21 July 2022

by Galih

Cara Lengkap untuk Hemat Kuota Zoom Meeting Terbaru

Ada beberapa tips agar kuota data Anda tidak terkuras karena Zoom

Kehabisan kuota setiap kali harus Zoom? Tenang, inilah cara hemat kuota Zoom Meeting yang bisa Anda lakukan.

Meskipun pandemi Covid-19 kini mulai berlalu, namun banyak pertemuan, rapat, hingga pembelajaran yang ternyata masih tetap bertahan secara daring atau online. Hal ini membuat penggunaan aplikasi konferensi video seperti Zoom masih tetap tinggi.

Peralihan berbagai acara berkumpul tersebut menjadi virtual juga berimbas pada konsumsi kuota data internet yang juga meningkat. Hal tersebut dikarenakan selama Zoom meeting, koneksi internet secara konstan digunakan untuk mengunduh dan mengirim video baik dari pengguna dan juga partisipan lain.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota saat melakukan Zoom meeting tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda dapat dilakuakan untuk menghemat konsumsi kuota data saat melakukan Zoom meeting.

1. Mengaktifkan video hanya saat dibutuhkan

Bila pertemuan tersebut tidak mewajibkan tatap muka, maka menonaktifkan video anda akan menghemat banyak konsumsi data.

2. Matikan fitur video HD

Image Credit: Zoom

Jika pertemuan tersebut wajib menampilkan wajah, maka Anda bisa mengurangi jumlah konsumsi data dengan menghapus centang "Enable HD" di Pengaturan Video.

3. Minimalisir waktu berbagi layar

Bagi Anda yang harus melakukan presentasi, maka jangan biarkan layar yang Anda bagikan tidak digunakan terlalu lama karena juga akan menghabiskan banyak data.

4. Matikan mikrofon bila tidak diperlukan

Meskipun tidak menghabiskan data sebanyak video, namun suara juga cukup mengkonsumsi data. Sehingga bila Anda memang tidak perlu aktif berbicara, Anda bisa mematikan fitur mikrofon (Mute My Audio).

5. Gunakan fitur perekaman cloud bagi moderator

Untuk para moderator atau penyelenggara konferensi, biasanya setelah pertemuan harus mengunggah hasil video secara manual. Padahal Zoom memiliki fitur perekaman cloud sehingga tidak perlu menghabiskan banyak kuota untuk mengunggah.

6. Jangan menjalankan aplikasi lain

Konferensi virtual di Zoom rata-rata memang memakan waktu yang cukup lama. Tapi jangan sampai waktu yang lama tersebut membuat Anda menghabiskan lebih banyak kuota dengan menjalankan aplikasi lain seperti musik, game, dll.

7. Bila video tidak wajib, gunakan cara kolaborasi lain

Terakhir, bila memang pertemuan yang harus dilakukan tersebut tidak harus menggunakan video tatap muka maka Anda bisa menggunakan opsi lain seperti konferensi percakapan seperti Discord hingga layanan dokumen kolaborasi online seperti Google Docs Suite.

--

Itulah tadi berbagai cara untuk hemat kuota Zoom Meeting. Selamat mencoba dan semoga berguna.