9 Bulan Dirilis, Gamer PC Ternyata Masih Enggan Beralih ke Windows 11

Masih banyaknya bug dan masalah menjadi alasan utama para gamer.

Meski sudah hampir satu tahun, ternyata para gamer masih belum ingin beralih ke Windows 11. Inilah data sistem operasi gamer PC.

Sistem Operasi (OS) terbaru Microsoft yaitu Windows 11 memang masih sulit untuk mencuri perhatian para pengguna PC dari Windows 10. Masih belum sempurnanya berbagai fitur di Windows 11 dan minimnya benefit dari upgrade membuat banyak pengguna PC tetap bertahan.

Kasus yang sama juga terlihat dari para gamer PC yang masih didominasi oleh pengguna Windows 10. Meskipun pengguna Windows 11 untuk bermain game sendiri meningkat hingga ke 21,23% dalam 9 bulan dirilis ini.

Hal tersebut terungkap lewat hasil Survei Hardware Steam untuk bulan Juni 2022 lalu. Survei bulanan yang dilakukan Valve terhadap para pengguna Steam setiap bulannya ini mengungkapkan bahwa jumlah gamer yang menggunakan Windows 11 sebenarnya mengalami kenaikan 1,64% dari bulan sebelumnya.

Namun kenaikan konsisten yang dialami oleh Windows 11 ini diyakini merupakan hasil dari penjualan perangkat desktop/laptop baru yang telah terinstal Windows 11 sejak awal. Sehingga para penggunanya mau tidak mau akan menggunakan OS tersebut.

Image Credit: Steam

Uniknya, hampir semua pengguna OS Windows mengalami peningkatan kecuali Windows 10. Dominasi OS favorit para pengguna PC ini disebut turun sebanyak 2,63%. Yang sebenarnya tidak terlalu berdampak karena Windows 10 masih mendominasi lebih dari 70% penggunanya. Anda bisa membaca kompilasi review untuk Windows 11 di sini.

Microsoft masih terus memberikan perbaikan dan update terhadap Windows 11 hampir di setiap bulan dan bahkan setiap minggu. Namun terkadang update terbaru yang dibawa juga membuat masalah baru, termasuk untuk para gamer.

Seperti yang hadir pada Build 25151 yang baru saja dirilis yang memang memperbaiki beberapa masalah sekaligus mengembalikan fitur "Open with" yang diminta oleh para penggunanya. Namun di sisi lain update ini juga membuat beberapa game tidak dapat dijalankan.

Disebutkan di dalam daftar "known issues" bahwa beberapa game yang menggunakan proteksi Easy Anti-Cheat mungkin akan "crash" ketika dijalankan atau membuat PC akan menjalankan bugcheck.

Image Credit: EA

Yang berarti game-game seperti Apex Legends, Dead by Daylight, iRacing, hingga Fortnite memiliki resiko bermasalah dalam update Build 25151 ini. Resiko semacam inilah yang kelihatannya membuat para gamer PC memilih untuk menunda upgrade OS mereka dari Windows 10.

Dalam laporan yang sama, tercatat juga bahwa perkembangan hardware para pengguna Steam tidak memiliki suatu perubahan yang drastis. Prosesor 4 dan 6 cores tetap mendominasi dengan konfigurasi 16 GB tetap menjadi titik ternyaman bagi para gamer.

Meskipun harga GPU kini mulai turun untuk hampir semua tipenya, namun ternyata NVIDIA GTX 1060 masih tetap mendominasi pilihan para gamer. Diikuti dengan GTX 1650, GTX 1050 Ti, RTX 2060, dan RTX 3060 Mobile.