Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Build Terbaik Yoimiya Genshin Impact: Senjata, Komposisi Tim, dan Tips untuk Patch 2.0

17 August 2021Daniel Hamiaz

Pew, pew, pew, pew, pew, pew!!!

Pada Patch 2.0, akhirnya Yoimiya dirilis untuk Genshin Impact bersamaan dengan Sayu. Ia merupakan karakter bintang 5 dengan senjata bow dan elemen Pyro. Ia dirilis dengan rolemain DPS. Lalu, bagaimana cara memakai Yoimiya yang tepat?

Overview

Gameplay Yoimiya bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan beberapa karakter yang sudah dirilis sebelumnya. Yoimiya mengambil beberapa aspek dari Hu Tao, Childe, dan Ganyu. Bisa dibilang juga, gameplay-nya mirip dengan Klee, namun dengan Elemental Skill dan Burst yang ditukar. Walau demikian, Yoimiya memiliki beberapa aspek unik yang tidak dimiliki oleh karakter lain.

Permainan Yoimiya bertumpu pada Elemental Skill dan rotasi tim. Sebagian besar damage Yoimiya terletak saat Elemental Skill-nya aktif. Setelah durasi Elemental Skill-nya habis, pemain bisa menggantinya dengan karakter lain sambil menunggu cooldown Elemental Skill-nya.

Artefak

Pemilihan artefak Yoimiya, sangat bergantung dari komposisi tim dan playstyle yang diinginkan. Ada beberapa pilihan artefak yang bisa dipakai Yoimiya, di antaranya adalah:

1.Build Reaction

Seperti pyro dps yang lain, Yoimiya cocok dipasangkan dengan Xingqiu. Atau selain Vaporize, ia bisa juga dipasangkan dengan elemen Electro untuk Overload atau bahkan Melt (walaupun agak tricky). Oleh karena itu, artefak yang cocok untuk playstyle tersebut adalah 4-set Crimson Witch of Flames. Untuk artefak alternatifnya, Yoimiya dapat memakai kombinasi antara 2-set Crimson Witch of Flames / Shimenawa’s Reminence / Gladiator’s Finale.

2.Build Normal Attack

Bagi Anda yang suka menyerang dengan normal attack secara terus menerus, maka artefak yang cocok untuk playstyle ini adalah 4-set Shimenawa’s Reminence.

Namun perlu diperhatikan, untuk mendapatkan potensi penuh dari artefak ini, Anda harus memerhatikan energi yang dimiliki Yoimiya saat mengaktifkan Elemental Skill-nya. Dengan set ini juga, maka Elemental Burst Yoimiya akan jarang atau bahkan tidak pernah keluar sama sekali.

Bagi Anda yang berencana memakai karakter shielder (seperti Zhongli), Anda bisa mencoba artefak 4-set Retracing Bolide. Walau artefak ini tidak memberikan bonus damage sebesar 4-set Shimenawa’s Reminence, namun syarat yang dipenuhi cukup mudah, dan Anda masih bisa mengakses Elemental Burst Yoimiya.

3.Build Mono Pyro

Bagi Anda yang tidak tertarik dengan reaksi elemental, maka artefak alternatif  yang bisa dipakai adalah 4-set Lavawalker. Artefak ini bersifat niche dan situasional, karena tidak semua jenis musuh dapat diaplikasikan Pyro secara terus-menerus atau karena efek Leyline pada Spiral Abyss.

Main stat yang harus dicari :

  • Sands: Atk%
  • Goblet: Pyro Damage Bonus
  • Circlet: Crit rate/dmg

Untuk sub stat, yang diprioritaskan adalah :

  • Crit rate/dmg
  • Atk%
  • Elemental Mastery
  • Energy Recharge

Senjata

Bagian senjata akan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik: Thundering Pulse

MiHoYo sepertinya mendesain Thundering Pulse khusus untuk Yoimiya, mulai dari base attack yang tinggi, sub-stat crit damage, dan efek pasif yang sangat mencerminkan playstyle Yoimiya.

Untuk senjata alternatif Yoimiya, Anda bisa memakai antara Amos’ Bow,
Skyward Harp, dan The Viridescent Hunt. Untuk Amos’ Bow, Yoimiya tidak bisa mendapatkan potensi dari senjata tersebut, dikarenakan range serangannya yang pendek. Skyward Harp dan The Viridescent Hunt dapat memberikan sedikit damage area untuk Yoimiya.

