkat memberikan kemulusan bermain. Pengaturan yang sering saya gunakan adalah kualitas grafis extreme HD dan frame rate sangat tinggi. Serta beberapa pengaturan lagi dicoba untuk mentok kanan.

Reno8 Pro 5G bisa melibas pengaturan mendekati mentok kanan ini dengan mulus dan tanpa masalah sama sekali.

Untuk urusan panas perangkat saat bermain game, dengan pengaturan seperti di atas, perangkat terasa hangat pada bagian belakang tetapi masih sangat wajar dan sama sekali tidak menggangu saat bermain.

Jika Anda menggunakan pengaturan rekomendasi dari game, panas yang dihasilkan perangkat semakin kecil, bahkan mendekati penggunaan normal sehari-hari bukan seperti sedang bermain game.

Gaming di Reno8 Pro memberikan pengalaman yang cukup menyeluruh, dari sisi kualitas layar dapat, desain baik, audio lengkap dan dukungan kemampuan komputasi dan pendingin juga cukup prima.

Reno8 Pro 5G sendiri sudah dijual umum di toko resmi OPPO baik online maupun offline. Perangkat ini dijual dengan harga 9.999.000 atau 10 juta rupiah.