9 September 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Tycoon Terbaik yang Dapat Dimainkan di PC

Dari membangun kota, mendesain taman hiburan, sampai mengelola koloni di Mars, berikut adalah deretan game tycoon paling menarik untuk dimainkan di PC

Percaya atau tidak, game simulasi bisnis atau game tycoon merupakan salah satu genre permainan yang paling ideal untuk memaksimalkan kapabilitas gaming PC Anda. Bukankah game tycoon biasanya memiliki kualitas grafis yang biasa-biasa saja? Betul, tapi kita tidak boleh lupa bahwa kemampuan menghadirkan visual yang apik bukanlah satu-satunya kekuatan PC sebagai platform gaming. Penggunaan mouse dan keyboard pun juga merupakan nilai plus, dan inilah yang membuat PC sangat pas dipakai untuk memainkan game ber-genre tycoon.

Dari mulai merencanakan pembangunan kota, manajemen keuangan, sampai mengelola karyawan, semuanya akan terasa begitu natural ketika dijalani dengan menggunakan mouse dan keyboard. Kombinasi kedua periferal ini tentu juga akan bersinar di game-game strategi perang, namun di artikel ini saya hanya akan berfokus pada game tycoon saja.

Buat saya, game tycoon terbaik adalah yang benar-benar memberikan kuasa penuh kepada pemain untuk berbuat apa saja yang mereka mau. Ketika saya diminta membangun taman hiburan misalnya, game yang bagus adalah yang sama sekali tidak membatasi keisengan saya, dan membiarkan saya membangun tempat rekreasi tanpa satu pun toilet sehingga para pengunjungnya bakal mengompol berjemaah.

Tentu saja itu baru satu contoh dari banyak sekali skenario yang bisa terjadi di suatu game tycoon. Kalau Anda suka mengatur banyak hal sekaligus, berikut adalah 10 game tycoon terbaik yang bisa dimainkan di PC.

Daftar game tycoon terbaik untuk PC

1. Cities: Skylines

Game ini memang sudah berusia lebih dari 7 tahun, akan tetapi ia masih merupakan game simulasi pembangunan kota terbaik yang dapat kita mainkan sekarang, dan pengembangnya sendiri masih aktif merilis konten DLC baru sampai hari ini. Tanpa DLC, Cities: Skylines sebenarnya sudah bisa memberikan pengalaman city building yang amat solid. Namun jika kita tambahkan DLC beserta deretan mod-nya, rasanya akan sangat sulit untuk menjadi bosan dengan game ini.

Bagi yang pernah tahu tentang seri game Sim City tapi tidak mengikuti perkembangannya, Anda mungkin bakal mengira Cities: Skylines sebagai suksesor dari game tersebut. Padahal, tim pengembang Cities: Skylines sebenarnya tidak ada afiliasi apa-apa dengan developer Sim City. Namun itu tidak mencegah mereka menghasilkan game city building yang benar-benar bisa memaksimalkan kreativitas para pemainnya.

Kabar baiknya, base game Cities: Skylines bisa Anda mainkan secara cuma-cuma jika Anda berlangganan PC Game Pass.

2. Tropico 6

Seri game Tropico hampir selalu menyuguhkan premis yang sama: Anda merupakan diktator dari suatu negara kepulauan beriklim tropis, dengan misi menyulap wilayah kekuasaan Anda tersebut menjadi destinasi favorit para turis. Namanya diktator, tidak jarang Anda harus bersikap tangan besi, dan Tropico 6 pun tidak akan kehabisan akal untuk memicu sikap otoriter Anda.

Meski masuk kategori city building, kompleksitas Tropico 6 tidak bisa disamakan dengan game macam Sim City maupun Cities: Skylines tadi. Di sini Anda sama sekali tidak perlu memusingkan soal jaringan listrik maupun suplai air bersih. Sebagai gantinya, Anda akan dihadapkan dengan berbagai situasi sulit yang memaksa Anda untuk mengambil keputusan strategis yang penuh unsur politik. Kalau Anda pernah berfantasi bagaimana rasanya mencurangi pemilu demi mempertahankan rezim kekuasaan Anda, Tropico 6 adalah game yang tepat buat Anda.

Selain di Steam, Tropico 6 juga bisa ditemukan di katalog PC Game Pass.

3. Two Point Hospital

Mengelola sebuah rumah sakit yang super-sibuk di kawasan urban mungkin bukan obat stres yang kita cari. Malahan, permainan semacam itu mungkin justru akan memicu stres lebih parah lagi. Namun Two Point Hospital membuktikan bahwa semua itu sebenarnya bisa dibuat menjadi menyenangkan, dan kuncinya adalah dengan menyisipkan selera humor yang luar biasa.

Gametycoon PC yang satu ini sungguh kocak dan penuh hal-hal tidak terduga. Elemen simulasi bisnisnya memang sangat kental, dan Anda harus pandai-pandai menjaga keseimbangan antara kebahagiaan para staf rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien jika ingin berhasil dalam game ini. Namun seandainya pun upaya Anda gagal, Two Point Hospital bakal tetap bisa membuat Anda tersenyum bahagia dengan kejenakaannya.

4. Two Point Campus

Bayangkan kekonyolan Two Point Hospital tadi, tapi yang semuanya terjadi di universitas ketimbang rumah sakit, maka Anda akan mendapatkan Two Point Campus. Kedua game ini dikembangkan oleh developer yang sama, dan itu akan langsung kelihatan dari selera humor yang terselipkan. Di Two Point Campus, tidak ada satu pun mata kuliah yang terkesan normal, dan semuanya dipastikan mampu membuat Anda tersenyum lebar.

Seperti pendahulunya, Two Point Campus juga merupakan game simulasi bisnis yang sangat menantang. Meski begitu, elemen sandbox-nya tetap amat solid dan sama sekali tidak membatasi imajinasi para pemainnya — kriteria yang sangat esensial untuk suatu game tycoon. Khusus buat pelanggan layanan PC Game Pass, Anda bisa menikmati base game Two Point Campus secara gratis.

5. Planet Coaster

Planet Coaster adalah penerus spiritual dari seri game tycoon yang sangat populer di awal tahun 2000-an, yaitu RollerCoaster Tycoon. Seperti leluhurnya, game ini juga mengajak pemain untuk membangun taman hiburan dalam berbagai macam skenario. Bedanya, tingkat kebebasan yang bisa pemain dapatkan di Planet Coaster jauh lebih tinggi, sebab game ini benar-benar membebaskan pemain menciptakan beragam wahana dari nol sesuai dengan imajinasi liarnya masing-masing.

Anda merasa kurang kreatif? Jangan minder dulu, sebab Anda punya opsi untuk menggunakan karya-karya fantastis dari komunitas pemain Planet Coaster berkat dukungan Steam Workshop yang dibawanya. Tentu saja Anda juga bisa mengunggah kreasi Anda sendiri, mulai dari yang sesederhana toko es krim berdesain unik, sampai wahana roller coaster yang paling ekstrem sekalipun.

Base game Planet Coaster sebenarnya sudah bisa dibilang kaya akan konten, tapi itu masih tidak ada apa-apanya dibanding koleksi DLC yang pengembangnya sajikan. Kalau Anda suka mendesain sesuatu, bersiaplah menghabiskan ratusan atau bahkan ribuan jam di game ini.

6. Planet Zoo

Anda lebih suka mendesain kebun binatang ketimbang taman hiburan? Anda bisa melirik Planet Zoo. Game ini digarap oleh Frontier Developments, studio yang sama yang mengerjakan Planet Coaster tadi, dan itu berarti keleluasaan dari sisi gameplay yang bakal pemain dapatkan di game ini juga tidak kalah fenomenal. Secara total, ada 70 spesies binatang pada base game Planet Zoo, namun ini bisa ditambah lagi sampai lebih dari 130 spesies dengan koleksi DLC-nya.

Seperti halnya Planet Coaster, Planet Zoo turut mengemas elemen simulasi dan manajemen yang kompleks sekaligus mendalam. Bagi yang sebelumnya tidak pernah memainkan permainan semacam ini, Anda tak perlu khawatir karena Planet Zoo punya tutorial yang sangat mudah untuk diikuti dan tidak membosankan sama sekali.

7. Jurassic World Evolution 2

Satu lagi karya Frontier Developments yang wajib dimainkan para pencinta game tycoon. Sesuai judulnya, Jurassic World Evolution 2 mengambil inspirasi langsung dari franchise film Jurassic Park, mengajak Anda untuk membangun dan mengelola taman hiburan megah yang dipenuhi makhluk-makhluk purba. Secara total, ada lebih dari 75 spesies dinosaurus yang bisa Anda jumpai di Jurassic World Evolution 2, dan masing-masing memiliki animasi yang kelihatan amat realistis.

Seperti di Planet Coaster maupun Planet Zoo, Anda juga bisa bebas bermain-main dengan imajinasi Anda di Jurassic World Evolution 2. Alternatifnya, Anda juga bisa mengikuti campaign-nya, dengan cerita orisinal yang menyambung dengan film Jurassic World: Fallen Kingdom. Beberapa karakter yang akan Anda jumpai dalam campaign ini juga diisi suaranya oleh pemeran film aslinya, contohnya Dr. Ian Malcolm (Jeff Goldblum) dan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard).

Masih butuh alasan lain lagi untuk mencobanya? Well, game ini ada di katalog PC Game Pass.

8. Rimworld

Game tycoon identik dengan aspek manajemen atau pengelolaan. Namun tidak pernah ada yang bilang bahwa yang harus dikelola adalah bisnis atau negara. Terkadang, yang justru lebih sulit untuk dikelola adalah manusia, seperti yang dibuktikan oleh game berjudul RimWorld ini.

Di RimWorld, Anda bertanggung jawab atas koloni manusia yang terdampar di suatu planet asing. Segala cara harus dilakukan demi bertahan hidup, namun game ini rupanya tidak kehabisan cara untuk membuat Anda mempertanyakan sendiri keputusan Anda. Lebih lanjut, problem yang muncul di RimWorld tidak selalu melibatkan faktor eksternal. Tidak jarang, relasi antar manusia dalam koloni Anda justru bisa memicu permasalahan yang lebih serius lagi.

Semua itu mungkin terdengar terlalu muram untuk suatu video game. Namun dengan begitu banyaknya skenario yang bisa terjadi di RimWorld, Anda akan selalu mendapatkan pengalaman yang fresh di tiap sesi bermain, dan itu saja sudah bisa menjadikannya sebagai salah satu game bertema manajemen terbaik yang dapat dinikmati saat ini.

9. Frostpunk

Frostpunk adalah sebuah game city building dengan twist yang sangat unik. Di sini Anda akan bermain sebagai penguasa kota terakhir di Bumi. Kota-kota lainnya sudah habis ditelan cuaca dingin yang begitu ekstrem, sementara kota Anda bisa bertahan hanya karena punya generator bertenaga uap yang berfungsi sebagai penghangat raksasa. Problemnya: stok batu bara amat kritis, dan Anda tidak punya banyak sumber daya manusia yang dapat diperkerjakan.

Game ini sangat jago menempatkan Anda di posisi sulit yang memicu dilema moral. Saat stok batu bara benar-benar sudah menipis, Anda bisa saja memperkerjakan anak-anak demi keselamatan bersama. Namun tentu saja, kebijakan seperti itu akan berdampak pada sebagian besar warga Anda yang kehilangan harapan. Dan ketika sudah mentok, mereka bisa saja protes dan mogok kerja. Singkat cerita, tidak ada keputusan yang ideal di Frostpunk, sebab semuanya pasti punya konsekuensi negatif.

Frostpunk punya beberapa skenario campaign yang sangat menarik, dan masing-masing hadir membawa variasi gameplay-nya sendiri-sendiri. Kalau Anda ingin merasakan pengalaman bermain game city building yang berbeda, jangan lewatkan Frostpunk, apalagi mengingat base game-nya bisa dimainkan secara cuma-cuma di PC Game Pass.

10. Surviving Mars

City building dengan sedikit elemen survival, kira-kira begitulah cara termudah mendeskripsikan Surviving Mars. Sesuai judul game-nya, Anda ditugaskan membangun koloni di planet Mars dan bertahan hidup di sana. Prosesnya tentu tidak mudah, sebab Mars memang bukanlah lokasi yang layak dihuni makhluk yang sangat bergantung pada oksigen. Namun di situlah letak tantangannya.

Belum selesai mengatasi sederet problem yang dilimpahkan oleh Mars, Anda juga masih harus mengurusi kebutuhan masing-masing individu, seperti misalnya ketika sang pimpinan tim R&D Anda kecanduan alkohol akibat terlalu banyak bekerja. Situasi-situasi tidak terduga seperti ini akan semakin menambah keseruan selagi Anda asyik membangun infrastruktur dengan gaya retro-futuristis di Surviving Mars.