Jepretan Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, Bisa 10x Optical Zoom dan Foto RAW 50MP

Lewat Samsung Galaxy S23 Ultra, penggemar fotografi akan sangat dimanjakan dengan rangkaian fitur canggihnya yang komplet

Fotografi mobile adalah salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh pengguna smartphone. Dengan kamera smartphone, kita bisa mengabadikan momen-momen penting danbikin konten dengan mudah dan praktis. Salah satu aspek yang mempengaruhi nilai estetika dari sebuah foto adalah jenis lensa yang digunakan.

Lensa yang saat ini sedang menjadi trend di perangkat flagship adalah lensatelephoto, seperti yang ada pada Samsung Galaxy S23 Ultra. Ia dibekali dua lensa telephoto dengan jarak fokus panjang yang dapat memperbesar objek yang jauh dan menyingkirkan elemen yang tidak diinginkan dari komposisi.

Namun keunikan lensa telephoto adalah bisa menghasilkan efek kompresi perspektif yang membuat elemen terlihat lebih dekat satu sama lain. Menciptakan efek bokeh yang menawan yang membuat objek utama menjadi lebih menonjol dan bikin foto lebih estetik.

Lebih lanjut, berikut kemampuan lensa telephoto yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S23 Ultra.

10x Optical Zoom dan 100x Space Zoom

Samsung Galaxy S23 Ultra mengusung dua kamera 10MP dengan lensa telephoto. Pertama memiliki panjang fokus 70mm dengan aperture f/2.4, yang menawarkan kemampuan 3x optical zoom. Ini sangat ideal untuk memotret seperti foto portrait, produk, serta tipe shot medium dan close up.

Nah yang lebih menarik adalah lensa telephoto kedua, bergaya periscope dengan panjang fokus 230mm f/4.9 dan mempersembahkan kemampuan 10x optical zoom. Tentunya kedua kamera dengan lensa telephoto tersebut dibantu dengan OIS untuk mengurangi getaran dan goyangan saat mengambil foto dari jarak jauh.

Pada aplikasi kamera, tersedia empat pintasan zoom yaitu 0.6x, 1x, 3x, dan 10x. Memilih salah satunya akan menampilkan lebih banyak tingkat zoom, yaitu 2x, 30x, dan hingga 100x dengan mode Space Zoom. Singkatnya mode ini menggunakan pembesaran digital lebih jauh dengan teknik “Super Resolution Zoom”, yang mengandalkan AI untuk meningkatkan kualitas foto dan mempertahankan detail.

Kemampuan 10x optical zoom dan 100x Space Zoom di Galaxy S23 Ultra ini akan memberikan pengalaman fotografi unik yang jarang ditemui di smartphone lain. Layaknya pakai kamera DSLR atau mirrorless, yang dilengkapi dengan lensa telephoto yang biasanya ukurannya panjang dan besar.

Menurut saya, sweet spot atau titik maksimal terbaik dalam memanfaatkan fitur zoom di Galaxy S23 Ultra adalah cukup pada 10x optical zoom. Untuk ukuran smartphone, ini sudah sangat mengesankan, apalagi hasilnya tergolong bagus.

Fitur 10x optical zoom ini serbaguna untuk skenario seperti mengambil foto dokumentasi acara, foto street, konser, dan sebagainya. Sementara, untuk 100x Space Zoom bisa digunakan sesekali untuk memotret bulan, burung, pesawat, pucuk gunung atau gedung pencakar langit, dan lain-lain. Contoh fotonya:

Layaknya Kamera Profesional

Selain fitur zoom yang unggul, keistimewaan sistem pencitraan Samsung Galaxy S23 Ultra adalah kamera utamanya. Ia mengandalkan sensor gambar ISOCELL HP2, berukuran 1/1.3 inci dengan resolusi 200MP. Berpadu lensa wide 23mm, aperture f/1.7, dan dilengkapi OIS.

ISOCELL HP2 ini dapat menyimulasikan ukuran piksel yang berbeda dalam menghadapi berbagai skenario pencahayaan. Misalnya mengambil foto pada resolusi penuh 200MP di kondisi cahaya melimpah dan mode 50MP dengan ukuran piksel 1,2μm yang mengikat 4 piksel atau mode 12,5MP yang mengikat 16 piksel menjadi satu piksel besar 2,4μm di cahaya rendah.

Bagi penggemar fotografi, potensi sensor gambar ISOCELL HP2 ini dapat benar-benar dimaksimalkan lewat fitur Expert RAW. Sesuai namanya, fitur ini menyediakan file RAW DNG 16-bit dengan kontrol langsung atas pengaturan kamera.

Tidak seperti JPEG, file RAW mempertahankan data tidak terkompresi orisinal dari sensor gambar. Memberikan hasil foto berkualitas tinggi dan memungkinkan pengolahan foto yang lebih mendalam.

Misalnya di Adobe Lightroom Mobile, keuntungannya kita bisa mendapatkan rentang dinamis yang lebih luas untuk menyelamatkan detail baik yang ada pada bayangan ataupun pada sorotan. Warna foto juga bisa diotak-atik lebih jauh, sesuai dengan efek yang diinginkan.

Mode RAW ini tersedia dalam dua resolusi, yaitu 12MP dengan piksel individu besar yang dapat diandalkan dalam segala kondisi termasuk dalam cahaya rendah. Dan mode 50MP yang menawarkan resolusi lebih tinggi, cocok untuk mengambil foto landscape dan lebih leluasa untuk cropping.

Seperti halnya kamera DSLR maupun mirrorless, lewat Expert RAW di Galaxy S23 Ultra, kita bisa memaksimalkan pengaturan kamera. Mulai dari ISO, shutter speed, white balance, manual focus, exposure value, dan sebagainya. Ada pula fitur Multiple Exposure dan Astrophoto untuk mengabadikan langit penuh bintang.

Kombinasi 10x Optical Zoom dan Foto RAW 50MP

Lewat Samsung Galaxy S23 Ultra, penggemar fotografi akan sangat dimanjakan dengan rangkaian fitur canggihnya yang komplet. Mulai dari konfigurasi empat kamera belakang dengan lensa yang berbeda, dari ultrawide hingga telephoto.

Kemampuan perbesaran yang dilakukan oleh lensa secara optik sangatlah mengesankan, yaitu 3x dan 10x optical zoom tanpa mengurangi kualitas gambar secara signifikan. Kamera utamanya 200MP, lewat fitur Expert RAW bisa menyimpan foto dalam format RAW tanpa kompresi pada resolusi 12MP dan 50MP dengan kontrol penuh terhadap pengaturan kamera.

Didukung chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan ISP yang canggih, praktis semua proses alur kerjanya dapat dilakukan di Galaxy S23 Ultra. Termasuk tahapan produksi, filter dan editing yang nyaman dengan bantuan S Pen, hingga proses distribusi ke media sosial.

Dapatkan segera Samsung Galaxy S23 Ultra, varian dasar dengan konfigurasi 12GB/256GB dijual Rp19.999.000. Bisa dibeli di toko online maupun gerai retail, kunjungi Samsung.com/id untuk informasi lebih lanjut.