Dark
Light

Foursquare Umumkan Aplikasi Untuk Ponsel Berbasis Symbian

1 min read
October 12, 2010

Foursquare secara resmi telah mengumumkan aplikasi khusus untuk para pengguna ponsel berbasis Symbian. Dari blog resmi mereka, Foursquare menjelaskan bahwa kini aplikasi untuk pengguna ponsel berbasis sistem operasi Symbian 5.0 dan 3.2 serta ponsel pintar berbasis Symbian ^3, bisa mengunduh aplikasi ini dari Nokia Ovi Store.

Sebenarnya aplikasi Foursquare untuk ponsel Nokia berbasis Symbian telah hadir jauh-jauh hari, kalau melihat dari pengumuman resmi Nokia yaitu sekitar akhir bulan September, namun pengumuman resmi yang dilakukan Foursquare secara resmi baru muncul kemarin. Kerjasama antara Foursquare dan Nokia memang telah terlihat ketika acara Nokia World 2010, dimana Nokia mengumumkan dan melakukan demo produk untuk aplikasi Foursquare bagi para pengguna ponsel berbasis Symbian.

Agak sedikit aneh memang jika pengumuman resmi dari Foursquare untuk aplikasi mereka di ponsel Symbian baru dirilis kemarin, sedangkan rilis dari Nokia sendiri telah muncul pada akhir bulan September, namun dari penjelasan pada acara Nokia World 2010, aplikasi ini dikembangkan oleh Nokia, bisa jadi ini yang menyebabkan pengumuman dari Foursquare baru muncul kemarin, selain alasan untuk melihat adopsi aplikasi ini oleh para pengguna ponsel berbasis Symbian setelah diluncurkan oleh Nokia.

Foursquare menjelaskan bahwa mereka dan Nokia sendiri telah bekerja bekerjasama selama beberapa bulan untuk mengembangkan pengalaman unik bagi para pengguna mereka pada Foursquare Symbian App ini, semua fitur yang terdapat pada Foursquare bisa diakses dari aplikasi ini, seperti check-in, melihat aktivitas teman, membaca berbagai informasi tentang sebuah lokasi dengan menggunakan fasilitas peta yang disediakan oleh Ovi dan berbagai fitur lain.

Salah satu fasilitas tambahan bagi para pengguna ponsel pintar dari aplikasi Foursquare ini adalah widget yang akan tampil di halaman muka ponsel yang akan menampilkan cuplikan aktivitas check-in dari teman-teman Anda, widget ini juga akan memudahkan dan mempercepat aktivitas check-in.

Popularitas dari Foursquare Symbian App ini, seperti yang dijelaskan pada blog mereka cukup baik, sejak dua minggu diluncurkan aplikasi ini mendapatkan respon yang cukup besar dan mendapatkan peringkat yang cukup baik dari para pengguna mereka.

Kerjasama antara Foursquare dengan nokia ini memang cukup menarik, seperti yang kita tahu Nokia merupakan pemimpin pasar jika dilihat dari jumlah produk yang terjual pada pengguna, meski Nokia juga terlihat ketinggalan untuk ponsel pintar terutama dari iPhone dan ponsel berbasis Android, kerjasama antara Foursquare dan Nokia ini bisa jadi salah satu cara Nokia untuk tetap berada pada jalur yang tepat di perkembangan aplikasi serta mobile internet yang kini terus bertumbuh.

Meski mungkin terkesan sedikit tertinggal, namun seperti yang pernah dituliskan pada artikel DailySocial, Nokia terus mengejar ketertinggalan mereka dengan fokus pada aplikasi, sedangkan bagi Foursquare, mereka menjelaskan juga bahwa akan banyak perkembangan menarik lain yang akan mereka kerjakan bersama dengan Nokia. Kita lihat perkembangan apalagi yang akan dilakukan antara Foursquare dan Nokia, bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh Foursquare Symbian App bisa melakukan unduhan di Ovi Store pada tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

TheMobileGamer, Startup Asal Singapura Bersiap Buka Kantor di Indonesia (Updated)

Next Story

Android Dapatkan Firefox 4 Beta dan Adobe AIR

Latest from Blog

Don't Miss

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?
Nokia-G22-6

Bermitra dengan iFixit, HMD Global Bikin Nokia G22 yang Bisa Diperbaiki Dalam Hitungan Menit

HMD Global memeriahkan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC)