Fitur Zoom Samsung Galaxy S23 Ultra Paling Handal Untuk Urusan Zoom dari Ponsel

Dengan kamera utama beresolusi tinggi 200MP dan fitur zoom 100x, Galaxy S23 Ultra adalah smartphone yang sempurna untuk para pecinta fotografi dan kreator konten

Samsung Galaxy S23 Ultra adalah model top dari seri flagship Galaxy S yang menawarkan kamera dengan resolusi tinggi 200MP dan fitur zoom hingga 100x. Dengan kamera ini, para pecinta fotografi bisa mengambil foto dengan detail yang sangat kaya, tajam, bahkan dari jarak yang jauh.

Selain itu denganGalaxy S23 Ultra, kita juga bisa mengambil foto dengan berbagai skenario dan gaya yang berbeda-beda. Bagaimana cara kerja kamera 200MP di Galaxy S23 Ultra dan apa saja keunggulannya? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Keunggulan Kamera dengan Resolusi Tinggi 200MP

Kamera utama Samsung Galaxy S23 Ultra menggunakan sensor gambar ISOCELL HP2 berukuran 1/1.3 inci dengan resolusi 200MP. Sensor ini menggunakan color filter yang oleh Samsung disebut Tetra2pixel RGB Bayer Pattern, yang mengelompokkan 16 piksel berdekatan menjadi satu piksel yang lebih besar dan secara efektif menghasilkan gambar 12,5MP.

Smart image sensor ini menyimulasikan ukuran piksel yang berbeda dalam menghadapi berbagai skenario pencahayaan. Selain bisa mengambil foto dengan resolusi penuh 200MP untuk mendapatkan detail yang tajam di kondisi cahaya melimpah. Di kondisi cahaya rendah, ISOCELL HP2 akan beradaptasi menjadi sensor gambar 50MP dengan ukuran piksel 1,2μm yang mengikat 4 piksel menjadi satu atau mode 12,5MP dengan piksel 2,4μm.

Selain itu, sensor gambar ISOCELL HP2 menawarkan autofocus yang cepat berkat Super QPD yang memungkinkan sensor gambar memakai seluruh 200 juta piksel yang ada untuk pemfokusan. Samsung juga meningkatkan kemampuan HDR dengan fitur Dual Slope Gain (DSG) pada mode 50MP. Lensa yang ada di depan ISOCELL HP2 memiliki panjang fokus setara 23mm, aperture f/1.7, dan dilengkapi OIS.

Fitur Kamera Zoom 100x dan Kegunaannya

Selain kamera utama dengan resolusi tinggi 200MP, Galaxy S23 Ultra memiliki dua kamera 10MP dengan lensa telephoto dan dilengkapi OIS yang bisa mengambil foto dari jarak menengah maupun sangat jauh. Lensa telephoto pertama memiliki panjang fokus 70mm dengan aperture f/2.4 yang menawarkan kemampuan 3x optical zoom.

Lensa kedua adalah periscope telephoto 230mm f/4.9 yang mampu mengambil gambar 10x optical zoom dengan kualitas yang bagus. Dengan konfigurasi tersebut, Galaxy S23 Ultra bisa mengambil foto dengan berbagai tingkat zoom, mulai dari 0.6x dengan kamera ultrawide 12MP 13mm f/2.2 hingga digital zoom 100x yang bisa mengambil foto dari jarak yang sangat jauh.

Kita bisa menggunakan empat pintasan zoom yang ada di aplikasi kamera, yaitu 0.6x, 1x, 3x, dan 10x. Memilih salah satunya akan menampilkan lebih banyak tingkat zoom, yaitu 2x, 30x, dan hingga 100x yang bisa digunakan untuk berbagai skenario.

Misalnya untuk mengambil foto portrait dan produk dengan zoom 3x hingga 10x untuk mendapatkan efek kedalaman dan bokeh seperti pakai lensa prime kamera dengan aperture besar. Serta, genre fotografi lainnya seperti landscape, cityscape, wildlife, dan street. Kita bisa mengambil foto objek-objek yang jauh seperti gedung pencakar langit, gunung, burung, pesawat terbang, bahkan bulan dengan zoom 100x. Contoh fotonya sebagai berikut:

Resolusi Tinggi dan Fitur Zoom 100x Menjadi Standar Samsung

Kamera resolusi tinggi 200MP dan fitur zoom 100x, Galaxy S23 Ultra memantapkan diri sebagai salah satu smartphone flagship dengan kamera terbaik dan menjadi standar yang ditetapkan Samsung dalam memimpin dunia fotografi mobile. Selain itu, kemampuan kamera Galaxy S23 Ultra juga bisa diandalkan oleh kreator konten dalam produksi video dengan fleksibilitas dan performa yang baik di kondisi cahaya rendah.

Galaxy S23 Ultra dapat merekam video hingga resolusi 8K pada frame rate 24 fps dan 30 fps. Serta, video resolusi 4K dengan frame rate hingga 60 fps. Konten video pendek untuk TikTok dan Instagram Reels, video panjang untuk YouTube, dan bahkan ideal membuat film pendek.

Panjang fokus yang berbeda tidak hanya dapat memberikan variasi shot, tetapi sekaligus memberi efek dramatis dalam menekankan cerita yang ingin disampaikan. Galaxy S23 Ultra adalah smartphone yang sempurna untuk para pecinta fotografi dan kreator konten. Ia memberikan fleksibilitas yang dapat mendorong kreativitas ke level yang baru. Kunjungi Samsung.com/id untuk informasi lebih lanjut.