Dark
Light

ICT Incubator, Inkubator Versi KEMKOMINFO

1 min read
November 4, 2011

Hari kemarin saya membaca sebuah artikel yang cukup menarik di situs resmi STMIK AMIKOM Yogyakarta, artikel tersebut menyebutkan adanya sebuah inkubator yang didirikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) bernama ‘ICT Incubator’.

Selain itu, artikel tersebut menjelaskan tentang hasil penyelenggaraan acara sosialisasi ICT Incubator pada akhir bulan Oktober lalu di salah satu hotel di Yogyakarta. Pembicara pada sosialisasi tersebut adalah beberapa orang yang berkecimpung di dunia akademisi, game development, bisnis, dan animasi. Tak lupa perwakilan dari KEKOMINFO sendiri juga menjadi pembicara yang menjelaskan tujuan ICT Incubator di sosialisasi ini.

Penjelasan tentang inkubator ini seperti yang DailySocial kutip dari artikel tersebut, “Sejak tahun 2008 Sub Direktorat Jendral Aplikasi Informatika telah membangun proyek percontohan pertama untuk Incubator Inovasi Telematika (I2T) di Bandung yang diberi nama I2TB. Tujuan dibangunnya I2TB adalah untuk menciptakan dan menambah jumlah technopreneur TIK yang berkualitas di Indonesia”. Untuk I2TB yang berada di Bandung telah cukup aktif menerima tenant untuk mengembangkan beberapa usaha di berbagai bidang seperti game, aplikasi, layanan berbasis internet, dll. Kantor mereka berada di area Surapati Core.

Dijelaskan pada artikel tersebut juga bahwa program I2T ini akan direncanakan untuk dibuat juga ke daerah lain di Indonesia, Yogyakarta adalah salah satunya.

Akan tetapi, pada situs resmi KEMKOMINFO, tidak ada satupun keterangan tentang ICT Incubator ini. Entah belum di update atau hal yang lain sehingga kita tidak dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai ICT Incubator ini.

Untuk ke depannya kami akan terus meng-update informasi tentang inkubator ini.

10 Comments

  1. Inkubator versi pemerintah. Saya kok skeptis ya. Jangan-jangan mereka di-incubate buat diperes buat bikin-biin proyek plat merah. Dan dilabeli “entrepreneur” buat mengurangi cost daripada pake konsultan. XD

  2. kalo liat yang percontohan di Bandung, beberapa tenant-nya cukup bagus kok bro, saya gak tau sih kalau ada ‘niatan lain’ tapi beberapa dari mereka sekarang cukup berprestasi (dari segi kompetisi) dan produknya juga banyak yang pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Gree Ventures and Its Investment Plan in South East Asia and East Asia

Next Story

Sophos: Indonesia is 8th on the Top 10 Spam-Relaying Countries

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Bekerja di OPPO

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia,