4 November 2022

by Glenn Kaonang

Square Enix Ungkap Game NFT Perdananya, Symbiogenesis

Symbiogenesis merupakan IP yang sepenuhnya baru, bukan spin-off ataupun kelanjutan dari IP yang sudah ada, seperti misalnya Parasite Eve

Di titik ini, sebagian besar gamer pasti tahu akan antusiasme Square Enix terhadap tren game Web3. Pasalnya, salah satu publisher game terbesar asal Jepang itu sudah sejak lama menyuarakan ketertarikannya terhadap teknologi blockchain. Square Enix sendiri juga tidak mau terlalu lama berwacana, dan mereka pun akhirnya menyingkap game NFT perdananya yang diberi judul Symbiogenesis.

Dalam siaran persnya, Symbiogenesis dideskripsikan sebagai "digital collectible art project" yang didesain secara spesifik untuk para pegiat Web3. Pada praktiknya, Square Enix bakal memasarkan NFT yang kemudian dapat konsumen gunakan sebagai playable character dalam Symbiogenesis. Tentu saja, aset-aset NFT tersebut juga dapat dipakai sebagai foto profil media sosial jika mau.

Namun sebelum Anda memasang ekspektasi terlalu tinggi dan membayangkan Symbiogenesis sebagai game sekelas Final Fantasy tapi dengan bumbu NFT, ada satu informasi yang patut digarisbawahi: Symbiogenesis merupakan game berbasis browser. Model gameplay-nya seperti apa masih tanda tanya, akan tetapi yang pasti Symbiogenesis bakal menyajikan cerita interaktif, dengan berbagai misi yang dapat pemain jalani guna memecahkan misteri dalam plotnya.

Dari sisi lore, Symbiogenesis juga merupakan properti intelektual atau IP yang sepenuhnya baru, bukan spin-off ataupun kelanjutan dari deretan IP game populer milik Square Enix. Game NFT ini juga tidak ada sangkut-pautnya dengan seri game Parasite Eve, terlepas dari makna kata "symbiogenesis" — yang berarti proses pembentukan organisme baru dari dua organisme yang berbeda — yang kedengarannya sangat pas dengan lore Parasite Eve.

Rencananya, Square Enix bakal merilis game NFT-nya ini pada musim semi 2023 (antara Maret-Juni). Jadwal tersebut masih tentatif, demikian pula pemilihan blockchain-nya. Untuk sekarang, Square Enix menyebut Symbiogenesis bakal menggunakan blockchain Ethereum, namun ini bisa saja berubah mendekati peluncurannya nanti.

Di luar Symbiogenesis, upaya Square Enix merambah ranah Web3 dapat dilihat dari NFT Final Fantasy VII, yang juga akan dirilis tahun depan sebagai pelengkap action figure dan trading card fisik. Square Enix juga tengah berusaha untuk memusatkan fokusnya ke pasar di luar Jepang, dan inisiatif-inisiatif seputar Web3 ini merupakan bagian dari strategi yang mereka jalankan.

Via: Decrypt.