Dark
Light

Kolaborasi Event Dengan Twebevent

1 min read
December 1, 2009

Twitter trending contenttwebevent memberikan banyak peluang, tidak hanya bagi penyebaran real-time news serta percakapan real-time. Dengan aplikas Geotagging kini tweet dari user bisa menunjukkan lokasi. Trending topics juga masih menjadi acuan bagi para pengamat trend news serta percakapan online.

Real-time streaming juga menjadi trend, di dunia musik sampai ke event-event seminar seperti acara TED
yang beberapa minggu lalu di stream on line secara live.

Kini tidak hanya percakapan atau tema-tema diskusi on-line yang bisa diikuti secara real-time. Tapi anda bisa membuat dan mengikuti sebuah real-time event dengan kolaborasi komentar yang juga real-time bisa dilakukan di Twebevent. Situs ini memberikan sebuah peluang bagi mereka yang akan membuat sebuah event on line dan ingin mengajak para user dari twitter untuk ikut berkolaborasi dalam event itu.

Saya membayangkan sebuah ide tentang kolaborasi yang terjadi pada pengguna Twitter dalam sebuah event. Ada dua jenis event yang saya pikirkan satu event yang di buat sendiri dan satu lagi adalah berbagi komentar tentang sebuah event tertentu, misalnya ada simposium atau sebuah seminar dan anda ingin mengajak
kolega anda untuk saling berbagi informasi, lalu anda membuat sebuah event menggunakan Twebevent dan mengundang teman2 anda untuk bergabung, lalu diskusi membahas seminar itu muncul dan jadilah sebuah kolaborasi tentang berbagai komentar atau diskusi tentang sebuah persoalan tertentu.

Ini bisa jadi mirip YM conference tapi dengan vendor yang berbeda yaitu Twitter bukan Yahoo. Twebevent juga memungkinkan anda menambah video/audio stream serta Twitter hastag.

Twebevent menggunakan aplikasi Twitter acount anda, ketika anda membuat sebuah event maka Twebevent akan memberikan sebuah url khusus untuk event anda serta akan menghubungkan event anda dengan twitter lengkap dengan hashtags, jadi jika ada user lain tertarik dengan event yang anda buat maka user itu bisa mengetikkan langsung url atau mengikutinya dengan Twitter dengan alamat hashtags tersebut.

Kemudian Twebevent akan membuat sebuah kolom chat khusus untuk event yang telah dibuat, user lain bisa saling berkolaborasi dengan memberikan komentar serta pendapat pada kolom yang disediakan.

Beberapa aplikasi di situs ini memang belum semuanya berjalan, seperti fungsi topics, list event, find event. Lalu fungsi reply chat yang membutuhkan waktu lama untuk tampil di kolom event, dan tampilan desain yang polos serta petunjuk penggunaan yang tidak terlalu jelas bisa jadi membingunkan anda.

Tapi ide tentang kolaborasi pada sebuah event, dimana user bisa berinteraksi satu sama lain dan saling berdiskusi dan saling berbagi informasi adalah sangat menarik. Semoga saja versi lengkap aplikasi ini bisa lebih menarik dan memberi value tambahan bagi para pelaku kerja kolaboratif.

Bagaimana dengan anda? Apa aplikasi kolaboratif favorit anda? Atau anda juga pengguna Twebevent? Share pendapat anda di kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. Sorry, I can't read this post, but I appreciate you writing about twebevent. Providing you are saying nice things. 🙂

    Our latest version allows anyone to go to http://twebevent.com/YourEventName and start claiming your event and entering event info right on the event page.

    All the best,
    Swan

  2. your welcome swan! 🙂
    actually you can use translate function on the bottom of every article, and read it with your language (english), but thanks anyway, we appreciate that you make comment on this article 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pilih Mana: Firefox 3.6 Beta 4 atau Opera 10.10?

Next Story

Location + Twitter Trends + Compares = GeoMeme

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan