28 July 2022

by Galih

Pendapatan Xbox di 2022 Mencatatkan Rekor Baru

Game Pass menjadi penyelamat bagi Xbox.

Tahun 2022 kelihatannya menjadi tahun yang cukup baik bagi divisi Xbox-nya. Karena pada penutupan tahun fiskal mereka Microsoft mengatakan bahwa mereka berhasil mencetak rekor pendapatan tahunannya.

Dalam laporan penutup tahun fiskal 2022 yang baru saja dirilis, Microsoft mengumumkan bahwa pendapatan mereka kini meningkat sebesar 12% menjadi $51,9 miliar selama tahun 2022. Beberapa divisi juga memperlihatkan peningkatan signifikan seperti Cloud dan operasional.

Hal unik yang perlu disoroti mungkin adalah divisi gaming, yang dilaporkkan mengalami penurunan di hampir setiap divisinya dibandingkan kuartal sebelumnya. Divisi layanan dan konten menurun 6%, penjualan game turun 7%, dan penjualan perangkat konsol menjadi yang terbesar yaitu 11%.

Image credit: Xbox

Penurunan tersebut disebabakan oleh turunnya waktu bermain dan juga monetisasi dalam game-game first-party maupun third-party mereka. Namun penurunan ini sebenarnya berhasil diimbangi oleh jumlah pelanggan dari layanan Xbox Game Pass mereka.

Xbox sendiri memang menghabiskan tahun 2022 ini dengan akusisi terhadap Activision-Blizzard. Mereka juga tidak merilis game pihak pertama apapun selama tahun 2022, hingga bulan Juli ketika mereka akhirnya merilis As Dusk Falls.

Sedangkan penurunan untuk penjualan konsol milik Xbox merupakan dampak dari peluncuran konsol yang sudah lewat 2 tahun lalu. namun karena masih adanya masalah keterbatasan distribusi dan krisis komponen yang terjadi maka penjualan konsol mereka tetap tidak maksimal. Padahal Microsoft masih melihat permintaan yang kuat terhadap konsol mereka tersebut.

Meskipun secara presentase divisi gaming milik Xbox menderita kerugian. Namun secara angka pendapatan mereka kini tetap untung dan bahkan berhasil memecahkan rekor pendapatan mereka. Hal tersebut diperlihatkan dari hasil yang dilepas oleh salah satu analis pasar independen,

">@DomsPlaying.

Dirinya menghitung bahwa meskipun presentase dari totalnya menurun, namun pendapatan divisi Xbox disebut masih mencapai $16,22 miliar. Membuat tahun 2022 ini menjadi tahun fiskal terbaik yang pernah dialami oleh Xbox. Dom bahkan mengestimasi bahwa pendapatan Xbox didominasi oleh layanan dan konten.

Sayangnya, Microsoft tidak menyediakan data yang lebih detail untuk divisi gaming mereka. Terutama pendapatan dan jumlah pelanggan yang kini berlangganan Xbox Game Pass. Mengingat layanan ini bisa dibilang merupakan produk favorit para gamer PC dan konsol untuk saat ini.