10 September 2022

by Galih

Xbox Luncurkan Joystick Elite Core yang Lebih Terjangkau

Joystick ini dihadirkan untuk menjangkau lebih banyak gamer

Joystick Elite milik Xbox memang menjadi salah satu kontroler favorit baik para pengguna Xbox maupun PC. Namun salah satu masalah yang mungkin dikeluhkan para gamer adalah harga joystick-nya yang cukup mahal.

Microsoft kelihatannya menyadari hal tersebut, sehingga kini mereka merilis versi 'ekonomis' dari kontroler Xboxe Elite Series 2.

Mengusung nama Xbox Elite Wireless Controller Series 2 – Core atau bisa juga disebut Xbox Elite Core, kontroler ini memiliki desain yang identik dengan Xbox Elite biasa.

Perbedaan yang paling terlihat ada pada warna kontrolernya yang kini menjadi hitam-putih, ini berbeda dengan kontroler Xbox Elite yang memiliki warna hitam penuh. Dengan kombinasi ini, Xbox Elite Core jadi terlihat unik dan mudah dikenali.

Image Credit: Xbox

Perbedaan lain adalah joystick Xbox Elite Core ini memiliki aksesoris yang lebih sedikit dari versi penuhnya. Tapi dengan sisi positif bahwa harga kontroler ini kini bisa menjadi lebih murah dari yang versi 'hitam'.

Beberapa aksesoris yang akan absen pada kontroler Xbox Elite Core ini antara lain adalah:

  • Tas pembawa
  • Docking pengecasan
  • 4 tombol paddle tambahan
  • 4 thumbstick analog tambahan
  • Tombol D-pad tambahan

Pembeli joystick Xbox Elite Core ini hanya akan mendapatkan kabel USB-C dan juga alat pengatur Thumbstick di dalam paket penjualannya. Bagi mereka yang menginginkan aksesori tambahan, Xbox menjualnya terpisah sebagai Complete Component Pack dengan harga $59,99 atau Rp 880 ribu.

Dengan paket penjualan yang lebih minimalis, joystickXbox Elite Core ini memiliki harga $50 lebih murah dari versi standarnya. Banderol harga perangkat adalah $129.99 atau sekitar Rp 1,9 juta, dibandingkan versi standarnya yang mencapai Rp 2,5 juta.

Selisih harga yang cukup signifikan tersebut memang membuat harga kontroler Xbox Elite Core menjadi lebih masuk akal dan dapat bersaing dengan kontroler pihak ketiga. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kontroler tersebut tidak membawa semua fitur yang harusnya ada.

Selain itu Anda juga bisa memikirkan apakah Anda membutuhkan salah satu aksesoris yang tidak dimasukkan ke dalam Xbox Elite Core atau tidak. Karena aksesoris tersebut tidak akan dijual satuan namun dalam paket yang malah membuat harga total akhirnya menjadi lebih mahal.

Sumber gambar: Press Start Australia