DPC Major 2023 Diumumkan, Hadirkan Bali Major Untuk Kali Pertama

Selain Bali Major untuk Indonesia, lokasi lain yang dipilih Valve adalah Lima di Peru dan Berlin di Jerman

Valve memberikan pengumuman mengejutkan secara langsung di awal tahun 2023. Benar, rangkaian lokasi DPC Major 2023 resmi diumumkan dan memilih 3 negara dengan lokasi masing-masing.

Dalam rangkaian gelaran Major resmi, Valve membaginya ke dalam tiga tahap, yaitu sesuai musim seperti Winter, Spring, dan Summer Tour. Rangkaian turnamen Major di tahun 2023 akan dimulai lewat fase Winter Tour dengan Lima Major di Peru, lalu Spring Tour ada Berlin Major di Jerman, dan terakhir ada Bali Major di Indonesia.

Sumber: jagatplay

Tentu kehadiran Bali Major sangat disorot, apalagi tingginya minat pemain dan fans Dota 2 di Indonesia. Selain itu, Bali Major menjadi sejarah membanggakan mengingat ini menjadi turnamen Major Dota 2 resmi pertama yang hadir di Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia hanya mendapatkan slot di ajang Minor, tepatnya di GESC Indonesia Dota 2 Minor yang digelar di BSD, Tangerang Selatan pada tahun 2018.

Dota Pro Circuit (DPC) Major 2023

Sumber: Valve

Selain pengumuman Major, Valve juga mengumumkan jadwal dimulainya musim Dota Pro Circuit 2023. Sengitnya kompetisi tersebut dimulai dengan regional Tiongkok yang sudah memulai turnamennya.

Lima regional yang tersisa, yaitu Eropa Barat (WEU), Eropa Timur (EEU), Amerika Utara (NA), Amerika Latin (SA), dan Asia Tenggara (SEA), akan dimulai pada 8 Januari 2023.

Tentu kompetisi di DPC tidak bisa diremehkan, apalagi Major yang diumumkan sangat berkaitan. Setiap tim yang bertanding di Divisi I DPC masing-masing regional harus bermain maksimal untuk meraih poin penting.

Torehan poin ini memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai tiket menuju gelaran Major, menjauhi klasemen dasar untuk terdegradasi ke Divisi II, dan tentunya meraih tiket ke The International 2023.

Sumber: Valve

DPC akan dimulai dengan Winter Tour yang berlangsung dari 6 Januari sampai 3 Februari 2023. Setiap regional akan memiliki wakil untuk bertanding di Lima Major, Peru yang tercatat sebagai ajang Major pertama di Amerika Latin.

Di sisi lain, 2 tim terbawah dari Divisi I akan terdegradasi ke Divisi II dan digeser dari 2 besar di divisi tersebut.

Selain itu, Valve juga sudah menunjuk para penyelenggara dari masing-masing turnamen Major yaitu 4D Esports di Lima Major, ESL untuk Berlin Major, dan IO Esports untuk Bali Major.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca informasi resmi dari Valve di sini.