25 June 2022

by Daniel Hamiaz

Build Kuki Shinobu Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Dont feel sorry for them. They need to learn their lesson." -Kuki Shinobu.

Kuki Shinobu Genshin Impact adalah karakter healer dengan desain imut. Namun bagaimana memaksimalkannya? Inilah guide lengkapnya.

Dari awal rilis hingga versi 2.7, Genshin Impact akhirnya merilis karakter Electro yang didesain sebagai karakter healer. Karakter tersebut ialah Kuki Shinobu, yang dirilis dalam banner Arataki Itto dan Gorou fase kedua di versi ini. Dibandingkan karakter healer lain, sebagus apakah dirinya?

Build Kuki Shinobu Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Kuki Shinobu

Kuki Shinobu merupakan karakter Electro B4 dengan senjata sword. Ia merupakan karakter healer, yang memberikan heal melalui Elemental Skill-nya, dan Burst damage dari Elemental Burst-nya.

Setelah Genshin Impact berumur hampir 2 tahun (ver. 2.7), akhirnya mereka memutuskan untuk merilis Kuki Shinobu sebagai karakter healer Electro pertama. Sebagai karakter yang tugas utamanya memulihkan karakter, Kuki Shinobu memiliki gimmick untuk mengurangi HP-nya sendiri untuk memulihkan karakter lain.

Walau unik, namun gimmick ini cukup kontradiktif dibandingkan dengan karakter healer lain. Apalagi saat benar-benar dibandingkan, Kuki Shinobu tidak memberikan utility atau manfaat lain selain damage dan heal.

Ambil saja contoh karakter healer lain seperti Diona yang memiliki Shield dan partikel energi-nya, Kokomi dengan aplikasi Hydro dan TTDS-nya, Sayu dan Jean dengan efek 4 Viridescent Venerer, hingga Bennet dengan buff ATK yang sangat tinggi. Bahkan Lisa dengan Prototype Amber mungkin masih memiliki manfaat yang lebih baik, karena memiliki DEF Shred di Elemental Burst-nya, serta heal yang langsung diberikan ke 1 tim, ketimbang hanya untuk karakter aktif.

Jika Anda tertarik dengan karakter B4 kuat yang lain Anda bisa cek daftar karakter B4 terbaik di Genshin Impact versi Hybrid.

Namun apakah berarti Kuki Shinobu merupakan karakter yang buruk? Saat ini mungkin Kuki Shinobu merupakan karakter yang masih bisa melakukan perannya dengan cukup baik. Karakter healer lainlah yang memang memasang standar yang lumayan tinggi untuk dijawab oleh karakter baru.

Hal ini kemungkinan bakal berubah, saat elemen Dendro dirilis, beserta dengan reaksi elemen yang dimilikinya, sehingga sudah pasti akan mengguncang Meta yang sudah ada. Tidak menutup peluang bahwa hal ini bisa meningkatkan derajat Kuki Shinobu, mirip dengan kondisi Sangonomiya Kokomi yang tak disambut baik saat dirilis, namun mulai dilirik kembali saat musuh Rifthound dimasukkan ke dalam game, atau Artifact Ocean-Hued Clam yang dirilis belakangan.

Elemental Skill – Sanctifying Ring

Saat diaktifkan, Shinobu akan memanggil sebuah cincin yang mengelilingi karakter aktif, dengan bayaran HP Shinobu. Saat dipanggil, cincin tersebut akan memberikan damage Electro.

Selama durasi cincin ini berlangsung, karakter aktif akan mendapatkan heal berdasarkan maksimum HP Shinobu. Selain itu, cincin tersebut akan memberikan Electro damage kepada musuh yang terkena cincin ini, setiap 1,5 detik sekali. Bayaran HP yang Shinobu berikan, tidak dapat membuat HP-nya berada di bawah 20%.

Elemental Burst – Gyoei Narukami Kariyama Rite

Saat diaktifkan, Shinobu akan menciptakan sebuah area listrik di hadapannya. Area tersebut akan memberikan damage Electro kepada musuh di dalamnya berdasarkan maksimum HP Shinobu. Saat HP Shinobu berada di bawah 50% saat mengaktifkan Elemental Burst ini, durasinya akan bertambah 1,5 detik.

Talenta Pasif 1: Breaking Free

Healing Bonus Kuki Shinobu akan bertambah 15% saat HP-nya berada di bawah 50%.

Talenta Pasif 2: Heart's Repose

Elemental Skill-nya akan mendapatkan tambahan heal 75% dari maksimum Elemental Mastery dan tambahan damage 25% dari EM-nya.

Talenta Pasif 3: Protracted Prayers

Saat Shinobu dikirim di ekspedisi, pemain akan mendapatkan hadiah 25% lebih banyak untuk durasi 20 jam.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Konstelasi

Secara sederhana, konstelasi Kuki Shinobu dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C2 & C6.

C1: Radius Elemental Burst akan bertambah sebesar 50%.

C2: Durasi Elemental Skill bertambah 3 detik.

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Saat karakter aktif berhasil memberikan damage kepada musuh melalui Normal Attack, Charged Attack, atau Plunge Attack, saat Elemental Skill Shinobu sedang berlangsung, musuh tersebut akan terkena tanda, dan akan menerima damage AoE Electro, berdasarkan maksimum HP Shinobu. Efek ini dapat terpicu setiap 5 detik sekali.

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Saat Kuki Shinobu terkena damage Lethal, damage tersebut tidak akan membuatnya mati, Efek ini terpicu saat HP Shinobu menyentuh angka 1 untuk setiap 60 detik sekali. Selain itu, saat saat HP-nya berada di bawah 25%, Shinobu akan mendapatkan tambahan 150 Elemental Mastery selama 15 detik. Buff ini juga dapat terpicu setiap 60 detik sekali.

Artifact

Artifact yang paling cocok digunakan oleh Kuki Shinobu adalah 4 Tenacity of the Millelith. Artifact ini akan memberikan bonus HP serta memberikan buff ATK dan Shield Strength untuk satu tim (walaupun buff tersebut tidak terlalu berguna untuk Kuki Shinobu.) Efek Artifact ini bisa dijaga secara konstan oleh Kuki Shinobu, mengingat Elemental Skill-nya yang memiliki uptime hampir100% (100% uptime dengan C2-nya).

Selain itu, Anda bisa menggunakan 4 Noblesse Oblige, jika belum ada penggunanya di tim Anda. Ada juga 4 Instructor, yang bisa memberikan buff EM untuk 1 tim. Kuki Shinobu dapat memicu buff tersebut melalui aplikasi Electro off-field milikinya dengan cukup mudah.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kombinasi antara 2 Tenacity of the Millelith, 2 Ocean-Hued Clam/Maiden's Beloved, 2 Emblem of Severed Fate, maupun 2 Wanderer's Troupe. Set Bonus dari Artifact-artifact ini cukup membantu menyeimbangkan stat Kuki Shinobu.

Main stat yang dicari:

  • Sands: HP% / Elemental Mastery.
  • Goblet: HP% / Elemental Mastery.
  • Circlet: Healing Bonus% / HP% / Crit Rate% (Jika menggunakan Favonius Sword).

Anjuran Energy Recharge: 160-180%.

Prioritas sub stat:  Crit Rate (khusus Favonius Sword) > HP% > Elemental Mastery > ER% > flat HP.

Senjata

Tidak banyak pilihan senjata yang bisa digunakan oleh Kuki Shinobu. Salah satu pilihan terbaiknya adalah Favonius Sword. Senjata ini akan memberikan utility tambahan bagi Kuki Shinobu, dengan memberikan sejumlah partikel energi untuk 1 tim. Perhatikan Crit Rate Anda untuk memastikan efek pasif senjata ini bisa keluar secara konsisten.

Selain itu, Anda bisa menggunakan Iron Sting dari Crafting. Efek pasif dari senjata ini hanya sedikit membantu damage yang dimiliki oleh Shinobu. yang dicari dari senjata ini adalah substat Elemental Mastery-nya saja.

Senjata Elemental Mastery lain yang bisa Anda gunakan adalah Freedom Sworn. Melalui efek pasifnya, senjata ini dapat memberikan buff ATK untuk 1 tim. Ada juga senjata seperti Skyward Blade, jika Anda membutuhkan Energy Recharge dari substat-nya, dan Primordial Jade Cutter yang bisa memberikan stat HP dari efek pasif-nya (walaupun lebih baik senjata ini digunakan untuk karakter DPS Anda yang lain.)

Komposisi Tim

Sebagai healer, Kuki Shinobu dapat ditempatkan di berbagai tim. Hanya saja jangan memakai Kuki Shinobu di tim Freeze, yang bisa merusak reaksi elemental dari tim tersebut.

Kuki Shinobu membukakan jalan ke variasi tim Taser, yang lebih nyaman. Pasalnya, tim Taser yang paling umum digunakan, yaitu dengan menggunakan Sucrose, Xingqiu, Fischl, dan Beidou, tidak memiliki healer (kecuali menggunakan/memaksakan Prototype Amber di Sucrose). Hal ini akan menyulitkan pemain yang tidak lihal menghindar. Mungkin, Kuki Shinobu-lah solusi untuk masalah tersebut.

Jadi, selain Kokomi, kini ada juga variasi yang menggunakan Kuki Shinobu sebagai healer di tim. Tentunya, tim Taser yang memasukkan Kuki Shinobu, memiliki potensi damage yang lebih rendah, karena menukarkannya dengan kenyamanan bermain.

Gunakan Fischl saat melawan musuh single-target, atau Beidou untuk musuh dalam jumlah lebih dari 1, sebagai pasangan duet karakter Electro bersama Shinobu. Untuk karakter Hydro, Anda bisa menggunakan Ayato atau Xingqiu.

Dengan Kuki Shinobu, tim Eula mendapatkan sebuah variasi tim lagi. Namun komposisi ini khusus untuk tim yang memasangkan Eula dan Raiden Shogun di 1 tim. Dengan memasukkan Shinobu dan 1 karakter Cryo offensive lain, seperti Rosaria contohnya, Anda bisa mendapatkan variasi tim Eula yang cukup baik.

Selain alur rotasi yang cukup bagus, tim ini juga bisa memanfaatkan berbagai buff, seperti 2 Elemental Resonance sekaligus, yaitu Electro Resonance untuk ekstra partikel, dan Cryo Resonance untuk ekstra Crit Rate, 4 Tenacity of the Millelith dari Shinobu, Crit Rate dan mungkin 4 Noblesse Oblige dari Rosaria, dan pengisian energi dari Raiden Shogun.

Tips Kuki Shinobu Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Rifthound merupakan jenis musuh yang mengharuskan pemain untuk membawa healer. Namun karena cara bermain Kuki Shinobu yang memaksa HP-nya sendiri cukup rendah, disarankan untuk memakai healer lain. Jangankan untuk memulihkan karakter lain, Kuki Shinobu mungkin akan menjadi karakter pertama yang mati di dalam tim.

  2. Partikel Energi yang dihasilkan Shinobu tidaklah konsisten. Peluang Shinobu menghasilkan energi adalah sebesar 50%. Hal ini menjadikannya sebagai karakter baterai yang buruk, khususnya jika dipasangkan dengan karakter Electro lain yang membutuhkan energi yang banyak, seperti Beidou atau Yae Miko.

  3. Apa perbedaan main stat HP dan Elemental Mastery di Kuki Shinobu? Dengan main stat HP, Anda akan memaksimalkan healing yang dimiliki oleh Shinobu. Artifact dengan main Stat Elemental Mastery akan meningkatkan damage dari elemental Reaksi seperti Overload dan Electro-Charged. Elemental Mastery masih memiliki keefektifan healing sekitar 75%-an (berikat talenta pasif-nya), jika dibandingkan dengan Artifact dengan main stat HP%.

Kelemahan main stat EM di Artifact adalah drop rate-nya yang sangat kecil, jika dibandingkan dengan main stat lainnya. Tetap gunakan main stat Healing Bonus% di Circlet, jika Anda hanya menginginkan heal dari Shinobu, daripada menggunakan HP%.

Penutup

Terlepas dari kekuatan dan gameplay-nya, Kuki Shinobu merupakan iterasi karakter baru yang mengadopsi sistem scaling yang unik di Genshin Impact. Scaling yang dimaksud adalah dengan menggunakan stat tertentu sepenuhnya, seperti HP, ketimbang menggunakan scaling stat secara parsial.

Hal tersebut mulai ditemukan di karakter baru mulai versi 2.7, seperti Yelan dan Kuki Shinobu. Walau Shinobu masih menggunakan scaling ATK di Elemental Skill-nya, namun Elemental Burst-nya memiliki scaling penuh dari maksimum HP yang dimilikinya. Siapa tahu, di masa yang akan datang, tren ini merupakan tren yang akan diambil oleh HoYoverse, sebagai bentuk desain karakter unik, yang dimulai dari Yelan dan Kuki Shinobu.

--

Itulah tadi guide Kuki Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.