21 July 2022

by Glenn Kaonang

NFT Final Fantasy VII Diumumkan, Bakal Jadi Pelengkap Action Figure dan Trading Card Fisik

Square Enix akan merilis action figure dan trading card Final Fantasy VII tahun depan, dan pembelinya juga akan otomatis mendapatkan NFT Final Fantasy VII

Final Fantasy merupakan salah satu video game terpopuler sekaligus tersukses sepanjang masa, dan kini Square Enix selaku penciptanya sudah siap membawanya ke ranah NFT. Bukan dalam bentuk game NFT — setidaknya untuk sekarang — melainkan dalam wujud collectible NFT.

Spesifiknya, yang dibuatkan NFT adalah seri yang paling populer, yakni Final Fantasy VII, yang kebetulan sedang merayakan ulang tahun ke-25. Namun ketimbang sebatas merilis NFT Final Fantasy VII dalam format digital begitu saja, Square Enix justru memilih untuk membundelnya dengan action figure sekaligus trading card fisik. Hasilnya adalah satu paket koleksi lengkap yang didedikasikan untuk para penggemar sejati Cloud Strife dkk.

Kabar buruknya, mereka masih harus lebih bersabar menunggu, sebab NFT Final Fantasy VII ini baru akan hadir di tahun 2023. Persisnya, Square Enix akan merilis beberapa set trading card fisik pada musim semi 2023. Kartu-kartu ini akan dijual seharga $4 per bungkus (isi 6 kartu), dan setiap bungkusnya dilengkapi kode yang bisa ditukarkan dengan trading card versi NFT.

Tampilan action figure Cloud Strife yang akan dirilis di tahun 2023 / Square Enix

Sesudahnya, giliran action figure Cloud yang akan dirilis pada November 2023. Action figure edisi terbatas ini akan hadir dalam dua varian: standar dan "Digital Plus Edition". Keduanya sama-sama dilengkapi sertifikat keaslian dalam bentuk NFT, akan tetapi khusus varian Digital Plus Edition, konsumen juga bakal mendapatkan satu NFT ekstra berupa replika digital dari action figure-nya.

Varian standarnya dijual seharga $130, sedangkan varian Digital Plus Edition seharga $160. Square Enix saat ini sudah menerima pre-order atas keduanya.

NFT Final Fantasy VII ini merupakan hasil kolaborasi Square Enix dengan Enjin. Platform blockchain yang digunakan adalah Efinity, yang Enjin kembangkan sebagai jaringan paralel (parachain) dari blockchain proof-of-stake bernama Polkadot. Seperti halnya Solana, Cardano, dan sederet blockchain lain yang menggunakan mekanisme proof-of-stake, Efinity dan Polkadot juga diklaim jauh lebih hemat energi ketimbang Bitcoin dan Ethereum — setidaknya untuk sekarang.

Meski menggunakan Polkadot sebagai basis dari Efinity, Enjin sudah punya rencana untuk menambahkan dukungan cross-chain sehingga Efinity juga dapat disambungkan ke blockchain lain, contohnya Ethereum. Jadi saat NFT Final Fantasy ini nanti sudah diluncurkan, pengguna pun bisa memindahnya ke Ethereum jika perlu.

Sumber: Decrypt.