Senjata F2P terbaik: Rust

Seperti Childe, Yoimiya akan sangat berfokus pada serangan Normal Attack. Oleh karena itu, Rust merupakan senjata yang paling tepat. Rust juga cocok untuk semua playstyle Yoimiya. Semakin tinggi refinement Rust, semakin besar pula damage yang dihasilkan.

Untuk senjata F2P alternatifnya, Anda bisa memakai Hamayumi, Prototype Crescent, Blackcliff Warbow dan Slingshot. Berbeda dengan Rust, rekomendasi senjata alternatif tersebut sangat bergantung dengan playstyle pemain atau situasi pemakaian.

Hamayumi akan memberikan bonus damage, apabila energi karakter tersebut penuh. Bonus tersebut akan sulit dicapai, apabila Anda memakai 4-set Shimenawa’s Reminence. Maka untuk memakai Hamayumi, sebaiknya Anda memperhatikan lagi artefak yang Anda pakai, atau memakai senjata lainnya.

Prototype Crescent dan Blackcliff Warbow akan sangat bergantung pada jenis musuh yang dihadapi. Sedangkan untuk Slingshot, bisa Anda pakai jika Anda belum memiliki semua senjata yang telah disebutkan. Efek pasif dari Slingshot cocok untuk Yoimiya, serta substat Crit rate yang cukup membantu.

Komposisi Tim

Komposisi tim merupakan aspek paling penting saat menggunakan Yoimiya. Ada beberapa pilihan komposisi tim yang cocok saat bermain Yoimiya, di antaranya adalah:

Ada sebuah komposisi tim menarik untuk Yoimiya, yakni Firework. Komposisi ini mirip dengan tim Firework milik Childe, hanya saja Childe diganti dengan Yoimiya. Tim ini akan memanfaatkan reaksi Overload untuk memberikan damage area, yang tidak dimiliki oleh Yoimiya.Tim ini terdiri dari Yoimiya, Beidou, Fischl, dan 1 karakter bebas, contohnya Bennet.

Kelemahan dari komposisi ini adalah Overload akan mementalkan musuh berukuran kecil, dan pemain harus mengejar musuh tersebut. Namun apabila Yoimiya dan 3 karakter lain ter-build dengan baik, maka Anda tak perlu khawatir, karena musuh berukuran kecil tersebut sudah mati terlebih dahulu sebelum sempat terpental.

Seperti DPS Pyro lainnya, Yoimiya bisa dipasangkan dengan Xingqiu untuk memicu Vaporize. Untuk komposisi tim ini, Anda hanya perlu membawa Xingqiu dan 2 karakter lain sesuai kebutuhan, seperti Kazuha/Venti/Sucrose atau Bennet.

Bagi Anda yang tidak terlalu suka bermain reaksi, maka ada komposisi mono Pyro. Tim ini diisi dengan 2 karakter Pyro dan Geo, seperti Yoimiya, Zhongli, Albedo dan Bennet. Elemental Resonance antara 2 Pyro dan 2 Geo akan memberikan tambahan damage keseluruhan tim.

Mono Pyro juga dapat diisi oleh 3 karakter Pyro, contohnya adalah Yoimiya, Bennet, Xiangling, dan 1 karakter bebas berelemen Anemo/Geo, seperti Kazuha, Venti, Sucrose, Zhongli atau Albedo.

Kelemahan dari komposisi tim Mono Pyro adalah, Anda harus memerhatikan jenis musuh yang sedang dihadapi. Sebab, ada beberapa jenis musuh yang tidak dapat di-apply Pyro sama sekali atau terkena efek Leyline pada Spiral Abyss.

Tips & Trick

Walaupun cara bermain Yoimiya mirip dengan Childe dan Fischl main DPS, namun Yoimiya tidak membutuhkan animation cancelling. Hal ini dikarenakan tidak ada jeda yang signifikan antara setiap serangan Yoimiya.

Yoimiya memiliki internal cooldown (ICD) dalam mengaplikasikan Pyro. Maka dari itu, rotasi yang tepat dan tim yang kuat bisa mengatasi masalah tersebut.

Yoimiya sebagai karakter memang mudah untuk dimainkan, namun untuk mengakses potensi maksimalnya, diperlukan penguasaan rotasi tim yang baik.

Penutup

Apabila sebuah karakter dengan rolemain DPS dirilis, maka karakter tersebut akan selalu dibandingkan dengan karakter DPS lainnya. Hal tersebut berlaku juga untuk Yoimiya. Ia dirilis dengan kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu pemainlah yang menjadi penentu. Apakah Yoimiya Anda akan bersinar seperti kembang api di langit malam?

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV