26 July 2022

by Hans Thio

Guide Karina Mobile Legends 2022: Skill, Build, Tips, dan Counter-nya

"The best assassination comes in the form of art." - Karina

Karina Mobile Legends merupakan salah satu hero assassin yang memiliki skill yang simpel dan mudah digunakan. Meskipun begitu, Karina memiliki build serta gameplay yang unik. Oleh karena itu, Anda wajib membaca guide ini untuk memahami dan memaksimalkan kekuatan Karina.

Guide Karina Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Overview Gameplay Karina Mobile Legends

Karina merupakan assassin yang memberikan magicdamage dantrue damage. Assassin ini menjadi jungler META karena mobilitasnya yang tinggi dan skill pasifnya yang bisa membuat serangannya memberikan true damage tambahan. Skill pasif ini membuat Karina salah satu hero tercepat untuk clearjungle.

Tidak hanya itu, Karina dapat di-build sebagai tank jungler berkat skill pasif-nya yang bersifat truedamage. Namun, Karina buildtank memiliki playstyle serta peran yang berbeda dengan Karina builddamage.

Karina build damage memiliki burstdamage tinggi dan kemampuan pick-off yang sangat kuat. Namun, karena kurangnya atribut defense dan HP, ia harus menjaga posisi dan memasuki teamfight di waktu yang tepat.

Sementara itu, Karina build tank mempunyai gameplay yang bertolak belakang dengan Karina build damage. Karina build tank mampu menahan banyak damage dan membuang skill lawan di teamfight. Akan tetapi, ia tidak memiliki damage yang tinggi seperti build damage. Karenanya, ia harus bergantung pada teman satu tim untuk membunuh hero lawan dengan cepat.

Penjelasan Skill Karina

Image Credit: Moonton

Pasif: Shadow Combo

Ketika Karina menyerang target yang sama tiga kali, serangannya akan memberikan truedamage tambahan sebesar 50 ditambah 5% dari HP target yang hilang. Jika target merupakan hero lawan, cooldownskill non-ultimate Karina akan dikurangi sebanyak 1,5 detik.

Skill 1: Dance of Blades

Karina memasuki mode Dance of Blades dan mengayunkan Twin Blade-nya selama 3,5 detik. Dalam mode ini, Karina meningkatkan movementspeed-nya sebesar 45% dan memantulkan semua serangan basicattack, memberikan magicdamage kepada lawan yang menyerangnya.

Skill 2: Dance of Death

Karina mengayunkan Twin Blade-nya, memberikan magicdamage kepada lawan di sekitarnya.

Ultimate: Shadow Assault

Karina melakukan dash kepada hero lawan, memberikan magicdamage, meninggalkan Shadow Mark kepada lawan, serta meninggalkan Shadowform di belakang lawan. Kedua efek ini berlangsung selama 5 detik. Setelah itu, skill ini bisa digunakan kembali.

Gunakan kembali: Karina melakukan dash yang sangat cepat ke lokasi Shadowform, memberikan magicdamage kepada semua lawan di jalurnya.

Saat target dengan Shadow Mark tereliminasi, cooldownskill ini akan di-reset.

Untuk penjelasan skill yang lebih detail, bisa Anda cek di game atau laman resmi MLBB.

Emblem Karina Mobile Legends

Mage Emblem — Mystery Shop

Image Credit: Moonton

Emblem ini cocok digunakan untuk meningkatkan damage Karina. Ini karena emblem mage memiliki atribut magicpower serta magic PEN yang tinggi. Selain itu, Anda dapat menggunakan talentMysteryShop untuk mendapatkan item lebih cepat.

Jungle Emblem — Mage Killer

Emblem jungle merupakan satu-satunya emblem yang bisa meningkatkan damage kepada creep jungle. Berkat itu, emblem jungle memiliki kecepatan farming yang lebih cepat dibandingkan emblem lain.

Namun, emblem jungle tidak memiliki atribut magic PEN. Oleh sebab itu, emblem jungle lebih cocok digunakan Karina buildtank.

Di bagian talent, Anda bisa menggunakan MageKiller untuk membunuh Lord, Turtle, dan Turret dengan lebih cepat.

Item Build Karina Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Build Karina Tank

1. Tough Boots/Warrior Boots

Untuk atribut defense yang kuat di earlygame, Anda dapat menggunakan ToughBoots untuk magicdefense, atau WarriorBoots untuk physicaldefense.

2. Cursed Helmet

CursedHelmet merupakan item yang wajib di-build tank jungler. Item ini memiliki pasif unik yang bisa mempercepat clearjungle serta menambah DPS. Tidak hanya itu, item ini juga memiliki atribut HP yang tinggi.

Item Defense

Untuk empat item lainnya, Karina dapat menggunakan itemdefense yang sesuai dengan lawan, seperti BladeArmor untuk meng-counter marksman, AntiqueCuirass untuk meng-counterphysicaldamage, atau Athena'sShield untuk meng-countermagicdamage.

Build Karina Damage

1. Arcane Boots

ArcaneBoots merupakan sepatu yang cocok untuk meningkatkan magic damage. Ini karena ArcaneBoots adalah satu-satunya sepatu yang memiliki atribut magic PEN.

2. Clock of Destiny

Clockof Destiny merupakan item yang harus di-build pertama setelah sepatu. Ini karena pasif unik milik Clock of Destiny membutuhkan waktu untuk mendapatkan stack yang memberikan atribut tambahan. Ketika mencapai stack maksimalnya, Clock of Destiny akan meningkatkan magicpower sebesar 5% dan 300 mana.

3. Calamity Reaper

Calamity Reaper memiliki pasif unik yang memperkuat basicattack dengan truedamage tambahan — Calamity. Pasif unik tersebut sangat cocok dipakai Karina, yang memiliki cooldownskill yang cepat.

Calamity: Dalam 3 detik setelah menggunakan skill, basicattack berikutnya akan memberikan truedamage tambahan sebesar 120% dari magicpower dengan cooldown selama 1,5 detik. Setelah efek ini digunakan, movementspeed hero akan meningkat sebesar 10% untuk waktu yang singkat.

4. Holy Crystal

HolyCrystal merupakan item yang bisa meningkatkan magicpower secara besar-besaran. Pasif unik item ini meningkatkan magicpower sebesar 21~35% (meningkat dengan level).

5. Divine Glaive

Memiliki atribut magic PEN tertinggi, DivineGlaive merupakan item yang wajib digunakan untuk menembus magicdefense lawan. DivineGlaive juga memiliki pasif unik yaitu Spellbreaker: Saat memberikan damage pada target, setiap magicdefense yang dimiliki lawan akan meningkatkan magic PEN sebesar 0,1% (maksimal 20%).

6. Immortality/Blood Wings

Immortality merupakan itemdefense yang wajib digunakan di lategame. Ini karena pasif uniknya yang memberikan hidup ekstra. Selain itu, item ini juga menambah sedikit HP dan physicaldefense.

Namun, jika Anda ingin memberikan damage yang lebih besar, Karina juga bisa menggunakan BloodWings sebagai alternatif.

Tips Karina Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Berikut ini adalah beberapa tips dan hal kecil yang penting untuk pemula.

  1. Tidak seperti assassin META lainnya, Karina tidak memiliki skill dash selain ultimate-nya. Karena itu, Anda harus menggunakan ultimate Karina secara bijak.

  2. Karina memiliki skill pasif yang memberikan damage tambahan berdasarkan HP target yang hilang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan damage tambahan tersebut dan Retribution secara bersamaan untuk memperoleh last hit Lord atau Turtle dengan mudah.

Counter Karina Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Karena Karina memiliki dua build yang mempunyai playstyle dan karakteristik yang berbeda, kita akan membahas counter kedua build tersebut.

Counter Karina Tank

Karina build tank mempunyai atribut HP dan defense yang tinggi. Oleh karena itu, ia bisa di-counter oleh hero-hero yang dapat menembus defense dan HP, seperti Dyrroth, Lunox, dan Karrie.

Ketika melawan hero-hero tersebut, Karina build tank tidak efektif untuk digunakan karena ia tidak bisa menahan damage maupun memberikan damage yang besar.

Counter Karina Damage

Seperti assassin pada umumnya, Karina builddamage dapat dibunuh dengan mudah oleh hero yang memiliki serangan jarak jauh dan burstdamage. Selain itu, hero yang mempunyai efek CC target, seperti Chou, Franco, atau Kaja dapat menghentikan pergerakan Karina yang lincah di teamfight.

Jika Anda melawan hero-hero tersebut, Karina lebih cocok untuk di-build tank.

Penutup

Itulah tadi guide Karina Mobile Legends 2022. Perlu diingat, walaupun Anda sudah membaca guide ini, latihan dan jam terbang yang cukup tetap diperlukan untuk menguasai assassin ini.