12 Karakter Bintang 4 Terbaik di Genshin Impact

Di Genshin Impact, kekuatan karakter tidak dicerminkan dari rarity, melainkan berdasarkan kemampuan dan manfaat apa yang diberikan.

Genshin Impact merupakan game Action RPG dengan lingkungan Open World, yang dapat dimainkan secara gratis. Di game ini, pemain akan bertemu dengan banyak sekali karakter, dengan berbagai latar belakang dan kemampuan.

Untuk mendapatkan suatu karakter di Genshin Impact, pemain harus melakukan Wish atau gacha di banner yang telah disediakan. Berdasarkan rarity, karakter dibagi menjadi karakter bintang 4 dan bintang 5. Secara Umum, karakter bintang 4 lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan karakter bintang 5.

sumber: Genshin Impact

Berbeda dengan game lain, rarity tidak sepenuhnya menentukan kekuatan dari sebuah karakter. Di Genshin Impact, ada sejumlah karakter bintang 4 yang kemampuannya dapat melampaui performa dari karakter bintang 5 sekalipun. Apalagi pemain memerlukan empat karakter untuk membentuk satu tim yang utuh.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kemampuan karakter tersebut, senjata terbaiknya yang relatif lebih mudah didapatkan, konstelasi, atau bahkan hanya karena tidak ada yang dapat menggantikan karakter tersebut.

Berikut ini adalah 12 karakter bintang 4 terbaik di Genshin Impact versi Hybrid, disertai dengan senjata & artefak yang umum digunakan, serta konstelasi pentingnya:

1. Bennett

sumber: Genshin Impact

Bennett merupakan seorang petualang yang tergabung pada "Benny's Adventure Team". Karena nasibnya yang sering dirundung kemalangan, anggota timnya meninggalkannya seorang diri. Berdasarkan latar belakang tersebut, Bennett didesain untuk mampu melakukan semuanya seorang diri.

Bennett dilengkapi dengan kemampuan memberikan buff Attack, memulihkan HP karakter, menghasilkan partikel energi Pyro, membantu mengakses Pyro Resonance dan mampu menghilangkan aura debuff pada karakter aktif. Segudang skill inilah yang menjadikan Bennett sebagai karakter bintang 4 top-tier, yang dapat memasuki berbagai komposisi tim.

2. Xingqiu

sumber: Genshin Impact

Xingqiu merupakan putra kedua dari pemimpin serikat perdagangan berpengaruh di Liyue, yaitu Feiyun Commerce Guild. Ia juga seorang praktisi seni bela diri dari klan Guhua.

Kekuatan terbesar Xingqiu adalah kemampuannya mengaplikasikan Hydro secara konsisten terhadap musuh. Sebagai sub DPS, kemampuan ini akan sangat membantu karakter DPS untuk melakukan reaksi seperti Vaporize, Freeze, dan Electro-Charged. Belum lagi setiap pedang air yang diluncurkan memiliki damage yang tinggi.

Selain damage, Xingqiu juga bisa memberikan manfaat lain. Ia mampu memberikan damage reduction terhadap karakter aktif saat Elemental Skill atau Burst-nya sedang aktif. ia juga dapat memberikan sedikit heal. Dengan berbagai kemampuan ini, Xingqiu dapat membuat karakter DPS seperti Hu Tao, Yoimiya atau Ayaka dapat bersinar dengan mudah.

3. Sucrose

sumber: Genshin Impact

Sucrose merupakan asisten dari Albedo, sang kepala ahli alkimia dari Knight of Favonius. Belajar dari Albedo, ia merupakan ahli alkimia yang ahli di bidang bio-alchemy.

Kekuatan Sucrose yang paling mendasar adalah dirinya sebagai karakter Anemo dengan senjata catalyst. Setiap serangannya, baik dari Normal Attack, Elemental Skill dan Burst, dapat mereaksikan swirl dengan mudah. Dengan demikian, ia dapat mengakses efek artefak Viridescent Venerer dengan leluasa.

Kemampuannya mengakses swirl dengan Normal Attack inilah yang membuat dirinya cocok sebagai enabler di salah satu komposisi tim yang kuat, yaitu taser team. Tim yang mengandalkan Electro-Charged sebagai tumpuan, umumnya terdiri atas Sucrose, Xingqiu, Beidou, dan Fischl.

