Gaming News
for SEO
Gaming News

Asal-Usul Herobrine, Kembaran Steve yang ‘Menghantui’ Minecraft Selama Bertahun-tahun

21 June 2022Sean Edbert

Glitch, monster, atau hantu? Siapa sih sebenarnya Herobrine ini?

Pemain Minecraft veteran pastinya kenal dengan sosok “Herobrine” yang telah menghantui game sandbox tersebut sejak bertahun-tahun lalu. Ia memiliki wujud yang identik dengan sang ikon Minecraft, Steve. Bedanya, Herobrine tidak memiliki pupil di kedua matanya — alias kedua matanya hanya berwarna putih.

Image Credit: Wallpaper Cave

Namun, sosok yang berhasil menakuti jutaan pemain Minecraft di seluruh dunia ini sebenarnya tidak pernah muncul di versi orisinil Minecraft sama sekali. Lantas, siapa sebenarnya si Herobrine ini dan bagaimana dia menjadi mitos yang super terkenal di kalangan pemain Minecraft? Berikut adalah asal-usul dari Herobrine.

Awal Mula Cerita Penampakan dari User Anonymous

Pada bulan Agustus 2010, seorang pemain Minecraft anonymous mengunggah sebuah cerita menyeramkan di forum. Ia bercerita tentang pengalamannya saat bermain Minecraft single-player. Saat memotong pohon dan membuat Crafting Table, Ia mengklaim tidak sengaja melihat sesuatu yang bergerak di balik tebalnya kabut. Awalnya Ia kira makhluk tersebut merupakan seekor sapi.

Penampakan Herobrine (Original) – Image Credit: Minecraft Fandom

Karena rasa penasaran yang tinggi, Ia langsung mengejar sosok tersebut — hanya untuk mengetahui bahwa yang dikejarnya bukanlah seekor sapi. Yang dikejarnya merupakan karakter pemain lain dengan skin Steve, namun dengan mata yang full putih. Ia juga sadar bahwa Overworld yang dimainkan saat itu sedikit berbeda dari biasanya, dengan terowongan random di mana-mana, sejumlah piramida mini di laut, hingga pohon tanpa dedaunan.

Penampakan Herobrine Pertama di Dunia (Zoomed In) – Image Credit: Minecraft Fandom

Setelah bermain Minecraft dengan beberapa keanehan tersebut, ia memutuskan untuk berhenti bermain dan mencari tentang pengalamannnya di forum-forum. Karena pencariannya tidak membuahi hasil sama sekali, ia lantas mengunggah ‘thread’ sendiri di forum tentang pengalamannya yang bisa Anda lihat di sini. Ia juga mencantumkan foto bukti penampakannya pertama kali di dunia yang bisa Anda lihat di atas.

Sayangnya, cerita tersebut tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya dan tidak pernah diketahui siapa yang menulis cerita tersebut. Sampai sekarang, cerita tentang Herobrine tersebut hanya menjadi mitos belaka yang kini diangkat menjadi creepypasta.

Livestream “BroCraft” yang Membuat Herobrine Terkenal

Herobrine mulai terkenal saat muncul di tayangan livestream tahun 2010 berjudul BroCraft yang di-host oleh streamer bernama Copeland. Cuplikan berisi penampakannya yang dapat Anda saksikan di atas berisi sang streamer yang sedang berjalan kembali ke rumahnya.

Saat masuk ke rumah, Copeland melihat sosok ‘Steve’ yang tidak memiliki pupil mata. Sontak ia langsung melarikan diri ketakutan. Sayangnya, sang monster berhasil mengejar dan membakar Copeland dengan Lava. Tentu saja, livestream tersebut hanyalah sebuah rekayasa belaka.

Lantas, Siapa Sebenarnya Herobrine?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Herobrine hanyalah sebuah monster karangan di Minecraft yang tidak pernah ada di game-nya. Bahkan, setelah ditelurusi lebih lanjut, karakter ini tidak pernah ada di code Minecraft — menjadikannya hanya sebagai mitos karangan dari para penggemar. Namun, secara pribadi, ia lah yang membuat Minecraft semakin seru di awal dekade 2010an.

Saking tenarnya, banyak pemain Minecraft yang akhirnya mengadopsi Herobrine ke dalam konten-konten mereka. Salah satu konten yang paling terkenal adalah map bernama Herobrine Mansion. Map satu ini masih ada sampai sekarang dan masih bisa Anda coba di sini.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV