Dark
Light

Google Kuasai OpenID?!

1 min read
July 14, 2009

Sang raksasa pencarian web, Google telah mengadopsi sistem standard autentifikasi OpenID di platform Google Apps dimana nantinya pengguna cukup melakukan login satu kali untuk masuk ke beberapa situs lainnya. Eric Sachs dari Google menyatakan bahwa dalam beberapa minggu mendatang Google akan mengumumkan adopsi OpenID ini, setelah melalui tahapan perencanaan yang lebih rinci oleh eksekutif Google.

Dalam mewujudkan hal ini Google telah bekerja sama dengan tim dan komunitas pengembang OpenID selama beberapa bulan terakhir untuk mendefinisikan beberapa tambahan (perpanjangan) fungsi OpenID yang dikustomisasikan untuk Google Apps. Namun meskipun sudah cukup matang dalam tahapan pengembangan, fungsi-fungsi ini masih harus melalui tahapan testing yang cukup ketat dari Google dan komunitas pengembang OpenID.

Sachs juga menekankan bahwa ini bukanlah usaha Google untuk menguasai OpenID seperti yang diyakini banyak komunitas pengembang dan blogger. Hal ini rupanya cukup membuat gerah para eksekutif Google, dan berharap OpenID membuat pernyataan yang mendukung Google dalam upaya pengembangan OpenID.

(sumber:zdnet)

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

2 Comments

  1. lho bukanya memang mereka sejak lama memakai open ID, saya ngebuka adsense, gmail, GAnalytic, Feeburner dan berbagai aplikasi Google dengan satu ID Google.. atau yang saya sebutkan memang beda dengan yg dimksd dengan google apps yah ?

  2. lho bukanya memang mereka sejak lama memakai open ID, saya ngebuka adsense, gmail, GAnalytic, Feeburner dan berbagai aplikasi Google dengan satu ID Google.. atau yang saya sebutkan memang beda dengan yg dimksd dengan google apps yah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Microsoft Siapkan Layanan Streaming Musik

Next Story

Posterous Dukung Embed Google Maps

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan