Detail Jadwal, Format dan Tim yang Bertanding di Lima Major DPC 2023

Valve tetap menggelar Major DPC 2023 perdananya di Lima, Peru, meski sempat terjadi konflik regional

Turnamen Major perdana di rangkaian Dota Pro Circuit 2023 resmi akan digelar di kota Lima, Peru. Lima Major menjadi ajang Major pertama yang digelar di regional Amerika Latin, dan komunitas menyambutnya dengan baik.

Pada turnamen kali ini dihadirkan 18 tim terbaik dari 6 regional DPC. Tim-tim yang bertanding di turnamen kali ini merupakan tim yang berhasil menempati posisi 2 besar di masing-masing liga.

Nantinya, 18 tim yang bertanding akan memperebutkan total hadiah fantastis sebesar US$500.000 dan 1,900 poin DPC. Setiap proses sangat penting untuk menjaga asa lolos ke panggung utama yaitu The International 2023.

Dari urutan tim yang lolos, Team Liquid dan Team Aster menjadi dua tim pertama yang berhasil mengamankan tiket menuju Lima Major. Memang performa Team Aster sangat mengagumkan, bahkan mereka meraih 5 kemenangan secara berturut-turut di regional DPC Tiongkok.

Sumber: SEA Esport

Di sisi lain, Team Liquid juga menunjukkan permainan yang sangat dominan dengan mengantongi 6 kemenangan secara berturut-turut di DPC Western Europe (WEU). Regional ini membawa 4 tim yang berhak lolos ke ajang Lima Major, sehingga semua tim akan bermain total hingga akhir jadwal DPC.

Untuk regional DPC Tiongkok hanya ada 3 slot dan membawa tim-tim favorit, salah satunya adalah PSG.LGD.

Berikut jajaran tim yang bertanding di Lima Major DPC 2023:

Sumber: Liquidpedia

Wakil untuk Asia Tenggara sendiri sangat berbeda dan mencolok, yaitu absennya nama Fnatic, BOOM Esports, tim SEA di The International 11. BOOM Esports sendiri bermain sangat buruk dan harus terdegradasi ke DPC SEA - Division II.

Fnatic tidak jauh berbeda, mereka juga bermain buruk dan berada di juru kunci klasemen. Setelah pasti gagal mempertahankan slotnya di DPC SEA - Division I, Fnatic resmi mengumumkan disband atau pembubaran tim.

Dari segi partisipasi tim, memang regional WEU, Tiongkok, dan EEU jadi 3 regional yang difavoritkan juara. Selain tren positif di turnamen sebelumnya, ada Team Spirit, PSG.LGD, Tundra Esports, Team Liquid, hingga Team Aster yang berada di performa puncaknya.

Regional Amerika Utara sendiri membawa mantan roster Evil Geniuses, Shopify Rebellion bersama dengan Team SoloMid, regional yang tidak memiliki kans juara sebesar WEU.

Menarik melihat permainan tim-tim tersebut di Lima Major, apalagi babak Group Stage akan digelar pada 22 - 26 Februari 2023 dan babak Playoff pada 28 Februari - 5 Maret 2023.