25 October 2022

by Galih

Tanggal Rilis Kerbal Space Program 2 Akhirnya Diumumkan

Kerbal Space Program 2 akan dirilis dengan status early access terlebih dulu

Kerbal Space Program adalah salah satu game membangun paling unik yang memiliki fans setianya sendiri. Karena dalam game ini pemain tidak diminta untuk membangun bangunan, namun membangun sebuah roket.

Kebebasan bereksperimen dengan berbagai komponen memang membuat game ini digemari oleh para pemainnya. Kabar baiknya, sekuel game-nya, yaitu Kerbal Space Program 2, akhirnya mendapatkan tanggal perilisannya.

Setelah penantian selama tiga tahun, akhirnya developer Intercept Games dan publisher Private Division mengumumkan secara resmi bahwa game ini akan dirilis sebagai game early access pada 24 Februari 2023 mendatang.

"Kami sangat bersemangat untuk merilis Kerbal Space Program 2 di early access karena hal tersebut memungkinkan para fans Kerbal untuk melihat sendiri progres menakjubkan yang telah kami buat hingga mencapai tahap akhir pengembangan," ucap creative director Nate Simpson.

Nate juga memastikan bahwa Kerbal Space Program 2 ini masih akan berfokus pada eksplorasi, penemuan, pemecahan masalah, dan juga penaklukan gaya gravitasi dengan menambahkan lebih banyak booster.

Developer Intercept Games membangun game ini dari nol untuk nantinya memberikan keseruan 'rocket science' kepada generasi pemain baru. Mereka bahkan akan menyediakan tutorial interaktif untuk mengajarkan dasar-dasarnya.

Setelahnya, pemain akan dibebaskan untuk membangun pesawat luar angkasanya sendiri menggunakan 350 komponen baru. Komponen tersebut telah diimprovisasi untuk membangun roket yang sesuai impian dan imajinasi para pemain.

Image Credit: Private Division

Kombinasi dalam Kerbal Space Program 2 nantinya juga tidak hanya dapat menghasilkan roket, tapi juga bisa digunakan untuk membuat pesawat, kendaraan penjelajah darat, dan berbagai kreasi kreatif lainnya.

Untuk menjadikan setiap ciptaan terasa lebih personal, pemain nantinya juga memiliki kemampuan untuk menerapkan kustomisasi warna kendaraan yang akan pemain buat sendiri di dalam game.

Meskipun berstatus early access, sekuel Kerbal Space Program ini nantinya tetap akan membebaskan pemain untuk mengeksplorasi seluruh sistem Kerbolar. Intercept Games berjanji bahwa mereka telah membangun ulang semua lokasi ikonik dari dunianya.

Ke depannya, game ini akan mendapat pengembangan lanjutan untuk menambahkan berbagai aspek baru dari game-nya seperti koloni, perjalanan interstellar, hingga improvisasi untuk eksplorasi dan pengumpulan sumber dayanya.

Multiplayer juga menjadi salah satu aspek yang akan dimasukkan ke dalam game-nya nanti. Pemain nantinya bisa bekerja sama maupun berkompetisi dengan pemain lain untuk melihat siapa yang dapat membuat roket terbaik.

Terakhir, mereka juga telah berencana untuk menambahkan dukungan mod, sehingga tidak seperti game orisinalnya, Kerbal Space Program 2 ini nantinya akan mendapatkan banyak konten ekstra dari para modder dan komunitas.