Dark
Light

Konversi Teks dari File PDF dan Gambar di Google Docs

1 min read
June 22, 2010

Google Docs menambahkan fitur yang bisa mengkonversikan teks dari file PDF serta kemampuan untuk membaca teks dan melakukan upload gambar langsung ke lembar kerja Google Docs.

Bagi anda yang menggunakan Google Docs untuk penyimpanan file di cloud, upload dari berbagai file memang telah bisa dilakukan, termasuk file dari program untuk desain, misalnya Corel untuk di simpan di cloud.

Sedangkan untuk aplikasi kerja, termasuk di dalamnya documents, presentations, and spreadsheets, Google Docs juga telah memungkinkan pengguna untuk mengkonversikan berbagai tipe file kerja agar cocok dengan format Google Docs, dan kini Google Docs menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversikan teks yang terdapat dalam file berformat PDF serta gambar yang bisa langsung ditambahkan di lembar kerja Google Docs.

Pilihan ini akan muncul ketika kita akan melakukan upload file ke Google Docs, jadi misalnya kita ingin mengkonversikan file PDF tertentu, pilih file dari komputer anda, klik pilihan untuk mengkonversikan file teks PDF, dan setelah selesai, kita bisa menikmati teks dari file PDF itu langsung di aplikasi dokumen Google Docs. Demikian juga dengan file gambar, kita bisa langsung upload gambar tententu, misalnya file .png, maka nanti teks serta file gambar ini akan langsung muncul di lembar kerja di Google Docs.

Untuk hasil, saya mencoba melakukan upload gambar, hasilnya memang tergantung dari file gambar itu sendiri, namun cukup jika digunakan sebagai keterangan gambar atau screenshot dari artikel dokumen sedangkan untuk teks dari gambar tersebut masih ada huruf yang hilang atau berubah dan tidak semua teks dari gambar bisa terkonversikan.

Untuk konversi teks PDF, Google akan menetralkan format dari file PDF yang di upload, jadi kerapihan teks akan berubah, selain itu, Google juga menambahkan notifikasi bahwa kemungkinan beberapa teks tidak akan terdeteksi.

Seperti juga pengujian yang dilakukan oleh Google Operating System, Google Docs tidak berhasil 100% untuk mengkonversikan teks dari file PDF. Kesalahan seperti ketidakberhasilan teks yang dikonversikan serta format dokumen menjadi berubah.

Seperti yang dituliskan oleh Google Operating System, fitur ini sebenarnya telah muncul sebagai fitur eksperimen sekitar tahun lalu, dan kini baru muncul untuk publik.

Meskipun hasilnya belum maksimal, namun sebagai pengguna layanan cloud untuk aplikasi kerja di Google Docs, saya terus terang menunggu perkembangan selanjutnya dari fitur konversi ini, sehingga minimal bisa memberikan hasil konversi yang tepat dari teks file PDF serta teks dari gambar, karena akan berguna jika fitur ini bisa membaca teks dari gambar secara tepat, terutama untuk file berukuran kecil atau gambar yang kurang jelas.

Sudah mencoba fitur ini, jangan lupa untuk isi kolom komentar dengan pendapat anda akan fitur ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BREAKING: Google Siap Garap Pasar Indonesia

Next Story

Google Voice Terbuka Untuk Semua Orang (di U.S.)

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan