Dark
Light

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

by
1 min read
June 21, 2024

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah satu platform terbaik untuk membicarakan urusan profesional. Maka tidak mengherankan bahwa layanan Gmail tetap banyak digunakan saat ini baik oleh instansi, kelompok, ataupun perseorangan.

Untuk itu, Google tetap memberikan berbagai pembaruan kepada layanan Gmail agar para penggunanya semakin terbantu. Salah satu yang terbaru adalah Gmail dapat digunakan untuk mengatur prioritas dari pesan-pesan yang masuk untuk memaksimalkan produktivitas penggunanya.

Google juga membagikan beberapa trik untuk mengatur daftar pekerjaan di Gmail agar pekerjaan Anda lebih produktif. Terutama bagi Anda yang mendapatkan banyak email sehingga berpotensi menjadi sumber gangguan dalam menyelesaikan pekerjaan.

1. Bersihkan Inbox dari pesan-pesan tidak penting

Hal pertama yang dianjurkan oleh Google adalah membersihkan Inbox Gmail Anda dari berbagai email yang berpotensi mengganggu. Anda dapat menelusuri berbagai newsletter serta update yang masuk dan melakukan proses berhenti berlangganan atau unsubscribe.

Berbagai email lama yang mungkin sudah berumur tahunan juga berpotensi untuk memenuhi ruangan dari Gmail Anda. Maka dari itu Google menyarankan untuk menghapus email-email lama yang bersifat tidak penting atau yang memang sudah tidak lagi diperlukan.

2. Urutkan email sesuai dengan kategorinya

Untuk mempermudah sekaligus mempercepat Anda mencari email penting, Google juga telah menghadirkan fitur urutkan sesuai kategori. Sehingga Anda dapat mengurutkan email yang masuk dalam label seperti Sosial, Pembaruan, Forum, Promosi, dan lain-lain.

Untuk lebih detail, Anda juga dapat menggunakan berbagai label default, seperti tanda bintang, penting, dan terkirim. Bahkan pengguna juga dapat membuat label sesuai keinginan jika ingin lebih spesifik menandakan jenis email yang masuk.

3. Atur Gmail sesuai dengan style kerja Anda

Google memahami bahwa setiap orang memiliki gayanya masing-masing saat mengakses Gmail. Maka dari itu, Google juga memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengatur tampilan Gmail sesuai dengan selera dan keinginan para penggunanya.

Pengguna juga dapat mengatur notifikasi untuk menambahkan atau mengurangi pengingat untuk email. Bahkan pengguna juga dapat mengatur filter otomatis yang memungkinkan Gmail untuk menghapus atau memblokir email tertentu secara otomatis.

4. Manfaatkan asisten AI dari Google

Salah satu fitur penting yang diimplementasikan Google ke dalam Gmail pada tahun ini adalah hadirnya asisten AI ‘Gemini for Google Workspace’.  Dengan Gemini para pengguna Gmail untuk menemukan informasi dan bahkan menulis pesan dengan lebih cepat.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat meminta Gemini untuk menuliskan email. Saat akan menulis email, maka akan muncul pilihan “Help me write”. Contohnya, minta Gemini untuk “membuat draft pesan ke manajer yang mencakup angka penjualan Q1″.

Selanjutnya, Gemini akan menarik data dari Docs, Sheets,atau Slides yang ada di Google Drive Anda. Dan dari berbagai data yang sudah didapatkan Gemini akan memasukkan hasilnya ke dalam pesan baru hanya dalam hitungan detik.

Perlu diingat bahwa AI Gemini ini hanya tersedia bagi mereka yang berlangganan paket Workspace di Google Workspace. Namun untuk saat ini Google memiliki sesi uji coba Gemini gratis selama 14 hari. Yang harus Anda lakukan hanya mengikuti tahapan di laman ini.

Previous Story

POCO Pad, Tablet Android Pertama dari POCO

Huawei MatePad 11.5 S
Next Story

Tablet Huawei MatePad 11.5 S Siap Hadir di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan