14 August 2022

by Galih

RPG Taktis Klasik Jagged Alliance 3 Akhirnya Diungkap, Apa Saja Fiturnya?

Jagged Alliance 3 akan mengajak pemain ke misi untuk menyelamatkan presiden.

Melalui Digital Showcase-nya, THQ Nordic memberi kejutan kepada para fans RPG taktis lawas Jaged Alliance dengan game baru. Setelah sekian tahun dengan mengusung judul beragam, akhirnya developer Haemimont Games kembali meneruskan judul utamanya dengan Jagged Alliance 3.

Sebagai informasi, seri kedua dari Jagged Allance diumumkan pada 1999. Dengan ekspansi terakhir untuk game-nya yaitu Wildfire dirilis pada 2004. Dan setelahnya, seri Jagged Alliance tidak pernah menggunakan judul angka hingga sekarang.

Selain itu, THQ Nordic juga memberikan trailer yang menampilkan berbagai elemen kunci sekaligus gameplay-nya. Trailer tersebut memberikan sedikit gambaran cerita yang diusung dalam Jagged Alliance 3 ini.

Lokasi utama yang akan menjadi latar dari game-nya merupakan sebuah negara bernama Grand Chien, sebuah kota fiktif dengan tampilan ala pulau-pulau Karibia dan Amerika Selatan. Permasalah bermula ketika presiden yang baru saja terpilih diculik oleh klompok bernama "The Legion".

Sang narator cerita, yang merupakan anak perempuan dari sang presiden kini mengerahkan segala cara untuk dapat menyelematkan sang ayah. Termasuk menyewa kelompok bersenjata melalui A.I.M untuk menemukan sang ayah.

Seperti game-game sebelumnya, pemain nantinya akan memilih kombinasi terbaik dari berbagai prajurit dengan masing-masing kemampuan, kepribadian, latar belakang, hingga sisi uniknya masing-masing. Beberapa prajurit dari seri Jagged Alliance sebelumnya juga kembali.

Untuk gameplay-nya, Jagged Alliance 3 tetap mempertahankan sistem turn-based taktis yang diusung di seri-seri sebelumnya. Namun kini tentunya permainan terasa lebih dinamis dengan animasi para prajurit ketika bergerak, berlindung, hingga menembak sambil berlari.

Tim dari pemain tersebut nantinya akan berpetualang di saentaro Grand Chien untuk mengalahkan The Legion, melacak lokasi Presiden, dan mengembangkan tim milik pemain untuk siap menghadapi tantangan yang lebih berat seiring berjalannya game.

Image Credit: THQ Nordic

Kostumisasi perlengkapan menjadi salah satu nilai plus dari game ini. Pemain dapat mengatur pesenjataan tiap karakter, memberikan modifikasi, hingga mengatur perlengkapan yang akan dibawa karakter ke dalam medan perang.

Terakhir, pemain juga memiliki kuasa untuk menentukan apa yang akan terjadi dalam ceritanya. Pemain dapat memilih mengikuti kontrak untuk mencari dan menyelamatkan presiden. Ataupun memilih jalan sendiri yang lebih menguntungkan.

Untuk sekarang, Jagged Alliance 3 diumumkan untuk platform PC saja. Laman resminya di Steam juga telah muncul, namun sayangnya THQ Nordic masih belum memberikan tanggal rilis pasti untuk game ini.