Sucrose juga dapat memberikan bonus Elemental Mastery kepada satu tim, lewat talenta pasifnya. Selain itu, partikel energi Anemo yang Sucrose hasilkan juga cukup banyak, menjadikannya sebagai Anemo battery yang pas buat Xiao. Akses terhadap Thrilling Tales of the Dragon Slayer juga merupakan nilai tambahan bagi Sucrose.

4. Kaeya

sumber: Genshin Impact

Kaeya merupakan kapten kavaleri dari Knights of Favonius. Dirinya sangatlah dihargai oleh warga Mondstadt, walaupun ia memiliki pesona yang eksentrik dan misterius. Ia juga merupakan salah satu karakter yang pemain dapatkan secara gratis di awal game.

Kaeya merupakan karakter Cryo yang kuat, walaupun dengan predikatnya sebagai karakter gratis. Ia mampu dengan konsisten mengaplikasikan Cryo kepada musuh yang ada di sekitar karakter aktif. Kemampuan ini sangatlah cocok untuk mengakses reaksi elemen seperti Melt dan Freeze. Partikel energi yang ia hasilkan juga cukup banyak, apalagi saat ia bisa membekukan musuh saat mengaktifkan Elemental Skill-nya.

5. Diona

sumber: Genshin Impact

Diona adalah seorang bartender di Cat's Tail, yang sebenarnya sangat membenci alkohol. Tujuannya bekerja di sana adalah ia hanya ingin merusak reputasi industri anggur di Mondstadt, dengan membuat minuman anggur yang tidak enak. Namun entah mengapa, Diona selalu membuat minuman anggur yang nikmat, walaupun dengan berbagai bahan nyeleneh yang dimasukkannya.

Diona merupakan salah satu karakter yang memiliki skillkit yang komplit. Ia mampu memberikan shield, dapat memberikan heal, dan juga menghasilkan partikel energi Cryo yang cukup banyak. Selain itu, melalui C6-nya, Diona juga dapat memberikan tambahan 200 Elemental Mastery, saat ada karakter aktif yang berada pada area Elemental Burst-nya.

Dengan tingginya popularitas karakter Cryo seperti Ayaka, Ganyu, dan Eula, Diona bisa dengan mudah mengisi tim ini. Diona biasanya mengisi posisi healer dan utility pada komposisi tim Freeze atau digunakan sebagai battery Eula.

6. Beidou

sumber: Genshin Impact

Beidou merupakan seorang kapten dari awak kapal kenamaan di Liyue, The Crux. Ia adalah seorang wanita yang dapat diandalkan dan sangat kuat. Ia pernah mengalahkan seekor monster laut, Haishan, sebelum memiliki Vision. Ia dijuluki sebagai The Uncrowned Lord of the Ocean.

Beidou merupakan salah satu sub DPS Electro terkuat. Sedikit berbeda dengan sub DPS kebanyakan yang bentuk serangannya berupa serangan single-target atau bersifat AoE, Beidou akan menyerang musuh dengan serangan listrik, yang akan memantul antar musuh. Serangan ini terletak pada Elemental Burst Beidou, yang akan terpicu melalui Normal Attack karakter aktif.

Saking kuatnya Elemental Burst ini, miHoYo sampai memutuskan untuk tidak dapat mengkombinasikan Elemental Burst Beidou dan Raiden Shogun. Natur serangan Beidou yang memantul-mantul ini lebih cocok dipakai saat melawan 2 musuh atau lebih.

7. Fischl

sumber: Genshin Impact

Fischl von Luftschloss Narfidort atau Fischl adalah seorang penyelidik untuk Adventures' Guild di Mondstadt. Ia ditemani oleh gagak pendamping setianya, Oz. Fischl mengklaim bahwa dirinya datang dari dunia lain. Ia adalah petualang yang memiliki teori aneh bak khayalan, yang malah menjadi kenyataan.

Sederhana namun kuat, itulah pernyataan yang cocok mendeskripsikan Fischl. Melalui Oz, Fischl akan memberikan damage Electro secara konsisten. Setelah itu, setiap serangan yang berhasil, Oz akan menghasilkan partikel energi Electro, yang cocok dipakai untuk karakter seperti Beidou, menjadikannya sebuah duet yang solid. Karakter-karakter seperti Sucrose dan Childe, juga dapat melengkapi duet maut tersebut.

8. Rosaria

sumber: Genshin Impact

Rosaria adalah seorang biarawati pada Church of Favonius di Mondstadt. Berbeda dengan rekan-rekannya, Ia merupakan wanita yang tidak biasa, dengan pernyataan tajam dan menusuk. Ia sering melewati aktivitas gereja, untuk menumpas sendiri kejahatan yang ada di Mondstadt.

Sebagai salah satu elemen terkuat, Rosaria mampu menaikkan lebih lagi derajat elemen Cryo. Ia memiliki damage yang cukup tinggi dan mampu menaikkan Crit Rate dari anggota tim melalui talenta pasifnya. Partikel energi Cryo yang dihasilkan pun tergolong banyak.

Keemampuan Rosaria memiliki kemiripan dengan Kaeya. Jika Burst Kaeya akan mengikuti karakter aktif, maka Burst Rosaria akan menetap di tempat Burst-nya diaktifkan.

9. Ningguang

sumber: Genshin Impact

Ningguang adalah pemilik dari Jade Chamber, yang berada di atas Liyue. Sebagai Tianquan dari Liyue Qixing, ia bertugas mewujudkan hukum yang adil dan ketertiban umum. Ia juga merupakan pebisnis handal yang disegani di Liyue.

Ningguang merupakan salah satu karakter, yang mampu mengisi berbagai role, karena kemampuannya yang serbaguna dan didukung dengan damage yang tinggi pula. Sebagai main DPS, ia bisa mengeluarkan damage yang tidak sedikit. Dan sebagai sub DPS atau support, damage dan manfaat yang diberikan juga tidak bisa dilihat sebelah mata.

10. Kujou Sara

sumber: Genshin Impact

Memiliki garis keturunan Tengu, Sara merupakan anak angkat dari klan Kujou dari Tenryou Commision. Setia pada klan dan Raiden Shogun, jendral pasukan di Inazuma ini akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan kehendak Shogun.

Berbeda dengan karakter-karakter sebelumnya yang cukup fleksibel, Kujou Sara merupakan karakter sub DPS dan support yang cenderung eksklusif untuk karakter Electro. Walaupun demikian, Kujou Sara masih memiliki kemampuan untuk meningkatkan ATK kepada sebuah karakter apa saja, melalui Elemental Skill-nya. Damage Elemental Burst Kujou Sara juga tergolong tinggi. Namun value Kujou Sara akan meningkat jauh, saat ia menyentuh C6.

11. Gorou

sumber: Genshin Impact

Gorou adalah seorang jendral yang memimpin tentara Watatsumi, yang menentang Vision Hunt Decree. Ia merupakan seorang yang pemberani dan dapat diandalkan. Gorou juga merupakan bawahan dari Sangonomiya Kokomi, sang pendeta suci dari klan Sangonomiya.

Sama seperti Kujou Sara, Gorou merupakan karakter yang perannya sangat spesifik, yaitu dengan mendukung karakter Geo dan yang memiliki scaling Defense. Walaupun tidak seluwes karakter lain, Gorou merupakan karakter yang patut diperhitungkan, saat memakai karakter-karakter seperti Arataki Itto, Albedo, dan Noelle. Ia akan menyediakan sedikit heal, saat menyentuh C4.

12. Xiangling

sumber: Genshin Impact

Karakter terakhir yang ada di list kali ini adalah Xiangling. Ia merupakan kepala koki pada Wanmin Restaurant, dan bekerja bersama ayahnya, Chef Mao. Sebagai seorang koki, Xiangling tidak takut untuk mencoba berbagai resep maupun bahan yang "eksotis". Xiangling bisa didapatkan pemain secara gratis, dengan menyelesaikan Spiral Abyss pada Floor 3-3.

Xiangling merupakan karakter yang mampu mengaburkan batas antara main DPS, sub DPS, dan enabler. Hal ini disebabkan karena Pyronado yang dimilikinya, memiliki damage yang tinggi, dan didukung oleh kemampuan snapshotting dan tidak adanya internal cooldown. Burst-nya juga dapat menjadi enabler Pyro, yang akan memfasilitasi karakter-karakter Cryo, seperti Ganyu, Rosaria, dan Kaeya, untuk melakukan reaksi Melt.

Penutup

Sebagai karakter yang mudah didapatkan, karakter bintang 4 memiliki value yang berbeda dengan karakter bintang 5. Bahkan terkadang, absennya karakter bintang 4 tertentu pada akun pemain, bisa mengurangi potensi karakter bintang 5 tertentu secara drastis.

Daftar ini juga dapat menjadi tips untuk event seperti Prosperous Partnership, yang memungkinkan pemain untuk memilih salah satu dari karakter bintang 4 yang tersedia secara gratis.